Road trip to Dieng: Persiapan sebelum Riding PP 1200km

MX Strada

Halo Biker, sobat sekalian alhamdulillah usai sudah agenda riding Road Trip to Dieng 2015 yang Elang lakoni bareng teman seangkatan alumni Road Warriors 2014, bro Ahmad Fauzi. Nah saatnya kini Elang sharing berbagai cerita dan pengalaman selama perjalanan yang memakan waktu 4 hari.

Apapun kegiatan, selalu diawali dengan persiapan tak terkecuali dengan agenda touring ini yang sudah direncanakan kurang lebih 2 minggu dari hari H. Apa saja persiapan yang kudu dilakukan agar perjalanan lancar, mengingat jarak yang akan ditempuh cukup lumayan, PP kemarin menghabiskan jarak 1200 kilometer. Walau catatan ini adalah dari MX Strada namun Elang sharing secara general mungkin bisa mewakili motor-motor lainnya.

MX Strada aslinya adalah hanya motor harian, riwayatnya sudah 4,5 tahun menemani Elang, selama ini catatannya motor minim masalah dengan jarak tempuh yang sudah dilalui lebih dari 110.000km. Untuk menjadikan motor harian ini siap tempur tak banyak yang perlu dilakukan, diantaranya sebagai berikut mas bro.

Touring Dieng

Ganti oli
Normalnya ganti oli untuk MX Strada adalah tiap 1500 km sekali, untuk perjalanan jauh ada baiknya ganti lebih awal misal tiap 1000 km. Jadi sebelum berangkat tanggal 16 Agustus kemarin MX Strada sudah ganti oli, bisa dicek di halaman Riwayat MX Strada.

Kesehatan motor
Ini tak kalah penting, sebelum keberangkatan harus ceklist beberapa item yang menyangkut kesehatan motor, pastikan motor sedang dalam kondisi fit. Cek kondisi ban apakah masih layak pakai, jika sudah botak kudu diganti untuk alasan keamanan. Komponen pengereman pastikan kanvas rem dalam kondisi prima, kalau kanvas sudah tipis lebih baik ganti.

Kelistrikan dan penerangan juga perlu diperhatikan, aki pastikan masih ces kalau mau nyaman selama perjalanan, apalagi kalau motor mas bro sudah injeksi, part satu ini mutlak selalu dalam kondisi optimal. Perhatikan lampu-lampu penerangan, khususnya lampu headlamp, lampu sein, stoplamp apakah masih berfungsi baik. Lebih baik lagi sebelum berangkat siapkan lampu cadangan untuk lampu utama (headlamp).

Piranti klakson juga perlu dicek, jujur saat ditengah perjalanan kemarin Elang merasa perlu menggunakan klakson aftermarket yang memiliki suara lebih gede. Ya ternyata untuk riding luar kota dengan segala prilaku pengendara warga-warga lokal, gak banyak yang ngeh atau mengindahkan suara-suara klakson motor lain, apalagi klakson MX Strada tergolong kecil suaranya, Elang harus tet tot beberapa kali untuk mendapatkan perhatian biker yang meleng.

Barang-barang bawaan
Untuk motor itu saja yang perlu diceklist, nah karena ini perjalanan berhari-hari tentu ada beberapa barang bawaan yang harus dibawa. MX Strada yang sudah dimodifikasi menggunakan top box dari awal, cukup terbantu untuk akomodasi barang-barang bawaan. Perjalanan 4 hari berarti perlu bawa baju ganti 4pcs (bahan kaos atau baselayer), celana jeans 2pcs, underwear 4pcs, sarung untuk sholat, sendal jepit/gunung untuk jalan kaki di tempat tujuan. Handuk dan peralatan mandi sudah pasti gak boleh ketinggalan.

Saran Elang bawa barang bawaan jangan terlalu banyak, hm..gak kebayang kalau motor gak pake top box, sepanjang perjalanan harus menggandeng tas rangsel yang berisi barang-barang bawaan. Selain mengganggu kenyamanan juga lebih ribet apalagi jika hujan.

Safety Gear
Yang terakhir jangan lupa perangkat gear yang satu ini, helm full face, knee protector dan sepatu touring atau boots sepertinya menjadi perangkat wajib dikenakan. Jaket riding gunakan dari bahan yang nyaman gak perlu tebal-tebal ala jaket touring, yang penting tambahkan pelindung angin di dada agar gak mudah masuk angin.

Yang terakhir adalah dari kesehatan diri sendiri, pastikan badan memang lagi fit, kalau lagi kurang sehat mending rencana perjalanan jauh diundur atau diurungkan. Karena memaksakan kondisi fisik yang kurang sehat berpotensi mengurangi konsentrasi selama berkendara, ujung-ujungnya kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Nah dengan persiapan kurang lebih catatan di atas, alhamdulilah kemarin perjalanan Road Trip to Dieng sepanjang 1200 km PP Jakarta dapat diselesaikan dengan aman, lancar dan nyaman walau ada sedikit ganggaun debt collector gadungan segala 🙁

Stay tunned next artikel perjalanan ini, semoga bermanfaat.

Touring Dieng

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*