Artikel Jumat: Berbagi Jalan itu juga bagian dari sedekah, yuk budayakan..

Berbagi Jalan
abaikan foto pengendara depan yang sangat tidak aman, tidak berhelm dan membawa muatan lebih dari seharusnya.

Halo Biker, salah satu contoh sikap dalam Defensive Riding adalah memiliki rasa empati. Rasa empati ini diwujudkan dalam sikap toleransi untuk mau saling berbagi jalan dengan sesama penggguna jalan raya. Bisa dibayangkan kalau setiap dari kita pengguna jalan raya hanya mengedepankan egois, kita duluan, pokoknya gue duluan, dll betapa semakin semrawutnya jalanan dan pasti potensi bahaya lebih besar akan terjadi di depan.

Maka dari sini Elang ingin mengajak yuk budayakan selalu berbagi jalan dengan sesama, karena sedekah itu tidak hanya dalam bentuk materi, namun sedekah pikiran, waktu, tenaga itu juga bagian dari sedekah, dalam konteksnya di jalan raya berbagi jalan adalah bagian dari sedekah. Gimana contohnya?

Sebagai contohnya ketika kita melaju di jalan dua arah, memang umumnya kendaraan yang melaju lurus di jalan utama lebih mendapatkan prioritas ketimbang kendaraan yang akan berbelok. Namun dalam kaidah defensive riding, pengendara yang memberikan lampu sein lebih dulu adalah yang prioritas untuk didahulukan. Jadi ketika melihat ada kendaraan dari arah berlawanan sudah memberikan sein untuk berbelok sikap antisipasi yang terbaik adalah memberikan jalan kepadanya, namun jangan lupakan prosedur antisipasi dengan arus di belakang kita sendiri. Selalu cek spion untuk memastikan kondisi di belakang kita aman sebelum melakukan pengurangan kecepatan. Jika ketika cek spion kondisi di belakang kita cenderung ramai dan lebih berbahaya jika kita mengurangi kecepatan, batalkan dan beri klakson agar kendaraan dari lawan arah menunggu arus hingga benar-benar kosong.

Kenapa harus memberikan jalan terlebih dahulu ke pengendara yang sudah memberikan sein lebih dulu? Alasannya kembali ke judul, bersedekah untuk mengurangi potensi resiko terjadinya kecelakaan. Aktivitas menyeberang jalan umumnya memiliki resiko lebih tinggi dibanding aktivitas berkendara lurus di jalan utama. Dan umumnya pengendara yang akan berbelok masuk gang dari lawan arah mengambil posisi di tengah jalan yang beresiko, maka tak jarang terdengar pengendara ditabrak dari belakangnya, karena itulah tak ada salahnya memberi kesempatan mereka dulu lewat agar dia selamat, jangan lupa antisipasi juga arus belakang kita sendiri agar kita juga selamat.

Video berikut menggambarkan sedikit cuplikan budaya berbagi dengan pengendara lain untuk memberi kesempatan lewat terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Link HP

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*