Prosedur Defensive Riding #2 Ketika melewati perempatan atau pertigaan

melewati perempatan atau pertigaan

Assalamualaikum sobat biker, kita lanjut lagi serial ulasan defensive riding, kita lanjut ke skenario ketika akan melewati persimpangan jalan atau pertigaan. Banyaknya kecelakaan di persimpangan lebih banyak disebabkan karena prilaku berkendara yang agresif tidak antisipasi setiap bertemu perempatan atau persimpangan, sudah tau persimpangan tapi ngebut, kombinasi yang sempurna untuk mengundang sebuah kecelakaan.

Lalu bagaimana sikap antisipasi untuk skenario macam ini? Prosedur standar setiap kali bertemu persimpangan adalah kurangi kecepatan! Namun mengurangi kecepatan disini bukan berarti langsung melakukan pengereman, ada prosedur utama yang mendahului sebelum sobat biker mengerem.

Biasakan cek spion terlebih dahulu sebelum melakukan maneuver apapun di jalan raya. Kenapa harus mendahulukan cek spion? Karena kita harus selalu memastikan lingkaran aman disekitar kendaraan kita. Bahaya bisa datang dari segala arah, dari depan, samping, atas, belakang, dll.

melewati perempatan atau pertigaan

Nah kembali ke konteks prosedur defensive saat menghadapi perempatan di jalan, sebelum mengurangi kecepatan, pastikan cek spion terlebih dahulu untuk antisipasi bahaya dari belakang kendaraan. Karena bisa jadi saat sobat biker melakukan pengereman menjelang perempatan, ada kendaraan di belakang sobat yang juga mengiringi dengan kecepatan sama, apesnya gak jaga jarak pula. Untuk sikap antisipasi di jalan, boleh kita menaruh curiga dengan manuver-manuver pengguna jalan lainnya.

Okey singkat saja tips prosedur defensive di skenario ini, yang penting sudah dapat cluenya dan bisa dipraktekkan di jalan raya. Semoga bermanfaat sob.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: