Riding quality MX Strada lagi buruk aka lagi sakit :)

MX Strada

Salam sejuta umat, hadeuh lama gak update blog malah ngurusin blog tetangga yang perlu perhatian khusus 😀 Well, kali ini Elang mo cerita unek-unek si MX Strada yang boleh dibilang sebulan ini mulai banyak jajannya. Nampaknya motor kalau sudah umur +/- 3 tahun ya memang mulai rewel berbagai spare part sudah umur dan minta perhatian. Elang termasuk tipikal biker yang ogah buru-buru ganti part kalau dinilai masih mampu dipakai hingga bener-bener rusak alias dipaksa sampai batas limit kemampuan spare part 😀 Contoh paling terlihat yo monggo liat aja piringan disk belakang MX Strada sudah tipis tenan tapi yo nggak diganti-ganti. Singkat kata ternyata efek dari kesemua itu (penundaan beberapa spare part yang harusnya diganti) mengakibatkan riding quality MX Strada saat ini menurun drastis..ya wajar.

Mulai dari sokbreaker belakang yang dirasa bantingannya sudah gak seperti dulu lagi, sebenarnya sejak 50.000km kemarin sudah mulai terasa gak nyamannya. Asal dipakai rebah mulai geal geol, dipakai di jalanan gak rata juga mental mentul gak keruan. Gak tau kenapa Elang masih males ganti karena ada niat semuanya dikumpulkan dulu, diganti nanti saat mendekati hajatan long touring aja (Jakarta – Medan).

Next piringan cakram belakang yang kemakan, sudah sejak lama juga piringan kemakan dan kini semakin tipis, memang untuk pengereman sih masih lumayan pakem, tapi gak nyamannya ya itu gerak roda belakang udah gak lancar lagi, rada seret kalau dibilang. Ini juga sama next penggantian sekalian aja kalau sudah dekat hari H.

Belum service besar, nah sektor satu ini juga termasuk yang Elang paksakan hingga kini belum diservis besar padahal jarak tempuh sudah hampir 75.000km, alhasil sudah mulai terasa dan terdengar suara-suara rantai klep (keteng) yang berisik. Untuk tarikan dan top speed sih belum berubah signifikan, tapi suara berisik rantai klepnya itu yang bikin kurang nyaman.

Ban belakang, kondisinya saat ini juga sudah botak, terasa banget buat pengereman sudah gak mengigit ke aspal, apalagi kalau di aspal basah karena hujan udah gak berani senekat dulu, ada niat kembali pakai Corsa S123 100/80-17 kembali, karena nampaknya ban ini paling pas dipakai MX Strada.

Nah yang terakhir puncak ketidaknyamanan mengendarai MX Strada beberapa hari kemarin merasakan kok asal berakselerasi di gigi 2 dan 3 suka mis, seperti rantai kendor. Lagi enak-enaknya ngegas tiba-tiba rantai bersuara cetekkk..waduh serem bro sis. Cek rantai masih cukup kencang gak ada indikasi kendor, tapi karena berangkat pagi pulang malam terus gak ada waktu untuk cek lebih jauh. Kemarin sempat-sempatin mampir ke bengkel biasa untuk cek rantai, begitu Elang lihat ternyata titik masalah ada pada laher (bearing) gear roda belakang. Begitu dibuka waduh pada merotolin bola pelurunya (mis), akhirnya langsung beli bearing penggantinya walau bukan ori. Lagi-lagi Elang ketemu merk KGW (baca kagawa), harga 35rb. Setelah dipasang alhamdulillah sejauh ini tidak menemukan lagi gejala cetekk pada saat berakselerasi di gigi 2 & 3.

Last bulan Desember diperkirakan bulan dimana MX Strada jajannya paling besar untuk persiapan long touring. Apa aja yang nanti diganti dan biaya yang keluar akan Elang coba buat catatannya disini. Monggo sobat sekalian penunggang NJMX, apa saja yang sudah minta jajan di NJMXnya, sharing kesini dong 🙂

21 Komentar

  1. Alhamdulillah sudah setahun saya pakai NJMX. Sejauh ini baru ganti aki, lampu depan. Sepertinya baru itu. Dan Ahlamdulillah juga, selama setahun ban belakang baru sekali kempes (kena paku). Mungkin karena rute kerja saya yang jalannya selalu bagus (kalimalang, cawang, pancoran, gatotsubroto, lalu gatot subroto, tendean, pancoran, cawang, kalimalang).

    Kebetulan pagi ini cawang pancoran jalanan kosong, saya geber kuda besiku, kok hanya kecepatannya 100 ya, apakah rutenya kurang panjang?

  2. gunakan selalu yamaha genuine parts mas bro,,waktu ganti piringan depan katany kanvart kw2 ya sebelumnya? aq alamin divixion,ganti kanvas 25ribu padahal aslinya 75ribu.efeknya ga sepakem ori,dan piringan rem kemakan.oh ya waktu itu ane sempet nguntit mas bro Elang,didket club ade rai cibubur.salam dari vixion hitam b 6170 esg

  3. Wah berat jg ia om Elang,,

    clu saya sih slama satu taun ini,, bru ganti lampu sama kampas doang,,

    oia om Elang,, punya saya jg kdang suka bunyi tuh rantai.. Tp stelan fah kenceng,, apa klu sok blakang di,tinggiin ngaruh,,,??

    salam satu aspal..
    NJMX srtada

  4. alhamdulillah motor aq udah setahun (tepatnya bulan 10) sekali ganti kampas rem blakang dengan punya shogun sp.soalnya pernah tanya2 sama penunggang NJMX setahun bisa 3x ganti klo pake ori.mungkin karna lembek atau gimana gt,kurang ngerti jg deh.
    Dan pernah mengalami baut selek pada karburator,katanya sh baut setelan anginnya..keras ga bisa di puter dan akhinya selek.. sempet bubut buat lepasin bautnya dan ganti baut +…

  5. Baru ganti kampas blkng saja pake punya satria fu. Plug n play, lebih awet drpada punya mx. Pakem sama dgn mx. Km ganti kmpas 10rban km. skrg kmpas fu awet sampe 22rban km

  6. njmx sy sdh 2 tahun sdh ganti ban dpn-blkng,dan kampas rem.hebatnya aki masih siip/blm soak (semoga heheh)…cuma ada suara berisik di sektor gir dan rantai…apa perlu di ganti ya???…oh iya kmrn om Elang ada proyek dgn lek iwan ya xixixixi….moga sukses deh…

  7. Wah kalo di mx yg lama ga pernah nemu kaya gitu asal rutin cek paling masalah kendor rantai kalo ga kampas kopling yg abis maklum ganti mesin alias naik cc pokonya pas ganti aji gile dah para pecinta MX

  8. Ikut share ah, x aja ada solusi.

    Saya pny NJMX 2013 tepat’a bulan 02, akhir2 ini knalpot sering berasap putih bau oli kebakar. Hal itu tjd kalo motor hbs b’henti lama, t’utama pagi hari saat motor start up, yg ini asapnya bnyk. Wlp asap itu hilang sndr, tp te2p aja ada rasa kuatir. Sbg catatan NJMX sy baru jalan 4900an km, oli yamalube sport.

    Pertanyaan’a apakah itu msh wajar, trs apa perlu secepat’a d bawa k beres, mumpung msh servis gratis ? ? ?

    Bagi teman2 yg mau ngasih solusi ato jawaban, sy ucapin terima kasih.

  9. @Anak Rant0 – gak wajar itu om,biasanya kalo keluar asap putih waktu pagi/berhenti lama masalahnya ada di seal klep yang bocor.hati2 ntar volume oli berkurang,buruan diklaim ke beres ajah..

  10. Mas, mx punyaku sama dengan mas warna hijau. Klo belok seperti ga mnurut perintah setangnya mas, ga enak pokoknya. Padahal selama ini jarang sekali dibawa ke jalan rusak. Knp ya mas?

  11. curhat dan minta solusi nih gan,,,

    Mx Q warna yg sama dengan mx strada, keluaran 2013.
    masalah yang telah di alami:
    1. keluarnya asap putih saat motor habis di cuci atau sedang di panasin, atau sehabis di pakek di jalanan yang curam dan menanjak.
    2. sejauh ini kampas rem belakang telah ganti 2X, dan kayaknya pengereman belakang jadi kurang pakem. nah kampas depan malah blum ganti sama sekali, dan pengereman masih aye.
    3. oli selamat ini pakek enduro racing 4T. servis rutin 2 bulan sekali dengan jarak tempuh perhari 30km.
    mohon bantuannya atas hal yg kurang.. terutama motor yg berasap soalnya saya sudah bawa ke beres jawabannya simple,, gpp.

  12. Kalo asap putih ada 2 hal
    1. Oli masik ruang bakar
    Coba bejek gas lebih dalam kalo Memang masih keluar asap putinh dan berbau sagit oli berarti itu ring piston emang bocor atau kemungkinan lainnya

    2. Pemasukan antara bensin dan udara kurang pas atau terlalu banyak bensin yg masuk ruang bakar coba bejek gas lebih dalam keluar asap hitam atau tidak kalo keluar asap hitam berarti kebanyakan bensin dan lebih sedijkit udara yg masik ruang bakar dan kalo tidak kaluar asap hitam dan berbau sangit berarti kebanyakan udara dr pada bensin

    Yg pas boleh keluar asap hitam tp tidak terlalu bnyak kalo terlalu banyak bisa memper pendek usia kantong dan busi
    Sekian dan terimakasih.

  13. Saya pelajar sma pakai njmx 2013 bulan 2 km 25.000an
    Saya sudah ganti ban depan 80/90, corsa s123 dan belakang 120/70
    Nah kok pas ngerebah ban belakang slide terus ya, apakah ban belakang saya terlalu besar?

    • Yuuups kbesaran gan yg blakang. Maksimal naik satu tingkat 110/70 atau 100/80. Klo dah d atas itu, sudah tdk enak d bawa lari. Klo utk gaya sih ga apa2 gan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*