Apa yang puas dari NJMX setelah 60.000km?

MX Strada

Well tak terasa sudah 2 tahun 1 bulan MX Strada menemani aktivitas transportasi keseharian EYD. Menerobos kemacetan kota Jakarta di waktu pagi dan sore hari pulang kerja. Sebulan sekali melakukan solo mini touring ke Purwakarta, Bandung, Puncak. Alhamdulillah sejauh ini MX Strada tetap tangguh menjalani beban perjalanan yang dilakoni.

Kini jarak tempuh yang diraih tercatat di odometer sudah menginjak 60.000km. Sebuah angka batas psikologis yang bisa dibilang sudah capek alias motor capek. Dari pencapaian ini EYD mo share beberapa hal yang memuaskan selama menggunakan NJMX sejauh ini. Berikut beberapa point yang bisa EYD ulas.

njmx 60.000 km

Pertama adalah sektor mesin, ternyata baik generasi old MX dengan generasi NJMX sekarang mesinnya benar-benar tangguh teruji gak rewel dan aneh-aneh. Ini terbukti dengan gaya berkendara EYD yang suka high rpm hingga batas RPM tercekik saat ketemu jalanan kosong namun engine MX seolah hayuk saja diajak disiksa kayak apapun. Bagi yang doyan speed freak dan tarik-tarikan bebek standar NJMX dengan akselerasi badak adalah pilihan tepat buat mas bro bertipikil high speed. Walau aslinya adalah motor 4 tak tapi kalau diajak tarik-tarikan sensasi garangnya mirip-mirip 2 tak. Boleh dikatakan akselerasi NJMX cukup ganas untuk ukuran bebek sekelasnya.

Untuk pencapaian top speed MX Strada termasuk salah satu NJMX yang sanggup berlari 120kph di jalanan. Bagi EYD dengan performa top speed segitu sudah cukup puas. Motor diajak berlari 110kph-120kph tetap stabil dan punya aura sensasi yang sesuatu banget saat motor sedang dipacu jarum speedo menunjuk angka 110-120kph. Bagi motor batangan speed tersebut sih biasa, tapi sensasinya akan beda jika berada di atas MX Strada 😀

Sejauh ini MX Strada belum di service besar, salah satu alasannya itu tadi dari segi performa dan kinerja mesin belum menunjukkan adanya penurunan. Mindset EYD perihal service besar, kalau performa belum turun dan tidak ada gejala knalpot mengeluarkan asap putih, ogah deh mesin kesayangan dibongkar human. EYD lebih percaya kualitas perakitan mesin pertama kali yang dibantu sebagian oleh mesin/robot ketimbang pekerjaan mekanik bengkel. EYD paling anti melihat rembesan oli di area mesin. So untuk urusan service besar nanti-nanti dululah, nilai plus EYD berikan buat si MX Strada yang sudah sejauh ini belum perlu diservice besar.

Berikutnya untuk komponen bearing roda, sudah sejauh ini belum menunjukkan kendala oblak baik bearing roda depan maupun belakang. Untuk hal ini EYD  juga cukup geleng-geleng kepala, pengalaman old MX dulu saat 30.000km harus sudah ganti bearing. Tapi hal ini kenapa tidak terjadi di MX Strada.

top speed njmx gps

Selanjutnya untuk part kabel speedometer, ini juga herannya lah kok awet tenan, sudah sejauh ini jarak tempuh NJMX tapi belum putus-putus juga. Dan akurasi speedometer MX juga tidak banyak perubahan dibandingkan sejak baru dulu, top speed 117kpj yang pernah EYD pantengi, di GPS Android terekam 111kpj, cuman selisih 6kpj, mantep.

Berikutnya sistem kelistrikan, mulai dari Aki, lampu-lampu indikator dan sensor semuanya masih bekerja dengan baik. Tak ada satu komponen pun yang berkurang atau malfunction, kecuali handle grip belakang yang dicopot diganti dengan braket box Givi E33, sisanya standar abis bro sis.

