Pasang shockbreaker YSS DTG di New Jupiter MX menggantikan tipe DTG Hybrid

Pasang shockbreaker YSS DTG di New Jupiter MX

Assalamualaikum sobat biker, MX Strada dulu setelah 2x menggunakan shockbreaker standar bawaan pabrik, coba ganti menggunakan shock aftermarket YSS DTG Hybrid. Seperti sobat ketahui shock bawaan MX terkenal empuk, bagi sebagian orang mungkin nyaman tapi bagi Elang terlalu empuk, tiap lewat polisi tidur ayunannya berlebihan, dipakai nikung juga ngayun-ngayun bikin gak pede.

Setelah ganti shockbreaker YSS DTG Hybrid, riding qualitynya mendingan, ayunan per shocknya lebih keras sedikit dari sebelumnya, dipakai nikung juga feelnya udah lebih baik, walau ada perbedaan tinggi shock yang menyebabkan motor berubah menjadi lebih nungging namun masih cukup nyaman, apalagi motor ini lebih banyak dipakai riding tandem berdua.

Pasang shockbreaker YSS DTG di New Jupiter MX
panjang sama, namun desain bentuk sedikit beda

Namun ada catatan khusus setelah kurang lebih hampir berjalan 2 tahun usia pemakaian, kelemahan shock YSS DTG Hybrid ini adalah karet seal bawahnya kurang awet, baru dipakai 10 bulan sudah jebol. Jadi terasa ngilu kadang suara besi ketemu besi bikin berisik di sektor kaki-kaki (bergesekan dengan arm)

Nah kemarin memasuki usia pakai baru berjalan 21 bulan (belum genap 2 tahun) shock breaker YSS DTG Hybrid yang terpasang akhirnya mengalami kebocoran, weleh keawetannya ternyata masih kalah ama shockbreaker standar bawaan MX yang bisa awet sampai 3 tahun pemakaian. Gimana efeknya kalau shock bocor? Sudah pasti riding qualitynya menurun drastis, dipakai boncengan lewat polisi tidur, ayunan shocknya terasa lebay, bisa 4-5x ayunan reboundnya…wkwkwkwk

Pasang shockbreaker YSS DTG di New Jupiter MX
bongkar semuanya..hehehe

Yo wis gak pake lama Elang langsung jadwalkan main ke Cibubur cari shock pengganti, masih sama Elang memutuskan kembali cari shock YSS DTG Hybrid karena puas dengan bantingan suspensinya yang terasa pas walau kurang awet. Sampai di toko tipe DTG Hybrid gak ada, sebagai penggantinya YSS DTG biasa tanpa embel-embel Hybrid, harga toko 600 ribu + ongkos pasang 25 ribu.

Elang perhatikan secara bentuk memang beda, namun punya panjang shock yang sama, kemudian sama-sama bisa diatur tingkat kekerasannya. Nah Elang coba minta diset naik 1 level tingkat kekerasannya sekalian.

Pasang shockbreaker YSS DTG di New Jupiter MX
shock bocor, belepotan kemana-mana

Setelah terpasang gimana? Jelas beda feel yang dirasa, bantingan suspensi jauh lebih keras (ya iyalah, hehehe) hal itu juga diamini pembonceng. Namun berbicara kestabilan dipakai bermanuver settingan seperti ini yang Elang suka.

Pasang shockbreaker YSS DTG di New Jupiter MX
sekalian minta dikerasin 1 tingkat

Last di penggantian yang kedua ini Elang coba pantau kembali gimana kualitas karet seal shock YSS ini, apakah sudah lebih baik atau sami mawon. Mudah-mudahan awet kedepannya dipakai minimal 2 tahunan, amin.

Sobat biker ada yang mau share pengalamannya pakai shockbreaker ini di New Jupiter MX? Monggo dishare di kolom komentar.

21 Komentar

  1. Walaikumsalam warahmatulahi wabarakatuh…
    Kalo karet sil shock rusak coba bro cari di toko toko kemungkinan ada di jual, saya dulu saja sil shock supra xx 100 ada orang yang jual.
    Mudah mudahan awet shockbreker bro… amin…

  2. Dulu sempet punya yss g series 340mm , cuman sekitar 4 bulan pakai akhirnya dijual lagi

    Yss lemah klo dibuat boncengan, mentok melulu

    Klo ktmu tikungan dan jlan aspal halus asli uwenak banget. Tp klo udh ktemu jalan bopeng ama polisi tidur jd prihatin hehehe

  3. Aku malah pakai punya mx king, banyak keluh kesah juga dgn shock yss. Apalagi setelah deket dgn bengkel shock disolo. Jadi dibukain jeroan shock, mana yg berkualitas dan tdk.

  4. Mas nanya dong..itu waktu minta di stel kekerasan atau keempukkan shock yss dtg nya seperti apa jelas nya?
    Karena saya juga baru beli shock yss dtg sekitar 5 hari yg lalu dan mau setel keempukkan nya 1 tingkat..makasih sebelumnya nya ?

  5. bro shockbreaker ini kan bisa di setting tingkat kekerasannya,gw dah pasang dts gas, abis pasang gw minta setting kekerasannya, kata org bengkelnya gak bisa.
    Klo kita mau setting sendiri pake kunci paketannya emang keras banget ya?
    atau emng ada kunci2an yg mesti di buka dulu?
    thx

  6. dh make nih ngegantiin shock jupiter mx ane yg lembek, tiap bawa barang ama goncengan aja pasti spakbor itu nyentuh ban mulu, akhirnya ane cari2 info merk shock yg bagus, mw ganti ke shock ori punya mx king katanya lembut bner. akhirnya ketemu jg shock yg bagus dri yss.. asli mantep abis, goncengan enak gak ada pernah itu nyentuh lgi spakbor belakang ke ban, oli shock bawaan dealer itu cocoknya bwt motor yg hidupnya sendiri yg gak butuh goncengan dan bawa2 barang di belakang, wkwkwk

  7. Saya masih pakai shock punya original MX King, karena menurut saya lebih tahan lama…lagi pula motornya jarang dipakai…hehehehehe

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*