Mereview kembali umur pakai kanvas ori disk brake New Jupiter MX

RDB NJMX

Salam sejuta umat, sobat sekalian hari ini Elang sempatkan mampir kembali ke bengkel resmi Yamaha guna mengganti kanvas rem cakram depan dan belakang.Sepengetahuan Elang berdasarkan pengalaman perawatan selama ini umur kanvas ori RDB NJMX rata-rata 9000km ganti, dan untuk kanvas cakram depan bisa jauh lebih awet rata-rata 24.000an km.Seiring pemakaian, piringan cakram keduanya pun sudah mengalami penggantian, tentu dengan cakram ori Yamaha. Dengan sudah pakai part ori, tentu asumsi umur pakai kanvas ori selanjutnya gak bakal jauh beda donk dengan pencapaian sebelumnya..

Nah saat yang mengherankan itupun tiba, saat minggu lalu Elang mendapati kanvas ori RDB MX Strada kok sudah menipis mau habis, coba cek ke catatan riwayat mx strada disini, Elang sedikit tercengang. Penggantian terakhir kanvas RDB kemarin adalah saat kilometer81.623km, dan kini Elang cek kembali kilometer di speedo baru menunjukkan 88.488km, itu artinya umur kanvas baru 6800an kilometer atau genapkanlah menjadi 7.000km. Wow, seboros itukah part ori kanvas RDB NJMX? Padahal jika mengingat gaya riding Elang terhadap MX Strada tidak ada yangberubah, walau cenderung lebih sering highspeed 80-100kpj, namun kebiasaan ini bukanlah baru tapi sudah sejak dari MX umur 1000km.

kanvas cakram njmx

Keheranan Elang tidak berhenti sampai disitu saja, mencoba mengintip kanvas depan MX Strada, ternyata kondisinya juga relatif sama sudah menipis mendekati habis. Kembali Elang buka catatan penggantian terakhir kanvas cakram depan kapan. Ternyata terakhir penggantian adalah saat kilometer74.090km, sedangkan kini di speedometer baru menunjukkan jarak tempuh 88.488km itu artinya umur kanvas baru 14.398km. Sekali lagi wow, kemana pencapaian umur pakai yang sanggup hingga 24.000km terdahulu, hampir selisih 10.000kmumur kanvas depan lebih cepat penggantiannya. Sekali lagi padahal tidak ada yang berubah dengan gaya berkendara atau perawatan kebersihan motor selama ini.

MX Strada

Melihat fakta ini Elang jadi geleng-geleng kepala, kalau ditanya masalah performa kepakeman memang iya Elang akui NJMX sangat pakem. Tapi kalau umur pakai sesingkat ini yo kokrasanya ada yang mengganjal di hati. Apakah ada penurunan kualitas kekuatan kanvas NJMX? Kanvas RDB dari yang kebiasaannya mampu 9.000km kini berkurang hanya mampu hingga 7.000km, begitu juga kanvas cakram depan NJMX yang sebelumnya mampu berumur 24.000km lebih kini hanya mampu hingga 14.000an kilometer. Perkara ini ada baiknya Elang sampaikan ke petinggi YIMM yang bertanggung jawab untuk urusan QC atau produksi, Elang ingin tau secara persisnya gimana penjelasan teknis hingga umur kanvas cakram NJMX begitu singkatnya (khususnya untuk RDB). Elang sebagai konsumen langsung yang memakai sudah membuktikannya dengan kenyataan di lapangan. Bagi mas bro penunggang NJMX lainnya, monggo share pencapaian masa pakai kanvas cakram ori motornya masing-masing, mudah-mudahan bisa menjadi bahan tambahan untuk saya diskusikan dengan Yamaha.

14 Komentar

  1. salam kenal om..ane makek njmx 2011 jg..
    Kampas rem depan udh 2xganti pakek yg ori..belakang br ganti 1x pakek aspira..skrg udh KM 38.000.
    Kalo ane sih lebih sering makek rem depan..belakang cm mbantu..ngikut instruksi bang haji tmc..
    Kalo diitung,kampas depan ganti wktu 20.000km..kalo belakang br 25.000km tak ganti

  2. masbro bisa putar pakai tangan kelancaran putaran roda depan – belakang dengan standart tengah lancar ga..kalau peret ya kampas rem ke gesek kaliper-piston..kuras dan mengganti minyak rem..

  3. adik ane punya new mx 2012 ga sampe 8000 km depan belakang kalau yg ori mas…sekarang depannya pake federal umurnya 15ribuan km..belakang pake punya satria FU lumayan awet,udah 10000km masih tebal..pengereman ga kalah ama yg ori 🙂

  4. punyaku njmx 2013 sekarang udh km 8700 blm ganti, soalnya jarang pake pd kecepatan tinggi..yg jd masalah rantai terlalu cepat kendor, pdhal jarang dilumasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*