Sisihkan cukup 2 menit untuk inspeksi kendaraan sebelum digunakan

tclocs

Halo Biker, kalau ditanya seberapa rutin anda memeriksa semua fungsi dan kerja komponen motor mungkin jawabnya macem-macem, bisa seminggu sekali, sebulan sekali bahkan jarang yang tak peduli hanya taunya ganti oli dan service saja. Dan boleh jadi yang lebih awam taunya hanya cek bensin, langsung ngegass dengan percaya diri.

Objektif kita berkendara adalah maunya berpindah dari satu titik ke titik lain dengan selamat, aman dan nyaman. Nah untuk tujuan tersebut Elang mengajak untuk pembaca membiasakan melakukan inspeksi sebelum kendaraan akan digunakan.

Untuk motor yang rutin dipakai harian idealnya inspeksi dilakukan setiap harinya sebelum digunakan. Gak lama kok, cukup 2 menit untuk memeriksa fungsi-fungsi kendaran yang krusial. Cek fungsi lampu sein depan dan belakang, cek lampu rem depan dan belakang, cek fungsi klakson. Cek fungsi rem dan tekanan ban. Inspeksi ini bisa dibarengi dengan proses memanaskan mesin, jadi hanya menyisihkan waktu cukup 2 menit demi kenyamanan dan keselamatan.


Untuk hal-hal yang lebih detail misal pemeriksaan kanvas rem, level oli bisa agak renggang dilakukan seminggu sekali. Ingat loh ini rutinitas yang ideal dilakukan di motor harian, bukan motor koleksi yang hanya disimpan di garasi. Untuk motor weekend atau koleksi intinya sama, tetap lakukan inspeksi kendaraan sebelum dipakai jalan.


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

7 Komentar

    • TCLOCS ini singkatan dari Tyre, Control, Lighting, Oil, Chasis dan Stand yang merupakan standar internasional agar pengecekan kendaraan sebelum digunakan lebih sistematis tidak ada yang terlewat.

1 Trackback / Pingback

  1. Pre-Trip Inspection, lebih jauh tentang T-CLOCS | ElangJalanan.NET

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*