Mengukur deviasi speedometer Jupiter MX King versi GPS (Android)

speedometer mx king

Halo Biker, sobat sekalian kita lanjut sesi pengetesan unit motor MX King untuk menggali banyak hal dari motor ini. Walau sudah mengaplikasikan speedometer digital namun kita tetap penasaran seberapa besar simpangan deviasi speedometernya jika diukur menggunakan alat GPS.

Seperti di unit motor yang sudah-sudah untuk melakukan pengukuran ini Elang selalu menggunakan aplikasi Ulysse Speedometer di gadget Android Xiaomi Note. Software ini Elang pilih karena sudah sejak lama Elang percaya paling mendekati real alat GPS dedicated. Gadget Xiaomi juga sudah builtin Glonnas GPS jadi lebih akurat.

Oke kita mulai sesi pengukurannya, ada 3 kali pengujuran Elang lakukan masing-masing di kecepatan 60kpj, 80kpj serta kecepatan 100kpj. Sedangkan untuk topspeed belum terukur karena belum ketemu track panjang yang mendukung.

Gps60kpj

Kebetulan saat sesi ini dibantu boncenger untuk memegang gadget. Aktifkan GPS lalu buka aplikasi Ulysse Speedometer, tak butuh lama satelit glonnas langsung terdeteksi. Yo wis coba jalankan MX King hingga meraih kecepatan 60kpj di gigi 4, coba pertahankan kecepatan beberapa detik untuk memastikan kecepatan kendaraan terdeteksi oleh GPS Satelit. Setelah dirasa cukup melipir ke pinggir jalan dan lihat berapa penunjukkan max. speed yang direkam GPS. Tercatat 57kph di GPS, berarti deviasinya sekitar 1.8% 3% goodlah, biasa kecepatan di bawah 60kpj memang masih hampir akurat.

Gps80kpj

Kita lanjut dengan range kecepatan yang lebih tinggi, coba reset record GPS lalu ulangi dengan metode yang sama. Saat kecepatan menyentuh 80kpj di gigi 5, Elang coba pantengin beberapa detik untuk memastikan dapat rekaman GPS. Setelah meminggirkan MX King coba lihat di GPS tertera max.speed adalah 76kpj. Berarti deviasi speedo mulai meningkat 3.2% 5%, masih toleransi deviasinya mas bro.

Gps100kpj

Lanjut sesi terakhir coba kembangkan lagi speed hingga menyentuh 100kpj, saat sesi ini boncenger Elang minta turun sebentar agar bisa lebih ringan mendapatkan speed 100kpj dengan panjang jalan yang terbatas. Setelah menyentuh 100kpj, Elang pertahankan beberapa detik lalu minggir ke jalan. Cek GPS di HP terekam 96kph, berapa deviasinya? Wow 4% mas bro, btw catatan 96kph tak sempat Elang screenshot pada saat sesi pengukuran 100kpj pertama, screenshot 97kpj itu sebenarnya di speedo sempat melewati 102kpj secara konstan.

Last dengan data ini untuk deviasi saat top speed Elang berasumsi bisa 7% saja, masih batas toleransi dan cenderung dapat dikatakan akurat mendekati GPS.

4 Komentar

  1. kang, ngitungnya gimana yak..?
    perasaan 60 jadi 57 itu deviasanya kan 3.. brarti 3/60*100=5%
    wah, jgn2 slama ini ane salah nih cara ngitungnya..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*