Sebenarnya banyak yang ingin EYD sharing tapi dilihat kok artikel mulai panjang ya, hm..disambung next artikel aja bro sis. Untuk sementara silahkan dikomentari bro sis, semoga bermanfaat.

44 Komentar

  1. om, mx sy yg merah maroon..rencananya mau sy ganti ban tubeles soalnya pelek belakang lebar…kalo ada apa2 sulit di jalan…maklum sy sering pulang malam….om endrik ada masukan gak ban depan/belakang tubeless yg mumpuni di segala cuaca dan asik buat top speed…….makasih sebelumnya
    salam dari bali…….

    • Corsa S123 & FDR Genzi yang EYD pakai mungkin bisa jadi pilihan, Genzi yang banyak bilang licin ternyata setelah dipakai lama sudah gak ada gejala licin lagi, makin OK buat top speed.

      btw untuk ukuran usahakan tetap 100/70-17, kalau lebaran dikit suka bikin rewel di jalanan

  2. jika dari pabrik dibekali ban tubetype ukuran 110,, bolehkah diganti ban tubless ukuran 120?
    jika tidak boleh, berapa yg ukuran yg dianjurkan untuk ganti ban tubless??
    mohon jawabanya,, 😀

    • Masukan dari saya sih tidak apa” jika ingin mengganti dengan ban yang ukurannya lebih lebar tetapi harus di lihat dahulu ukuran 120 bisa masuk ke swing-arm MX atau tidak dan jika ukuran dinaikkan ada resiko bahan bakar lebih boros dibandingkan memakai ukuran ban yang sama dengan ukuran standartnya. Karena saya sendiri mengganti ban standart mx yang 100/70 dengan ukuran 100/80 Tubeless saja sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dimana awalnya dengan ban standart 1 liternya dapat menempuh 44km setelah mengganti dengan ukuran 100/80 menjadi 38km/liternya.

  3. MANTAB Bro Endrik : )
    Saya termasuk user yang meilih NJMX setelah melihat blognya Bro Endrik. Memang si NJMX ini sangat okei, rangka sasis sangat stabil, plastik bagus, kelistrikan good, mesin termasuk halus yah… menurut saya mirip bunyi mesin masih jauh lebih sunyi dibanding generasi mesin GLnya honda. konsumsi bensin beuhh irit mas bro…1:48 – 50 lah kisaran dibawa dengan speed 50 atau 60 km/jam. Terima kasih Bro untuk catatan NJMXnya. Two thumbs up!!

    • wah gak nyangka blog ini bisa jadi referensi biker dalam menentukan pilihannya ke NJMX

      makasih atensinya atas blog ini mas, EYD masih belum bisa maksimalin nulis di blog setiap hari, lagi high load ngembangi unit usaha baru di kantor

  4. jika dari pabrik dibekali ban tubetype ukuran 110,, bolehkah diganti ban tubless ukuran 120?
    jika tidak boleh, berapa yg ukuran yg dianjurkan untuk ganti ban tubless??
    mohon jawabanya,, 😀

    • weleh, motor apa itu 110 😀

      naik 1 level pada dasarnya sah-sah saja dan bisa kalau cuman buat berkendara normal harian.

      yang EYD maksud di case NJMX naik 110/17 ban jadi rewel itu kalau motor sering diajak high speed, berboncengan pula, seolah lebar velg gak mampu mencengkram tapak ban lebar dengan sempurna, akhirnya bocor alus, bocor, dan bocor lagi.

      • Kalo ban dibelakang gnti yng lebih kecil enaknya ukuran berapa bro endrix…velg tetep pakai standart njmx skrng…biar tambah enteng maksudnya….klo 100/70 bwaan pabrik..kyk kurang angin bawaannya…klo diganti 90/80 bagus gak ya?

