Beranda Review Test Konsumsi BBM Jupiter MX King ala anak jalanan, iritnya nampol

Test Konsumsi BBM Jupiter MX King ala anak jalanan, iritnya nampol

25

Konsumsi BBM MX-King

Halo Biker, sobat sekalian sejak launching pertama kali Elang termasuk yang penasaran dengan keiritan Jupiter MX King, maklum saja mas bro beralih ke sistem injeksi sudah jaminan mesin menjadi lebih irit. Jadi walau beda hanya 15cc lebih besar dari NJMX dengan sistem injeksi tetap si MX King pastilah lebih irit. Nah rasa penasaran itu pun Elang pecahkan lewat test penghitungan konsumsi BBM sambil jalan-jalan sore Minggu kemarin.

test-fc-mxking_b
Kilometer sebelum pengisian

Mengambil rute yang tidak terlalu ramai Elang putuskan hanya berkendara sekitar radius 15km dari perumahan, judulnya juga jalan sore-sore. Keluar rumah Elang menuju SPBU Shell yang berada di Cikeas. Ohya untuk test kali ini Elang gunakan bahan bakar Shell Super oktan 92, Elang gak akan test menggunakan BBM Premium karena tidak sesuai dengan peruntukan spesifikasi mesin.

Struk pengisian BBM Super awal
Struk pengisian BBM Super awal

Posisi full tank setelah pengisian

Tiba di SPBU, jepret dulu penunjukkan kilometer awal yang baru mencapai 412km. Motor distandar tengah, minta isi full tank BBM Super ke petugas dengan patokan batas bibir bawah mulut tangki. Dikasih struk oleh petugas, tapi berapa liter dalam struk ini sebenarnya tidak akan dipakai dalam penghitungan karena Elang gunakan metode sederhana full to full yang mungkin sudah banyak pembaca mengetahuinya bagaimana pengukurannya.

Batas bibir bawah mulut tangki

Wis lanjut dalam posisi BBM sudah full, Elang coba muter-muter masuk ke kawasan komplek Kota Wisata yang lumayan mulus jalanannya dan tidak terlalu ramai. Ohya dalam test kali ini Elang hanya batasi putaran mesin di 6000 RPM, di MX King pada putaran 6000RPM gigi 5 kecepatan yang dicapai adalah 80kpj. Kecepatan segini sudah cukuplah mewakili kecepatan umum yang sering dilakoni di jalanan, tidak lambat juga tidak terlalu kencang.

Jalanan mulus Elang geber dengan kecepatan yang disebutkan tadi, tak terasa sudah nyampe diujung Kota Wisata, wis puter balik lagi hingga ke pintu masuk. Setelah sampai pintu masuk di titik awal Kota Wisata, Elang putuskan putar sekali lagi ke dalam Kota Wisata untuk menambah jarak tempuh kilometer, target minimal 30km lah.

Setelah puas mengitari jalanan Kota Wisata 2x Elang keluar ke arah Cikeas balik menuju jalan baru akses Toll tembusan Leuwinanggung. Alhamdulillah sore itu lalu lintas tegolong lancar. Memasuki jalan akses toll sebetulnya ada aja godaan pengen geber, tapi karena ini judulnya test keiritan tetap jaga speed gak lebih dari 80kpj di 6000 RPM. Setelah sampai di ujung akses toll Leuwinanggung Elang putar balik lagi dan keluar menuju Cikeas untuk isi BBM lagi ke SPBU Shell tempat titik awal. Judule muter-muter ini, ya gpplah namanya juga hobi dan doyan jalanan, tak ada rasa beban melakoni aktivitas riding sore itu.

Sesampainya di SPBU Shell Cikeas, jepret lagi, lihat penunjukkan odometer terlihat sudah berubah menjadi 449km. Wis turun dan standar tengah si MX King. Minta isi full tank kembali dengan batas yang sama di bibir bawah mulut tangki. Minta struk dan coba parkirkan MX King ke area aman untuk mengambil foto.

Jarak akhir odometer
Jarak akhir odometer

Setelah jepret struk Elang putuskan riding cepat balik ke rumah karena sudah mau masuk waktu sholat Maghrib.

Nah dari data yang sudah Elang kumpulkan, yuk kita hitung bagaimana tingkat keiritan si bebek super ini dengan ritme riding yang sudah Elang ceritakan tadi.

Pengisian kembali 0.62 liter
Pengisian kembali 0.62 liter
Pengisian ulang 0.62 liter
Pengisian ulang 0.62 liter

Kilometer awal: 412 km
Kilometer akhir: 449 km
Jarak tempuh: 37 km
Jumlah pengisian BBM kembali full: 0.62 liter

Tingkat FC= 37km / 0.62 liter = 59.67km/liter

Gilak, ini motor kencang tapi iritnya nampol bener, NJMX gak ada apa-apanya kalau begini. Lagi-lagi Elang dengan mindset touring rider merasa MX King ini cocok banget buat touring antar kota antar provinsi, dengan kemampuan jelajah sekali isi bisa 200km lebih alamat gak usah sering mampir-mampir SPBU nih.

Yup sudah pecah rasa penasaran Elang tentang keiritan Jupiter MX King, gilak hampir 60km/liter dengan gaya pengendaraan yang normal. Punya motor 150cc yang kencang tapi irit poll khas SOHC overstroke itu memang sesuatu banget.

Monggo mas bro dikomentari, semoga bermanfaat.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

25 KOMENTAR

  1. Cobain gunung batu dah, lebih dekat dr cikeas, dr pada ke bukit pelangi kalo cuma pingin tanjakan…
    Bukit pelangi, motor 110 aja gampang melibasnya. Jalurnya ga menantang, gigi 1 ga kepake.
    Megapro, vario125, beat, shooter biasa lewat situ buat alternatif kepuncak…

    Gunung batu- jonggol, banyak tanjakan lebih dr 25derajat dan tusuk sate… Salah tarik gas, motor malah jatuh akibat wheelie….

  2. Ooo bawa pasangan… Memang lebih asik sih… Awas d gadog macet. Ane kemarin baru lewat sana, terutama sampai taman safari, banyak bus pariwisata sekolahan….

    Sskali cobain gunung batu, ane udah nyobain pk shooter naikk gunung batu sama istri… Gg satu mesti zig-zag… Kalo bukit pelangi pk shooter, gg 1 ga kepake…. Lancar jaya…..

    Cuacanya indah, dingin kaya di puncak, dan wangi cendana….. Kayanya lewat hutan cendana tuh…

  3. Edyaaan, irite nampoooolll,,ane jadi tambah kesengsem sama ni bebek super bang,,btw masih inget ane kan bang? Ane juga NJMX 135 rider hehe

  4. Kalau menurut fuel consumption on speedo per 100km berapa om ?
    punya saya km baru 100 cuma dapet 2.4 liter / 100km = 41km/litter

  5. susah nggak ya klo mau nyari rondonya? jadi pengen tapi males klo musti new en pakai nama sendiri…yg lain sdh ada 3 pakai nama sendiri…
    mslhnya klo jual yg lama suka tdk segera dimutasi meski sdh lapor jual/pindah tangan ke samsat…ruwet urusane

  6. makasih referensinya. saya sedang bingung pilh mx king atau sonic 150 .untuk gantikan tiger 2007 ku.tujuan motor untuk kerja bisa angkut angkut.bukan lagi touring.jadi cari motor yang lebih irit dan simpel.

  7. Saya punya mxking 4-2015, bbm = pertamax terus,, pemakaian sehari2, kombinasi macet dan lancar, kadang pelan kadang kenceng, shifting di kisaran 4000-6000,, kebanyakan di 5000rpm. Kecuali keburu2 banget saya shifting di 7000rpm, itupun jarang banget. Saya hitung pake metode full to full (walo ga sampe habis, lampu indikator E kedip2, asal cukup buat ke POM) saya hitung cuman dapet 40-45km/liter… Dipake boncengan sama istri juga dapetnya segitu. Paling banter 70kpj kalo pas jalanan sepi (gigi 5),,, kecepatan rata2 40-50kpj…. Saya rasa seimbang dengan cc besar + power besar juga, dapetnya 1Lt:40-45km…. Kalo perbandingan sama motor saya yg dulu dgn pemakaian sama (HSX 125 helm in Injeksi) jelas kalah irit, bisa 1:50 dgn pemakaian yg sama,, diajak touring pernah dapet 1:60 (mlg-blitar PP, bensin sisa dikit, saya isi 3 liter, setelah touring sisa bensin seperti awal sblm isi bensin, mixing premium 20rb & pertamax10rb)….

    Kalo touring pake mxking dr sby ke mlg dgn pemakaian sama seperti diatas (shifting di 4500, maks 60kpj) dapetnya juga 1:45….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here