Beranda Dunia Motor Kemitraan Bajaj-KTM akan diperluas masuk market Indonesia guna menggenjot penjualan motor KTM...

Kemitraan Bajaj-KTM akan diperluas masuk market Indonesia guna menggenjot penjualan motor KTM < 400cc

0

KTM RC390

Halo Biker, kemarin sempat penasaran dengan berbagai pemberitaan dari media di India seputar rencana Bajaj akan memperluas distribusi motor KTM ke market Indonesia, ini maksudnya gimandra? Apakah Bajaj akan kembali ke tanah air? Monggo kita ulas lebih lanjut.

Berdasarkan info yang Elang coba simak dari motoroids, moneycontrol dan rushlane diberitakan bahwa Bajaj Auto akan memperluas penjualan motor KTM dibawah 400 cc ke Indonesia, seperti sobat ketahui saat ini motor-motor KTM under 400 cc yang sudah duluan eksis dijual di Indonesia antara lain RC250 dan Duke 250 yang baru-baru ini diperkenalkan oleh KTM Motor Indonesia, Elang belum tahu persis apakah ini satu bendera dengan PT Jaya Selaras Sejahtera.

Fyi, di India sana Bajaj Auto telah berhasil menancapkan brand KTM begitu kuat di segment motorsport kecil mereka, nah harapannya dengan model kemitraan yang sama terjalin disana bisa sukses juga untuk merangkul pasar Indonesia khususnya brand KTM, but Indonesia itu unik loh, lain ladang lain ilalang.

KTM Duke 390

Selama ini KTM begitu segmented ya karena masalah harga yang bagi market < 250cc masih terlalu tinggi, walau yang ngerti barang bagus tentunya beda cara pandang melihat banderol harga tinggi motor KTM, tapi kalau berbicara mind-share untuk perolehan marketshare yang signifikan terlihat, memang masalah harga masih begitu sensitif.

Ohya lanjut ke berita masuknya Bajaj kembali ke Indonesia, dari sumber media luar yang memberitakan kemarin, tidak terdengar secara spesifik menyebutkan Bajaj akan menjual line-up Bajaj sendiri seperti Pulsar 200NS, etc, namun yang pasti adalah line-up KTM khususnya Duke dan RC series dibawah 400 cc sedangkan untuk penjualan di atas 400 cc masih dilakukan oleh PT Jaya Selaras Sejahtera selaku mitra importir KTM yang sudah berlangsung selama ini.

Bajaj sendiri nantinya akan menggunakan jaringan distribusi global KTM yang sudah exist di Indonesia, namun untuk operasional harian akan dikelola oleh Bajaj Auto langsung. Bisa jadi dengan berita ini Bajaj akan kembali menghidupkan beberapa jaringan bekas peninggalan Bajaj Auto Indonesia terdahulu untuk kembali bangun sebagai jaringan distribusi motor-motor KTM nantinya, untuk hal ini masih abu-abu belum ada keterangan resmi.

Yang menarik terlepas dari image Bajaj bagi market Indonesia yang sudah kadung ‘buruk’ namun perlu tetap optimis, siapa tau dengan dihandlenya penjualan motor-motor KTM <400 cc disini oleh jaringan Bajaj, harganya bisa terkoreksi lebih masuk akal. Karena dari sejarah manuver Bajaj selalu mampu memberikan harga yang rasional di jajaran line up motor-motor sport mereka, lupakan harga Pulsar 200 NS karena dimaintain oleh KMI, perlu optimis jika Bajaj langsung yang menjual bisa lain ceritanya masalah harga.

Tapi untuk mengembalikan citra baik Bajaj di potensial buyer tanah air, Bajaj kudu melakukan effort yang lumayan mahal, minimal beranikah Bajaj Auto mendirikan pabriknya di Indonesia? Kalau Bajaj bisa melakukan effort itu barulah kepercayaan konsumen Elang yakin pelan-pelan bisa kembali seperti sedia kala.

Monggo dikomentari sob.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

1 KOMENTAR

  1. Menarik memang kalo BAJAJ comeback ke Indonesia…
    Ya semoga saja Pulsar Series juga ikutan dijual di Indonesia… termasuk P200NS yang awalnya dititipkan ke Kawasaki…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here