  5. Mas, klo pas test top speed di jalan tengah sawah trus kena terpaan angin kok rasanya agak berat ya untuk naik kec. di atas 105 kpj. Kira2 kenapa ya.. apa karena sering pake premium trus ya..Mas Endrik sndiri masih pake pertamax terus ya..

    • Bener juga..EYD ngalami sendiri, ngetes top speed di area sekeliling persawahan malah gagal total…hambatan angin terasa banget, sekalinya dipaksaken malah goyang di kecepatan 110..itu wajar mas mazhar

      • Klo untuk penggantian oli berkala bagaimana mas..? Apakah tetap mengikuti petunjuk 0,94 L atau dimasukkan semua 1 L..? Kalo dipake 0,94 L artinya harus disisakan 60 mL dan kadang2 batas sisa 60 mL kurang terlihat jelas jadinya cuma dikira2 aja..

          • (Di Reply space tulisan jadi makin kecil aja nih.. )
            Dulu pas awal2 masih baru penggantian oli digenapin 1L tetapi perasaan saya kok lama kelamaan akselerasi tidak sekencang pas masih baru..

  6. Kalo ban dibelakang gnti yng lebih kecil enaknya ukuran berapa bro endrixÂ…velg tetep pakai standart njmx skrngÂ…biar tambah enteng maksudnyaÂ….klo 100/70 bwaan pabrik..kyk kurang angin bawaannyaÂ…klo diganti 90/80 bagus gak ya?

    • wah EYD termasuk yang gak sealiran dengan modifikasi mengurangi ukuran ban lebih kecil dari standar. melihat velg lebar NJMX rasanya ban ukuran 90/80 gak bakal klop gigit di bibir velgnya.

      kalau tujuannya mau enteng akselerasi mungkin main di gir saja mas, kalau enteng dalam hal bobot yang dimaksud ntar malah kurang antep di kecepatan tinggi.

  7. Salam kenal mas Endrix, sesama penunggang NJMX! Hehehe…

    NJMX ku 2011 akhir, sekarang km 20rb-an.

    1. Kampas rem cakram belakang cepet banget abisnya, padahal saya lebih berorientasi ke rem depan, km 7rb dah selesai kampasnya.

    2. Pas inreyen tuh motor boros amit (mungkin karena masih baru kali yeee…), tapi pas 8rb-an km dah irit.

    3. Ada yang aneh dengan tuas koplingnya, setelah 10rb km kayak ada yang ngeganjal di sekitar tuas, gak tau ngejelasinya gimana! Hehehe…

    4. Kemudinya terasa berat, pada 15rb-an km, di setel di km 20rb tapi kayaknya terlalu longgar n kalo lewat lubang or gundukan bunyi “tok” tapi dikit.

    5. MX ku warna hitam n kayaknya kualitas warna hitam paling rendah deh di segala merek motor, cepet kusam.

    6. Bodynya manteb secara keseluruhan, anti getar!!! Hehehe…

    7. Oli pake Enduro Racing sejak 2rb km! Oli ditambah tiap 1rb km dan diganti tiap 2rb km. Kalo kebanyakan jalan jauh sering olinya berkurang sekitar 100-200ml.

    8. Pake Carbon Claner tiap ganti oli, n filter oli diganti tiap 10rb km.

    Overall saya puas pake NJMX, kendala terbesar cuma di mesin yang agak kasar aja (dibandingkan Supra X 125 2008 saya tapi selain itu Ajieb!!!

    Salam dari Manado! Hehehe…

  8. wah bentar lagi Old MXku tersalip neh,padahal punyaku 6 tahun 67500KM.hehe

    emang bandel bro MX,MXku juga sama dengan punya bro kondisinya,belum ada gejala turun performa,service besar belum padahal sering pakai premium (tanpa pernah Pertamax)tapi pernah pakai Yamalube carbon cleaner,kabel speedo juga gak putus2,bearing belum ganti.

