Prosedur Defensive Riding #1 Saat akan memulai bergerak di atas motor

Saat akan memulai bergerak di atas motor

Assalamualaikum sobat biker, Elang akan mulai artikel serial defensive riding seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya. Nampaknya sepele ya peritilan judul di atas, mulai jalan naik motor aja pake prosedur urutan bla..bla. Ya begitulah memang kebanyakan biker jarang memperhatikan hal-hal sepele atau tau prosedur aman di setiap manuver di jalan raya, padahal setiap segala manuver ada prosedur penting yang perlu dilakukan untuk menunjang keselamatan berkendara.

Pada kondisi kendaraan berhenti, sebelum mulai bergerak jalan coba biasakan posisi riding posture sudah tepat. Biasakan kaki kiri yang turun sedangkan kaki kanan yang standby di footstep. Ini untuk membiasakan kontrol motor dengan rem belakang dan membiasakan jari tidak standby si handle rem depan sehingga tidak selalu mengandalkan rem depan saat di kecepatan rendah.

Walau di motor matic tetap sama, kaki kiri yang turun dan kaki kanan yang standby di dek dengan tujuan yang sama agar terbiasa ketika pindah ke motor sport kebiasaan kaki-kaki ini tetap terbawa.

Ketika akan mulai jalan, selalu awali dengan cek spion kanan kiri untuk antisipasi bahaya dari belakang, tambahkan lagi dengan prosedur menoleh sekilas untuk antisipasi bahaya yang datang dari zona blindspot yang tak terlihat dari kaca spion. Ini penting karena tak sedikit orang celaka ketika keluar dari gang ke jalan raya disamber pengendara lain, inilah perlunya menoleh sekilas saat keluar gang, masuk ke jalan raya ataupun mulai berjalan dari keadaan berhenti.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Satu pemikiran pada “Prosedur Defensive Riding #1 Saat akan memulai bergerak di atas motor”

  1. oh noleh ke kanan sebelum mulai nge gas sih wajib. keluar gang, berhenti sejenak, toleh kanan kiri, baru nge gas pelan lagi dr kiri. tp herannya, yg ngga nerapin teori itu malah aman aman aja jalannya setiap w liat, malah w yg nrrapin sering di klaksonin biar buru buru jalan. 😀 aneh memang.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: