Catatan Service Rutin: Betapa awetnya busi NGK CPR8EA di New Jupiter MX

Busi NGK CPR8EA

Halo Biker, sobat sekalian busi adalah salah satu part yang krusial fungsinya dalam sistem pengapian sepeda motor. Busilah yang berperan memercikan bunga api untuk menyulut pembakaran camburan bahan bakar dan udara di ruang silinder. Baik buruknya kualitas pembakaran di ruang bakar juga menentukan performa dari mesin itu sendiri.

Nah karena itulah penting buat sobat sekalian memperhatikan kinerja dan usia pakai part yang satu ini. Gak jarang sering Elang dengar kendala di perjalanan motor mati hanya gara-gara busi, dan dulu juga sempat aneh kalau dengar masalah ini menimpa motor-motor yang tergolong anyar, masa setiap 5000km busi sudah aus, lah gimana cerita?

Jalur Cikidang - Pelabuhan Ratu

Kebetulan Elang termasuk salah satu pemotor yang rutin nulis riwayat jadwal service dan penggantian spare part yang bisa mas bro pantengin di halaman ini. Ada satu komponen yang awalnya luput dari perhatian Elang akan usia pakainya, sebelumnya Elang hanya tau busi standar biasa ganti setiap 15.000km. Sampai kemudian Elang tersadar perasaan sudah sejak MX Strada kilometer 86 ribuan (sebelum balik ke 0km) busi kayaknya belum diganti-ganti deh. Kalau secara waktu terakhir ganti Mei 2014, gilak hampir 1 tahun setengah lebih.

Setelah sadar baru kemarin pas kilometer motor sudah 16.263km (sudah reset ke 0km) Elang ganti busi baru, padahal busi lama juga masih ‘bisa dipakai’. Keputusan harus ganti lebih ke upaya pencegahan biar selalu aman di tengah perjalanan apalagi kalau keluar kota.

Gunung Sindoro

Di range pemakaian sejauh 30.000km lebih kemarin terhitung MX Strada sudah riding kemana-mana dengan busi NGK-CPR8EA-9 ini. Sudah ke Garut, touring ke Bandung, riding ke Purwakarta – Bandung, touring ke Dieng – Jogja dan terakhir kemarin main ke Pelabuhan Ratu. Alamak, bersyukur kemarin tidak ada masalah di motor khususnya sisi pengapian karena busi yang sudah terlalu uzur umurnya.

Touring Dieng

Last memang terasa beda sih waktu sudah diganti busi baru, tarikan mesinnya terasa sedikit kembali lebih enteng. Dari pengalaman ini setidaknya sekarang jadi tau berapa sih umur aman buat busi standar NGK CPR8EA-9 yang ada di New Jupiter MX, bisa jadi beda motor beda hasilnya mas bro. Semoga bermanfaat.

2 Komentar

  1. sy beli newMX 2011 scond dr 40rb km sampedg 49km blm ganti busi jg om, tp gak ada msalah dg performa,
    pengalaman kmarin make pulsar 135 ganti busi jg 35rb km … dulu make RX King 2tahun alias 30an rb km jg bru ganti busi, bgitu jg saat SMA thn 98 make alfa 2T sampe 3thn jg bru ganti busi
    pengalaman ane, asal pengapian normal busi it awet, tp kalo pengapia ngaco, ya itu : 5 rb km dah ganti busi..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*