Review Kanvas Kopling NJMX setelah 5 tahun, jarak tempuh 122.000 km masih kuat nanjak

kanvas kopling njmx

Halo Biker, kembali Elang mencoba mereview si MX Strada, karena cukup banyak catatan yang bisa dishare setelah pemakaian 5 tahun ini. Kalau kemarin mengulas tentang konsumsi pemakaian BBM yang tetap konsisten irit di orde 45km/liternya, kali ini turun ke sektor mesin, bagaimana part kanvas kopling.

Satu kata awal buat impresi sebagai user yang menggunakan NJMX ini, ‘Bingung’ kapan kanvas kopling motor ini kudu diganti. Padahal umur kanvas sudah 5 tahun 1 bulan dengan jarak tempuh lebih dari 122.000km. Tapi motor masih saja enak dipakai berakselerasi walau tidak bisa dibandingkan sama plek dengan motor-motor baru. Namun sebagai gambaran MX Strada dengan kondisi kopling masih ori sekarang masih berasa tarikannya khas motor SOHC overstroke, dan diajak top speed masih konsisten mampu lari di 115kpj.

Untuk lebih afdolnya barometer gimana performa kanvas kopling sebenarnya, Elang coba larikan ke kawasan Puncak untuk menguji gigitannya. Asyem dengan riding sendirian MX Strada masih mampu nanjak seperti motor-motor baru lainnya, tapi untuk berboncengan ketika ketemu tanjakan yang agak ekstrem dan panjang seperti di Puncak, cara ngegas motornya harus diayun-ayun, tidak bisa linier narik gasnya. Kalau ini memang karakter MX dari dulu sejak masih baru pun demikian, tiap menghadapi tanjakan panjang narik gasnya kudu diayun, kalau enggak pasti ngempos.

Via artikel ini Elang juga ingin rembuk, mungkin ada diantara pembaca sesama pengguna NJMX yang merasakan keawetan kanvas koplingnya dipakai > 100.000 km. Pertanyaannya kira-kira kapan ini umur kanvas kopling kudu diganti? Apa harus nunggu angka psikologis 200.000km baru diganti? Who knows? Mudah-mudahan MX Strada nanti kesampaian awetnya di jarak tempuh 200.000 km, motor capek, pekerja keras.

20 Komentar

  1. Kalo mesin nya belum pernah d service besar, seperti ganti blok dan seher /piston??
    #maaf sekedar nanya.. hehe

  2. Olinya apa broh…..??! NJMX sy udh 3 taun tp kilometer baru 23ribuan oli pake Yamalube Sport, mudah2an lbh awet.

  3. kampas kopling asal pake motornya normal2 aja emg awet kok..
    shogun ane dah 140.000km juga masih nggigit kalo buat naik gunung boncengan..

  4. Mas’e numpang nanya, pernah ngalami oli rembes dari bagian bawah spul/dinamo starter gak mas,?
    kira2 apanya yah., takutnya kekurangan oli di dalem mesin kalo banyak yg rembes..
    oiyah MX Miro ane baru umur 2,5 tahun 58ribu km.. kanvas kopling ane ganti di km 40ribuan walopun sebenernya masih bagus sih kanvas koplingnya hehe…

  5. Bang elang motor ku jupiter mx sdh hampir 4 tahun tapi masih jozz tapi dulu pernah ganti karbu soalnya karbu yang lama rusak gara gara patah di baut setelan gasnya. Jadi klo hari lagi embun pagi atau hawa dingin pasti berebet gas nya seperti mau mati dan kehilangan power. Tpi yang jelas motor mx 5 speed tetap ok apalgi di isi pertalite ngacir tarikannya.

  6. Gan, jup MX ane klo tanjakan n abis poldur kadang suka ngorok msin kya mo mati n tarikan lemot, ane tanya mekanik bengkel rata2 mrk bilang kendalanya di kanvas, kopling ganda klo nga mangkok koplingnya,,,berhubung umur motor udh lbh 5 taun n dulu sering bw beban berat yaudh ane ganti semua tuh 1 set (kanvas,kop ganda n mangkok kopling nya), tp tarikan motor msh kurang bertenaga,,,kira2 kendalanya dimana ya gan ? Mhn bantu info solusinya gan…mksh

  7. Mx saya bos th 2012 km dh 99.990 udah pernah spedo mati sekitar 6 bulan kalau di kira kira mungkin dh ampe 140.000km
    Top speed masi tembus 112 (spedometer gps) klaau di spedo mtor hampir 120 km/jam
    Kampas kopling jg blm ada kndala .masi enak di ajak nanjak . Cuma agak ngebul aja mungkin ring seker udah mulai menipis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*