Honda CB500X versi 2016 kini semakin ganteng, paling pas buat touring jalanan Indonesia

Honda CB500X

Halo Biker, di peluncuran Big Bike AHM kemarin jujur yang paling menarik perhatian Elang adalah kehadiran versi terbaru dari Honda CB500X yang kini sudah mengaplikasikan headlamp dan taillight LED dan windscreen lebih panjang. Dari ketiga line up CB500 series, menurut Elang karakter mesin 500cc 67mm x 66.8mm ini paling pas di CB500X dengan karakter sebagai kendaraan touring.

Perubahan pada ukuran tangki bahan bakar lebih besar dan detail perubahan pada tutup tangki hinged fuel cap, jangkauan tuas rem  yang kini dapat diatur, ubahan desain tempat duduk dan alur kunci kontak berdesain baru mampu menumbuhkan pengalaman berkendara yang berbeda.  Kenyamanan berkendara pada model ini juga semakin baik dengan aplikasi tambahan adjustable spring preload pada bagian depan dan daya redam shock belakang yang lebih baik, serta peningkatan mekanisme perpindahan gigi yang semakin halus.

Honda CB500X

Honda CB500X menyuguhkan keseimbangan antara bentuk yang compact, ukuran yang mudah dikendalikan, dan kemampuan menginspirasi untuk penjelajahan yang nyaman. Pada tahap lanjutan ini, engineer Honda ingin meningkatkan sensasi kebebasan menjelajah dengan konsep “feel the adventure.”

Lampu LED pada headlight terlihat kecil tapi powerful. Garis tegas menyudut dimahkotai dengan lampu senja ganda dan sentuhan warna perak di bawah windscreen yang membuat tampilan CB500X mirip dengan big bike Honda dengan kapasitas mesin yang lebih besar seperti NC750X, VFR800X Crossrunner and VFR1200X Crosstourer. Dua tutup panel samping menyatukan desain belakang dan depan dengan aplikasi cat pada bagian atasnya. Cover mesin berwarna hitam menyempurnakan desain baru ini.

Honda CB500X

Memiliki ukuran lebih panjang 100mm dibandingkan dengan model sebelumnya, model windscreen baru mampu memberikan perlindungan lebih maksimal, terutama bagian atas tubuh pengendara. Saluran udara di posisi tengah mampu menyeimbangkan tekanan dan mengurangi turbulensi di sekitar helm. Windscreen memiliki dua pilihan ketinggian yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara.

Kapasitas tangki BBM Honda CB500X versi 2016 yang bertambah menjadi 17,5 liter. Detail upgrade yang bermanfaat bagi pengendaranya antara lain berupa tutup tangki BBM berengsel dan 5-pilihan rentang tuas rem yang bisa disesuaikan. Alur kunci kontak bergelombang atau wave juga dibuat lebih halus sehingga memberikan rasa mewah saat digunakan, dan perangkat tempat duduk juga dilengkapi dengan lampu LED di bagian belakang.

Honda CB500X

Tampilan baru dasbor dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak.  Tersedia ruang dibawah kursi untuk penyimpanan dan pelat pengamanan disiapkan untuk mengamankan sisi bawah mesin dan pipa knalpot dari permukaan kasar dan berbatu.

Honda CB500X

Honda CB500X ABS dipasarkan dengan pilihan warna Pearl Horizon White dan Millenium Red.

CBR500X dilengkapi dengan mesin 8-valve parallel twin berpendingin cairan mampu menghasilkan keseimbangan sempurna untuk dimensi yang lebih padat dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dalam dan rekayasa teknik  diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

Honda CB500X

Ukuran diameter dan langkah  yaitu 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O dan primary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.  Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.  Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan bobot ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

Honda CB500X

PGM-FI fuel injection menghasilkan respon performa menakjubkan; rute aliran gas dari kotak udara ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder. Tenaga mencapai puncak 35kW  saat di putaran 8.500 rpm di torsi 43Nm pada putaran 7.000 rpm.

Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.  Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-spring dan mengurangi gesekan.  Cam chain tanpa suara (SV Chain) dengan permukaan dari pins yang telah dilapisi dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu.  Katup inlet berdiameter 26.0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21.5mm.

Honda CB500X

Diameter piston berukuran 67mm sangat identik dengan CBR600RR. Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi.  Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal berproses).

Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan beberapa jarak diameter piston sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan.  Desain internal mengurangi kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian.  Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli sesaat belokan tajam dan pengereman.  Kapasitas oli adalah 3.2 liter.

Honda CB500X

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.  Perubahan di 2016 shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

CB500X memiliki diameter besi 35mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan derajat batas yang memberikan hasil berlimpah atau umpan balik bagi pengendara saat perbedaan permukaan jalan.  Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

Honda CB500X

Jarak sumbu roda 1420mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/108mm menghasilkan kelincahan yang menghasilkan berkendara prima. Sentralisasi massa dengan mesin sangat dekat dengan titik pivot swingarm memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 196 kg.

Ketinggian jok 810mm, membuat CB500X sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi. Dimensi keseluruhan adalah 2098mm x 826mm x 1358mm dengan jarak terendah ke permukaan tanah 167mm.

Honda CB500X

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm (140mm swingarm) mengaplikasikan pengaturan tingkat redaman suspensi bersamaan dengan suspensi belakang Pro-Link yang telah menerapkan 5 langkah penyesuaian dan penyesuaian tingkat redaman menghadirkan fleksibilitas saat berkendara sesuai dengan beban motor. Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

Velg terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.  Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17. Rem cakram depan beralur gelombang dengan ukuran 320mm dan kaliper rem berpiston ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan kaliper piston tunggal.  Pemasangan di tipe ABS sama dengan tipe standar.

Honda CB500X ABS dipasarkan dengan harga OTR Rp 147.000.000,-

2 Komentar

  1. Pengen.
    Tapi harganya gila 147 jt, sudah dapat Versys apalagi kalau dibanding secondnya Versys di 100 awal. Kalau dibanding LCGC, Datsun Go starting dari 105 jt, Go + dari 94.6, sudah ber AC, nggak kehujanan :).

    Logika harga dimana sebetulnya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*