Tips mudik aman dan nyaman by Yamaha Riding Academy

tips mudik aman

Halo Biker, menyambut musim mudik Lebaran 1437H Elang coba sharing beberapa tips mudik aman dan nyaman menggunakan motor dari YRA Indonesia. Walau pemerintah dan beberapa pemangku kepentingan sudah gembar-gembor untuk tidak mudik ke kampung halaman pake motor, namun Elang juga cukup maklumi kondisi real di masyarakat yang karena faktor ekonomi pilihan menggunakan motor menjadi salah satu alasan utama.

Pertanyaan awal adalah apakah bahaya kalau mudik dengan berkendara sepeda motor? Sebelum Elang menjawab pertanyaan ini, banyak hal kenapa orang nekad berkendara saat mudik lebaran. Beberapa hal tersebut adalah:

  1. Naik sepeda motor bisa ngirit.
  2. Bisa lebih cepat sampai.
  3. Bisa buat mondar mandir saat dikampung.
  4. Show off ke tetangga kalau sudah punya sepeda motor.

Mari kita bahas satu per satu ya…

Poin no 1, naik sepeda motor itu jauh lebih irit? Memang tidak ada yang menyangkal akan itu apalagi menggunakan motor kecil seperti motor motor matic yang ada saat ini. Akan tetapi karena mengejar iritnya saja para pengendara kita tidak mengindahkan aspek safetynya. Lho berarti mudik pake motor matic nggak safety donk? Sabar dulu sobat, ini coba lagi mau menjelaskan. Begini karena kebangetan pelitnya kebanyakan orang berkendara dengan penumpang lebih dari ketentuan [Ayah, Istri + anak 3] dan membawa barang yang dimensinya dan beratnya dapat mempengaruhi kesetabilan motor [koper untuk pakaian + beras sekarung]. Tetapi actual dijalan hampir seperti itu kejadiannya. Boleh membawa barang dan penumpang asal berat barang + penumpang tidak lebih dari 150 kg. Dan barang yang dibawa tidak mengganggu handle dan kestabilan motor itu sendiri.

Poin no 2, Bisa lebih cepat sampai. Untuk hal ini juga bisa dibenarkan karena motor lebih fleksibel untuk selap selip dan lewat jalur jalur alternative yang sempit. Akan tetapi keseringan karena ingin cepet gaya berkendaranya kayak pembalap. Lha klau begitu mah emang bisa cepet bro, cepet sampai rumah sakit atau kuburan hihihi.

Poin no 3, Bisa buat mondar mandir dikampung, tentang hal ini mimin juga setuju. Karena dari pihak pemerintah kita belum dapat menyiapkan angkutan terintegritas yang mumpuni untuk masyarakat. Sepeda motor adalah pilihan yang pas buat beraktifitas dalam berbagai hal.

Poin no 4, Show off ke tetangga atau temen kalau sudah punya sepeda motor. Ini yang kadang kadang kita kurang mengerti. Karena sering mimin menemui hal ini saat dikampung. Karena gini gini mimin juga orang kampung. Cuma hanya pengen show off sampai dibela belain nekat naik motor saat mudik.

Dari empat poin diatas yang mimin sudah telaah, sekarang mimin jawab pertanyaan mimin sendiri diatas pertanyaan Apakah bahaya mudik dengan berkendara sepeda motor? Kita kembali lagi ke ilmu safety riding. Safety riding itu adalah tindakan pencegahan bukannya pengobatan. Trilogi kecelakaan karena adanya 3 unsur yaitu (Manusia, Kendaraan dan Lingkungan) akan tetapi yang paling berpengaruh adalah manusianya. Karena manusianya yang harus dapat mengontrol semuanya sobat. So bahaya atau tidak, itu tergantung dari sang Joki alias Pengendaranya. Jadi mau pakai motor kecilpun bisa aman kokā€¦

Tambahan persiapan yang wajib dibawa :

  1. Bawa basic tools [obeng, kunci busi]
  2. Membawa cadangan busi, lampu utama dan rem jika berkendara malam hari
  3. Pastikan baut sepeda motor tidak ada yang kendor
  4. Perlengkapan administrasi [SIM, STNK] yang masih berlaku
  5. Membawa jas hujan.

Tips Berkendara :

  1. Cukup Istirahat sebelum kita berangkat.
  2. Sudah makan diatas 1 jam sebelum berkendara yang berpuasa juga tidak masalah
  3. Pastikan semua perlengkapan, administrasi dll sudah terbawa.
  4. Lakukan peregangan otot sebelum berkendara agar kita lebih rileks. Lakukan dengan urutan dari kepala sampai ke kaki.
  5. Sebagai Insan yang beriman, berdoa sebelum kita melakukan perjalanan.
  6. Saat berkendara wajib mematuhi peraturan undang undang yang berlaku [UU No. 22 Tahun 2009]
  7. Lakukan istirahat maksimum setiap 2 jam sekali [jika sebelum 2 jam sudah lelah wajib melakukan istirahat]
  8. Lakukan senam kecil saat istirahat agar kita tambah fresh.
  9. Pastikan kondisi jalur aman sebelum kita melakukan maneuver atau mendahului.

Detail perlengkapan pengendara dan persiapan motor silahkan lihat foto.

persiapan mudik

Demikian tips and trik untuk persiapan mudik dengan berkendara sepeda motor.
Semoga dapat bermanfaat.

Note:
Tulisan ini Elang sadur kembali dari halaman YRA Indonesia Fans Page

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*