2 tahun bersama braket Box buatan Ratu Cantik Motor

Braket Box

Well, kali ini Elang coba ulas review aksesoris braket box custom ala bengkel Ratu Cantik Motor ada di Lenteng Agung. Tepatnya usia braket custom ini sudah 2 tahun lebih karena Elang pasang pada Februari 2011 saat plat nomor MX Strada baru turun. Jadi MX Strada dari baru (2 minggu turun dari dealer) langsung sudah dipasang box Givi E33.

Awalnya dulu Elang gak kepikiran ingin pasang box Givi E33, karena rencana awal pengen cari box murah aja buat menyimpan jas hujan dan toolkit standar. Cari-cari keliling toko aksesoris sekitaran Cibubur waktu itu udah mantep pilihan ke box KMI ukuran kalau gak salah dulu cuman 26 liter. Nah saat si empunya toko mulai menawarkan braket aftermarket yang biasa untuk Jupiter MX (old MX) satu per satu braket dicoba pasangkan tapi tak ada satupun yang cocok dengan dudukan baut New Jupiter MX. Walah sangking masih barunya NJMX waktu itu, di toko-toko aksesoris belum siap/belum tersedia braket box ini.

Sudah keliling-keliling beberapa toko lain tetap nihil (memang belum ada barangnya). Yo wis akhirnya Elang membatalkan pembelian box KMI dan mulai putus asa, karena dari rumah udah ngebet pulang harus sudah pake Box 😀

Lanjut muter-muter ke Kelapa Dua hingga sampai ke Lenteng Agung Elang samperi salah satu toko aksesoris motor, melihat penampakan depan toko yang banyak pilihan Box digelar Elang pun niat masuk. Toko itu bernama Ratu Cantik Motor, yang punya kalau gak salah namanya Mas Didi owner Ninja merah yang motornya selalu dipajang di toko buat penglaris mungkin 😀 Singkat cerita Elang pun mengutarakan kebutuhannya ingin beli Box. Ternyata toko ini gak menyediakan Box lain selain brand Givi. Hm..nanya E20 waktu itu harganya 400an, sudah mantap ke pilihan ini, tapi empunya toko berhasil meracuni Elang untuk menggunakan Givi seri E33 (33 liter) Yo wis Elang pun mengiyakan aja karena sepertinya mas Didi ini udah piawai masalah beginian.

Braket Box

Saat itu Elang dari awal masuk ke toko memang melihat di toko sekaligus bengkel tersebut spesialis membuat braket box custom. Tanya-tanya berapa harganya ternyata lumayan mahel 2x lipat dari braket yang ada di pasaran. Mas Didi kasih tau untuk model statis 300rb, sedangkan model geser 350rb. Mas Didi berhasil meyakinkan Elang kalau braket buatannya lebih kuat sebab plat lebih tebal dan kualitas lasnya juga beda (hm..Elang gak nanya detail perbedaan lasnya waktu itu). Mas Didi pun berujar kalau braket-braket aftermarket lain di pasar kebanyakan setelah 1 tahun pakai biasanya braket bengkok sehingga box terlihat turun ke bawah (apa ya istilahnya, kayak klewer-klewer gitu). Hal itu disebabkan braket sudah berkurang kemampuannya menahan beban box. Terakhir mas Didi berwasiat (halah) braket ini garansinya ampe bosen, gak akan ganti kecuali bosen 😀

Memang benar, terbukti dari impresi pakai selama 2 tahun ini braketnya tetap kokoh, tangguh diajak bermanuver kecepatan tinggi padahal box setiap harinya dimuati beban melebihi batas maksimal yang disarankan buku manual (3kg). Bisa 6 kiloan mungkin, laptop, toolkit, jas hujan tersimpan sempurna di box Givi E33. Ternyata benar juga seandainya dulu Elang kekeh ambil yang E26 gak bakalan masuk ini tas laptop dan jas hujan dalam satu paket. Sepertinya untuk ukuran bebek memang ideal E33, pas ke body MX yang sedikit semok. Kalau udah profesional yang kesehariannya ngurusin orderan box dan braket, Elang percaya aja deh sarannya (bathin Elang). Ohya ciri khas braket buatan mas Didi ini adalah bentuk penampang dudukan box yang berbentuk kotak, berbeda dengan model lain yang umumnya hanya plat berbentuk oval.

Last setelah 2 tahun bersama ini Elang jujur merasa puas dengan braket kreasi bengkel Ratu Cantik Motor. Rekan blogger lainMas Didik juga pakai di Pulsar 200-nya. Terbukti sangking kokoh dan banternya Elang gak pernah copot Box motornya sejak dipasang baru. Karena bener-bener terasa bener manfaat keberadaan box ini untuk bawa-bawa barang + nambah wibawa sedikit MX Strada di jalanan…wkwkwk..kaburr ah 😀 Yang Elang suka juga dari braket custom RCM, kabel kelistrikannya terpasang rapi tidak seliweran seperti Elang lihat di motor-motor lain kebanyakan. Monggo bagi bro sis yang ingin pasang Box sekalian braket custom yang banter tenan bisa ke Ratu Cantik Motor di Lenteng Agung sebelum pertigaan Kelapa Dua.

Artikel terkait

http://wp.sejutaumat.com/2011/07/21/pasang-box-givi-e33-di-new-jupiter-mx/

UPDATE:
Per 2019 Ratu Cantik Motor sudah pindah/tutup

Ratu Cantik Motor
Jl. Raya Lenteng Agung No. 26A
Jakarta Selatan Telp. 021-7870219

Braket Box

Braket Box

Braket Box

22 Komentar

    • yup cukup rapi terutama hasil las dan perkabelannya, kalau dari arah Pasar Minggu sebelah kiri jalan, 200 meter sebelum pertigaan ke kiri Kelapa Dua, lurus ke Margonda Depok.

  1. yang punya naek ninin warna merah pake box belakang, box kanan+kiri, rambutnya gondrong keriting hihihihi sering liat si owner :p

  2. Baru pasang GIVI E16NS di PCX ku, sebenarnya bukan penyuka ‘magic jar’ tapi karena sangkutan helm di PCX modelnya mesti pake sling yg bikin helm melorot ke bawah dan rawan gores body akhirnya pake box juga. Cuma rada aneh sama mental penjual box kok demen bener ya minta kita pilih box yg lebih gede? Emang sih keuntungan penjual jadi lebih banyak tapi estetis motor kan jadi terganggu kalau box-nya kegedean….

  3. Untungnya box nya tidak terlalu besar mas.
    Karena saya lihat dari gambar dudukan bracketnya kecil tidak sesuai dengan baseplate bawaan givi. Mungkin buat yang mau pesan/order bisa minta ukuran bracketnya disamakan dengan Baseplate box nya

  4. Gan ane mau tanya dong, total agan masang bracket+box gitu berapa ya?
    soalnya ane juga mau pasang dimotor ane, kebetulan motor ane jupiter mx 2009 gan.
    ane juga sering lewat Ratu Cantik Motor yang diklapa dua tiap kuliah.
    hahaha

    • kalau hanya masang Top Box sebenernya tidak terlalu signifikan (dirasakan) untuk performa motor, buktinya MX Strada dengan atau tanpa box raihan top speed tetap sama dengan tarikan tetap galak. kuncinya pasang top box itu di braket, braketnya harus kuat dan kokoh dan ukuran box jangan terlalu kebesaran dari body motor.

      Givi E33 (33 liter) sudah paling pas maksimal box yang bisa dipasang di motor bebek, kalau NMP mungkin kapasitas 42 liter masih pantes.

  5. mas nanya donk, ini braket RCM ready stock atau harus kesana bawa motornya ya?

    saya lagi nyari braket box baru nih, soanya braket lama saya retak dibagian lubang baut behelnya 🙁

  6. Mas Elang., mau nanya nih..
    Saya pasang box Shad SH40 di njmx bracket DAHS kayanya lokal pasangan box shad..
    Kok stangnya berasa ngegodeg ya mas, berasa berat gitu:(
    Apa bracketnya yg kurang bagus ato gimana yah,? Mohon infonya masbro
    Terimakasih sebelumnya 🙂

  7. Dulu gue juga pernah bikin di ditu gan,asli kwalitasnya mantap bgt,

    Pas lagi ane copot .simpam di depn rumah .ilang gan ada yg embat,

    Btw mereka RCm pindah kemana ya,,??

    Mau bikin lagi
    Semoga masih ada tokonya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*