Kenali bahaya menyalip, berikut video tips menyalip yang aman dengan PAS

tips menyalip yang aman

Halo Biker, hampir setiap hari ratusan orang bahkan ribuan orang mengalami kecelakaan sepeda motor di jalan raya. Resikonya banyak sekali mulai dari cidera ringan, cacat permanen, masuk penjara bahkan kematian. Bayangkan jika itu terjadi, bagaimana dengan tanggungan keluarga kita? Nah salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya adalah ketika momen menyalip.

Umumnya pemotor menyalip dengan alasan terburu-buru, ingin segera sampai di tempat tujuan tanpa mempertimbangkan resikonya dan tidak mengetahui teknik menyalip dengan benar dan aman. Tahukah sobat dengan tidak menyalip bisa mengurangi 70% resiko terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Nah untuk itu pikirkan kembali jika ada peluang untuk menyalip, selalu ingat apakah benar-benar PAS (Perlu, Aman dan Sesuai peraturan), jangan ambil keputusan menyalip jika salah satu jawabannya adalah “TIDAK”.

Hindari menyalip pada kondisi-kondisi berikut:

  • saat ragu-ragu
  • di tikungan (blindspot)
  • di jalanan yang menanjak (blindspot)
  • di marka jalan tidak terputus
  • di area penyeberangan jalan seperti depan sekolah
  • di jembatan sempit

Semua kondisi di atas sangat tidak aman, selain tidak sesuai peraturan menyalip pada kondisi-kondisi ini sangat rawan untuk celaka. Ingat sekali lagi harus selalu PAS (Perlukah, Aman, Sesuai peraturan), hindari menyalip jika kondisi tidak memenuhi syarat sob.

Berikut ini video tips menyalip aman dengan PAS agar lebih mudah dipahami, semoga bermanfaat.

2 Komentar

  1. “Umumnya pemotor menyalip dengan alasan terburu-buru, ingin segera sampai di tempat tujuan tanpa mempertimbangkan resikonya dan tidak mengetahui teknik menyalip dengan benar dan aman.”

    bukan hanya itu saja kang, emang banyak yg sudah jadi kebiasaan, aneh ya menyalip secara membahayakan kok jadi kebiasaan? mungkin udah bawaan lahir… ekekeke.

    artikel2 seperti ini harus lebih sering muncul di blog2 dan website atau majalah otomotif di indonesia, agar menambah ilmu dan kesadaran masyarakat dalam berkendara. terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*