TVS Apache RTR 200 4V, alternatif buat pecinta touring nih pasca ditinggal Pulsar P220

Dunia Motor

TVS Apache RTR 200 4V

Halo Biker, walau tak melihat secara langsung wujud fisik si motor di perilisannya hari ini, namun Elang tiba-tiba gatel pengen nulis sebuah opini tentang gimana kans varian Apache RTR yang kini memiliki kubikasi 200cc 4 Valve. Berbicara motor India disini tak lepas dari 2 brand Bajaj dan TVS, namun 1000x sayang Bajaj merobohkan komitmen mereka sendiri dengan hengkang dari pasar sepeda motor tanah air.

TVS Apache RTR 200 4V

TVS Apache RTR 200 4V memiliki spesifikasi power maks 21 PS @9000 rpm, torsi 17,5Nm@7000 rpm, secara power mirip-mirip Pulsar P220 dulu yang punya output 21 HP @ 8500 rpm. Asyiknya lagi Apache RTR 200 4V ini untuk pasar tanah air sudah menganut sistem injeksi buatan Bosch untuk supply bahan bakarnya, berbeda dengan versi India yang masih karbu, jelas akan lebih irit ini dibanding Pulsar NS maupun P220.

Pulsar P220 touring
pic: prides online

Ban OEM yang digunakan pun gak tanggung-tanggung, dijejali ban Pirelli Sport Demon, sejauh ini baru ini satu-satunya pabrikan yang pakai ban OEM Pirelli di tanah air. Dengan banderol harga Rp. 23,9 juta Elang rasa cukup kompetitif bergesekan dengan market sport 150cc Jepang.

TVS Apache RTR 200 4V
pic: motobikerz

Sektor mesin walau Elang nilai hanya bore up dari Apache RTR 180 namun tetaplah sensasi karakter overbore yang kini meningkat menjadi 200cc menjadi sesuatu yang bisa diandelin buat motor touring. Didukung rangka depan menganut double cradle membuat kesan dudukan mesin jauh lebih kokoh. Suspensi belakang sudah monoshock euy mengaplikasikan suspensi milik KYB walau tanpa link seperti milik Byson, lumayan mendongkrak tampilan macho sang naked sport.

TVS Apache RTR 200 4V
pic: motobikerz

Console dashboard digital yang memuat berbagai piranti seperti speedometer, laptime meter, tripmeter, perekam top speed, tachometer, jam dan gear position cukup memperkaya pengalaman berkendara bersama motor ini.

Sisi headlamp walau belum LED, masih menganut bohlam Halogen namun berkekuatan 55 watt sudah cukup terang untuk perjalanan malam. Tail light belakang sudah LED, cukup menambah manis tampilan si RTR.

Last secara subjektif Elang menilai dengan hadirnya TVS Apache RTR 200 4V bisa dijadikan obat buat pecinta touring khususnya sebagai ex. pemakai motor Pulsar 220 atau varian Pulsar UG3 sebagai motor andalan touring. Apalagi TVS selama ini paling getol mempromosikan line up sport mereka untuk kegiatan touring di tanah air, so dengan dukungan pabrikan yang punya pabrik di tanah air, jaminan aftersalesnya sudah pasti jauh lebih baik ketimbang Bajaj, untuk finishing body juga TVS terkenal lebih baik dari Bajaj. Langsung deh membayangkan TVS Apache RTR 200 4V dipasangi top box dan side box, cocok ­čÖé

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

0 thoughts on “TVS Apache RTR 200 4V, alternatif buat pecinta touring nih pasca ditinggal Pulsar P220

  1. Gak bisa kah duo india itu kerjasama. Soale kalau sekedàr ndompleng di kawasaki atau bahkan di KTM sekalipun akan terlihat seperti jualan barang kw di gerai toko eksklusif. Mau beli pulsar itu jadi rasa gimana gitu yg didisplay bersama jajaran ninja. Inferior secara kasta.
    Bayangin jualan honda jazz di dalam dealer ferrari.

    Produknya bukan jelek. Cuman salah tempat…very wrong place

    Mending wàlking proud sbg duo produk india dengan dealer dan aftersales ditanggung bersama biar lebih kuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *