Beranda Review Diajak mini touring nanjak Bukit Pelangi – Puncak, Konsumsi BBM All New...

Diajak mini touring nanjak Bukit Pelangi – Puncak, Konsumsi BBM All New R15 tetap irit

3

Konsumsi BBM All New R15 tetap irit

Assalamualaikum sobat biker, entah kenapa kalau jajal motor baru gak afdol rasanya kalau gak diajak nanjak ke bukit-bukit. Di medan inilah banyak variabel bisa dirasakan feelnya.

Dari perjalanan sejauh 72km dengan rute Cikeas – Cibinong – Bukit Pelangi – Puncak yang menjadi point istimewa dari All New R15 VVA sepanjang jalan adalah handlingnya sob. Paduan rangka deltabox dengan suspensi USD, arm belakang aluminium dan tapak kaki dengan profile ban lebar menjadikan New R15 VVA ini seperti mainan yang asyik dalam urusan handling, enak banget buat ditekuk-tekuk.

Untuk cornering, Elang katakan New R15 paling gampang dan nurut, tinggal kembali soal keberanian dan skill pengendaranya aja, R15 siap diajak rebah sempurna. Posisi setang dibawah yoke juga sangat membantu saat manuver cornering.

Konsumsi BBM All New R15 tetap irit

Yang menarik berikutnya adalah genre mesin SOHC 4 Valve khas Yamaha ini masih tetap mempertahankan keunggulan dalam keiritan bahan bakar sob. Yup walau ini genre motor sport bukan ranahnya irit-iritan tapi tetap perlu kepoin tingkat keiritan fuel consumption mesin yang sudah naik kapasitas 155cc berkat pengaplikasian VVA (Variable Valve Actuation). Apalagi All New R15 VVA masih di segmen sport 150cc yang konsumennya masih memikirkan irit sebagai salah satu faktor penentu dalam pemilihan motor.

Konsumsi BBM All New R15 tetap irit

Nah berapa hasil pengukuran fuel consumption BBM All New R15 VVA saat diajak nanjak berbukit-bukit? Fyi, bobot pengendara seberat 56kg dan mode riding normal dari Cikeas – Bukit Pelangi – Puncak Pas, dengan 2 titik kemacetan pendek di Cibinong dan Kawasan Puncak, inilah hasilnya.

Konsumsi BBM All New R15 tetap irit
Jarak tempuh Cikeas – Puncak Pas 72.5 km

Saat berangkat All New R15 VVA direset dulu trip meternya dan fuel consumption yang ada di MID. Setelah sampai di Puncak Pas total jarak yang ditempuh sejauh 72.5 km, liat informasi FC di MID dashboard tercatat 45,1km/liter, wew kalah iritnya si MX Strada. Sebelumnya Elang sudah yakin motor ini pasti irit, karena saat dipakai nanjak torsi 14,7 Nm cukup enteng buat motor ini menaklukan berbagai spot tanjakan di kawasan Puncak. Dengan gigi 3 bahkan gigi 4 masih ayo aja gak ada gejala kedodoran mesin VVA 155 ini.

Konsumsi BBM All New R15 tetap irit
FC All New R15 VVA dipake nanjak

Nah sepulangnya dengan rute yang sama dan jalanan cenderung turun, tidak perlu membetot gas lebih dalam, sesampainya di rumah lihat trip meter sudah menempuh jarak 135 km dan fuel consumption yang diraih lebih irit lagi sob, mampu 50km/liter..mantap

Konsumsi BBM All New R15 tetap irit
Total Jarak PP Cikeas – Puncak – Cikeas

Nah bagi sobat biker yang doyan touring jauh pake All New R15 VVA sekarang sudah bisa menakar konsumsi BBM si mini moge ini, artinya dengan isi full tank 11 liter BBM Pertamax, bisa diajak lari jauh 500km-an.

Konsumsi BBM All New R15 tetap irit
Fuel Consumption PP 135km Cikeas – Puncak

Konsumsi BBM All New R15 tetap irit

Semoga berguna.

3 KOMENTAR

  1. […] Bingung mau pilih Ninja 250SL atau sport 150cc karena masih mikirin konsumsi BBM?.. menurut saya sih jangan bingung deh soalnya tergolong hanya beda tipis. Berdasarkan beberapa sumber referensi yang saya dapat diketahui konsumsi BBM Ninja 250SL tembus 32km/liter (sumber disini). Sedangkan konsumsi BBM Honda CBR150R tembus 42,4km/liter (sumber disini). Kemudian konsumsi BBM Suzuki GSX-R150 tembus 50km/liter (sumber disini). Terakhir konsumsi BBM All New R15 mampu tembus 50km/liter saat dipakai touring (sumber disini). Atau ketika dipakai short touring menanjak tembus 45,1km/liter (sumber disini). […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here