Ngebut karena alasan buru-buru, manajemen waktunya gimana?

manajemen waktu
pic: perawatsetengahmuda

Halo Biker, banyak dari kita yang punya kebiasaan ngebut di jalan raya. Berbagai alasan dikemukakan ketika ditanya kenapa ngebut? Mulai dari ngejar waktu, sudah telat atau mungkin alasan lain ingin merasakan sensasi motornya. Sebagai pengemudi yang defensive harus bisa mengantisipasi potensi yang bisa menyebabkan kecelakaan, salah satunya adalah faktor ngebut.

Ngebut sih bukan gak boleh, tapi sesuaikan dengan kondisi lalu lintas. Elang via tulisan ini lebih mencoba ingin merubah mindset ngebut yang menjadi kebiasaan, mosok tiap hari berangkat ngantor harus selalu ngebut?

Jika alasan ngebut yang telah menjadi kebiasaan adalah karena ngejar waktu biar gak telat, maka ada yang harus diubah. Muncul pertanyaan kembali, kenapa harus ngebut, berarti ada yang salah dengan manajemen waktu selama ini.

Jika waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak dari rumah ke kantor dengan kondisi lalu lintas normal bisa ditempuh dalam 1 jam, maka cobalah mulai beri spare 30 menit lebih awal berangkatnya untuk mengantisipasi kondisi lalu lintas agar bisa tetap tepat waktu sampai di tujuan.

Tulisan ini semoga bisa sedikit menggugah mindset pembaca, bahwa sekali lagi kalau sampai kita terlibat dalam sebuah kecelakaan, tidak hanya anda yang dirugikan, tapi juga orang lain juga keluarga anda.

4 Komentar

  1. kalo saya kasusnya gini… jam kantor jam 8.30
    estimasi perjalanan 60 menit karena macet maka jika saya berangkat jam 7 akan tiba dikantor on time…
    namun kalo berangkat jam 6.30 saya bisa tiba dikantor jam 7.00 alias kepagian… karena jam 6.30 tidak terlalu macet seperti jam 7… nah lho.. hehhehe…
    tapi kalo tiap hari harus berangkat jam 6.30 saya bisa ngaplo selama 2 jam… wkwkkwkwk

  2. Ada mbak-mbak di kantor, naik motor Honda Spacy warna hijau. Pakaiannya tiap hari pakai rok pendek span hitam, dengan stocking. Bawanya gila, di dalam gedung parkir aja ngebut, terburu-buru, saya suka diselip. Kalau parkir, motor seperti di lempar, begitu berhenti, langsung taruh helm dan jalan masuk kantor. Cantik sih.

    Sekali waktu saya tegur, mbak, buru-buru ya?
    Dijawab: Iya buru-buru mau telat, nih sambil mesem-mesem…
    Masuk kantornya jam berapa?
    Dijawab: jam 8:00 … tiap hari si mbak biasa datang hampir jam 8:00, sekitar jam tiba saya di kantor.
    Ooo, absenannya ketat ya?
    Dijawab: Yaaa, enggak sih, tapi kalau sering-sering telat nggak enak juga.

    Kemudian sekali waktu dia nanya saya juga, kalau mas masuknya jam berapa?
    Saya jawab 8:30 ..
    Dijawab: Ooo enak ya? bisa masuk 8:30…

    Lhaaa, kalau si mbak di suruh masuk 8:30 pun, kemungkinan dia akan datang telat juga.

1 Trackback / Pingback

  1. Manajemen Waktu Berkendara | ElangJalanan.NET

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*