Beranda Defensive Riding Pesan keselamatan: ketika fatigue atau lelah, hentikan aktivitas riding untuk istirahat sejenak

Pesan keselamatan: ketika fatigue atau lelah, hentikan aktivitas riding untuk istirahat sejenak

0
pic: mpm-motor.co.id
pic: mpm-motor.co.id

Halo Biker, masih melanjutkan artikel tentang beberapa faktor penyebab kecelakaan yang sebelumnya. Sekedar refreshing kembali artikel yang lama, ada 3 penyebab faktor kecelakaan yakni dari manusianya sendiri, kendaraan dan lingkungan sekitar. Dari manusianya sendiri salah satu faktornya adalah karena kondisi tubuh yang lelah, gimana antisipasinya?

Ngantuk adalah salah satu kondisi yang dominan sering dialami pengendara motor. Ya tentu bisa ditebak penyebabnya karena jam tidur malamnya kurang. Umumnya orang dewasa tidurnya minimal 6 jam sehari, namun karena faktor kesibukan dan manajemen waktu yang berantakan tidurnya selalu tengah malam sementara besoknya dituntut untuk bangun cepat pagi-pagi jam 4 Subuh.

Kalau tiap hari habitnya seperti itu terus dengan jam tidur hanya 4 jam, sebetulnya fisik berhutang jam tidur 2 jam setiap hari, begitu terus di hari kedua, ketiga, dst sehingga gak heran ketika hari libur atau weekend bawaannya udah gak mau melakukan apa-apa, maunya tidur seharian di rumah karena membayar kelelahan yang terakumulasi selama satu minggu.

Dalam kondisi ngantuk fokus pandangan ketika berkendara menjadi buyar signifikan berkurang dan ini punya potensi bahaya yang lebih jika dipaksakan tetap berkendara. Sering terdengar seorang sekuriti ketika pulang pagi mengalami kecelakaan di jalan raya. Sering juga kita lihat dan menjadi lucu ketika seorang pengendara yang pulang kerja malam gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba nabrak tiang listrik. Cobalah jika betul-betul merasa kantuk yang sangat berhenti dari aktivitas berkendara, istirahat sejenak di tempat yang aman untuk memulihkan kondisi. Tidak ada obat yang paling manjur jika sudah mengalami kelelahan atau ngantuk selain daripada istirahat.

pic: huffingtonpost.com
pic: huffingtonpost.com

Elang ada sedikit tips bagi yang karena kondisi kurang tidur malamnya, siangnya bisa digantikan dengan istirahat sejenak yang efektif bisa mengembalikan stamina. Ada namanya ‘Fifteen minutes power nap‘, ketika tubuh benar-benar lelah dan ngantuk, cobalah cari tempat aman untuk istirahat tidur sejenak selama 15-20 menit. Beberapa riset di luar mengungkapkan kualitas tidur sejenak ini sama dengan kualitas tidur 6 jam. Ibarat komputer yang sudah lelet kinerjanya karena ON terus, begitu dipencet reset otak CPU seperti fresh kembali untuk siap bekerja, begitu juga manfaat dari power nap ini. Nah layak dicoba nih bagi anda pemotor yang punya aktivitas berat di jalanan misal kurir atau ojek online.

Kalau mengatasi kantuk dengan minum kopi gimana? Ini kurang tepat, memang di awal setelah mengkonsumsi kopi mata kita menjadi fresh karena kerja jantung kembali seperti dipompa, tapi begitu efek cafein dari kopi itu habis, maka sobat siap-siap akan merasakan kantuk 2 kali lipat dari semula, cukup berbahaya jika dipaksa sambil berkendara.

Monggo dikomentari dan semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

    • nice question 😀

      bisa melipir untuk istirahat di teras masjid terdekat, ada juga yang melipir ke trotoar dan bisa tidur langsung di motor, Elang sering liat yang model gini 🙂

      • Nah, kalau posisi kita berkendara sendiri, tidur sendiri , siapa yg jamin barang kita utuh ? Kondisi ramai, kita sadar saja maling keliaran loh gimana kalau tertidur ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini