Unity Pitstop Workshop: Ekspresikan Karaktermu dengan Motor Kustom

motor custom unity pitstop

Halo Biker, sobat sekalian kemarin beberapa Blogger diundang di acara Unity Pitstop Workshop yang diadakan oleh Unity-team. Event ini adalah event ke-9 Unity Pitsop, mengusung tema Motor Custom. Apa saja detail yang diubah dari motor standar menyesuaikan dengan keinginan dan karakter pengendaranya itu sudah bisa disebut sebagai motor custom. Sejatinya motor yang telah dimodifikasi atau custom itu bisa menggambarkan karakter si empunya. Berikut detail rilis lengkapnya bisa sobat sekalian simak.

Maraknya semangat motor kustom di Indonesia membuat Unity Pitstop hadir kembali di Pendopo Yesterday Lounge Caf, Jakarta dengan menggandeng sosok role model yang tepat bagi para bikers. Digelar dengan tema Express Your Character through Custom, workshop yang mengundang Ade Habibie sebagai salah satu builder motor kustom di Indonesia ini diperuntukkan bagi komunitas kustom motor dan mengajak para bikers untuk tidak hanya mengekspresikan masing-masing karakter mereka melalui kustom, tetapi juga untuk mengubah citra mereka di masyarakat.

Kustom itu sendiri adalah sebuah subkultur yang mengajak para builder untuk mengekspresikan karakter mereka masing-masing, tetapi tak hanya itu, mereka juga diajak untuk meningkatkan apresiasi dan juga rasa hormat terhadap orang lain. Ade Habibie menjelaskan, “Melalui workshop ini, saya ingin mengingatkan bukan hanya ekspresi karakter saja yang penting dalam sebuah komunitas kustom, tetapi juga pentingnya saling menghormati dan mengapresiasi ide serta hasil karya builder yang lain.”

ade habibie motor custom
Ade Habibie memperagakan cara memotong bagian motor dalam acara Unity Pitstop Workshop “Ekspresikan Karakter dengan Motor Kustom”

Saya berterimakasih karena U Mild juga mengerti akan hal ini, seperti yang dikomunikasikan melalui kode-kode cowo yang bila dipahami dapat meningkatkan solidaritas antar komunitas. Penting sekali agar para bikers dan builders memiliki role models yang mengingatkan mereka akan karakter sesungguhnya seorang biker sejati, tambah Ade.

Senada dengan penjelasan Ade Habibie, penggiat motor kustom Rizky Mandra menyatakan bahwa komunitas penggemar kustom memang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia, salah satunya adalah komunitas motor kustom. Banyak komunitas kustom yang bermunculan, mulai dari komunitas otomotif roda dua, roda empat, hingga komunitas tattoo pun semakin ramai saat ini. Meskipun masing-masing komunitas memiliki pilihan kendaraan tersendiri, tetapi semuanya tetap berpegang pada semangat yang sama, yaitu semangat kustom yang saling menghormati satu sama lain, jelas Mandra yang juga terlibat dalam penyelenggaraan acara motor kustom bertajuk Sekepal Aspal.

ade habibie motor custom
Ade Habibie menunjukan rancangan modifikasi motor terbaik yang dibuat oleh peserta Unity Pitstop Workshop “Ekspresikan Karakter dengan Motor Kustom”

Lebih lanjut mengenai motor Kustom, Ade menambahkan, Bagi bikers motor bukanlah sekedar kendaraan, melainkan bagian dari karakter penggunanya. Motor menjadi mainan yang digemari bikers untuk bertukar pikiran dan mengembangkan kreativitas antar anggota komunitas. Meskipun tanpa batasan, motor kustom harus tetap memperhatikan keamanan, kenyamanan serta estetika, sehingga tidak membahayakan diri sendiri ataupun para pengguna jalan lain di sekitar. Hal ini sejalan dengan Kode Cowo U Mild, salah satunya Cowo Wajib Punya Mainan, kata Ade.

unity pitstop workshop motor custom
(Ki-Ka)Ade Habibi dan Rizky Mandra memberikan penghargaan kepada pemenang rancangan modifikasi motor terbaik dalam Unity Pitstop Workshop “Ekspresikan Karakter dengan Motor Kustom”

Komunitas merupakan wadah yang tepat untuk menggerakkan hal ini, karena cowo aktif dengan hobi yang sama biasanya akan berkumpul dan membentuk komunitas. Namun, naluri mereka akan membuat komunitas tidak hanya sebatas kesamaan hobi, tetapi juga menjadi wadah untuk melakukan kegiatan positif. Ade menjelaskan bahwa di dunia yang penuh aturan dan dijalani semua orang, terdapat peraturan yang tidak tertulis namun menjadi panutan. Hal ini hanya dimengerti oleh cowo, karena cowo punya cara main sendiri. Uniknya, peraturan ini menjadi bahasa universal yang dapat dipahami oleh semua cowo meski mereka tidak saling mengenal, jelas Ade.

unity pitstop workshop motor custom
Peserta Unity Pitstop Workshop “Ekspresikan Karakter dengan Motor Kustom” terlihat antusias dalam membuat sketsa rancangan modifikasi

Menyadari hal tersebut, hadirlah Kode Cowo untuk meningkatkan solidaritas dan hubungan anggota komunitas agar menjadi semakin erat. Diantaranya adalah Cowo Wajib Punya Mainan, Pintar Bagi Waktu, Jabat Tangan lebih dari Tanda Tangan, Jalan Jangan Lupa Pengaman, Selalu Siap buat Teman, Kalo Cinta Gak Pandang Bulu, Tau Jalan Pintas, Tiap Luka Punya Cerita dan Tau Kapan Harus Bohong.

Selain kegiatan gathering atau workshop seperti ini, komunitas yang menghadiri Unity Pitstop kali ini juga bisa bergabung di forum online yakni www.unity-team.com yang bertajuk Saudara Satu Aspal sebagai wadah komunikasi antar komunitas dan anggotanya. Di dalam forum ini berisi informasi terkini seputar dunia bikers, Tanya Ahlinya dimana anggota komunitas bisa bertanya dan mewawancarai langsung ahli dalam dunia bikers; Group Recommendations yang berisi komunitas-komunitas yang sudah menjadi bagian dalam forum Unity-team.com.(PR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*