    mantap deh

  9. Salam…Om,saya numpang numpahin unek2 tentang salah satu beres yamaha di depok.
    Tunggangan sya mx 2011 5 speed.
    Odometer 36.000.
    Singkat kata sy ikutin prosedur tuk di SB di kilometer segitu.
    Si beres matok 300rb wat jasa n paking.
    Lalu ini itu smp total smp 1,2jt an.
    Sy dapet info dari temen2 tuk jasanya sndiri gak sampe sgitu mahal, max 200 dh sm paking. Nah lho….!!
    Sy minta rincian harganya malah di kasih yg tulisan tangan.
    Padahal sy udh bayar lunas semuanya.
    Sy minta printout kwitansi rincian (ad stempel), dia nggak mau ngasih. Kan logikanya beli barang lunas ya hak kita untuk dapet kwitansiny kan!?
    Lalu dari masa yg dijanjikan 2 hari, tiba2 dirubah jadi 1 minggu!!!
    Dongkol….
    N klo ada yg tau, sebenernya klo service besar di beres termasuk belah mesin gak sih?

    Tq om.
    N maaf mungkin dh sdikit nyampah.

    • Kl jok pengendara lumayan empuk.jok pembonceng agak tipis.cuma sok MX rada keras bantingannya.kl gak terbiasa dianggap kurang nyaman.overall gak masalah

  10. kang, ane baru ganti ban belakang NJMX, pake Corsa S123 Tubeless ukuran 90/90-17,
    kemaren mau ganti ukuran 90/80-17 atau 100/80-17, tapi yang ada cuma yang 90/90 itu. Kira2 bermasalah gak ya kang?
    tq

  11. Wuih jangan dibocorin gitu pak, nti orang2 pada beli mx n makin banyak mx seliweran di jalan, nti motor bebek yg laen gak laku lho, kan kesian pabrikan laen 😯 .. (Supra x 125 oe pas uda 50rb km udah ancur mesinnya, pdhl dirawat abis2an pake oli mahal, jarang ngebut. Tapi tetepaja ancur rontok jeroan mesinnya, mulai dari korter 50, kopling aua, terakhir kena setang sehernya, dll. untung udah keburu oe jual..) Kuciwa oe.. Untung skrang naek mx , moga2 awet sampe selamanya 😀

  12. @cell – 36rb km udah servis besar ??? Koq aneh.. Yg pasti klo di bengkel resmi harga / jasa nya lebih mahal, tapi montirnya telaten ga seperti bengkel umum yg murah klo lagi apes malah dirusakin tu motor kita.. Tapi tergantung hockey juga sih, dulu oe pernah servis besar di bengkel ahass tapi hasilnya tetep aja ga sempurna, karena motornya aja juga seken n udah ancur..

  13. @willi
    Gw servis di AHA*S, malah di porotin abis”an isi dompet gw.
    Najies bgt. Udah gt, sparepart bekas kepake dikit dah minta ganti aja. Mending minta ijin sm yg punya motor, ini maen di ganti aja. Gak pake ngmg sm skali. Org cma bawa duit bwt servis biasa, tiba” kelar” di tagih gearset, busi n bohlam baru. Pas di minta barang lamanya, ngakunya dah di buang(padahal mah di umpetin, dasar maling semua tu montir AHAS*). Dari yg di Wah**a pusat, jalan kapten tendean(seberang shell n mbok berek), sampe pajajaran bogor sama aja curangnya. Dah gt tiap x servis disana, baut body pasti ada aja yg hilang, pas di tanya, ngakunya dah ilang dr awal pdhl gw inget bgt tu baut masih ada pas gw dateng. Gw sempet ganti full body set HSX 125 2006, ganti sm body HSX 125 2008, habis 2 juta, tp mau nyambungin lampu senja aja, gak ada tuh kabel meteran. Di haruskan beli kabel body baru, 1,5juta. Gila bener dah. Parah!!
    Kualitas sparepartnya jg gampang ancur. 4 bulan pasti ganti baru. Trus jadwal wajib setelah motor nyentuh 3 tahun, tiap 6 bulan ganti piston set. Body aj cma tahan 1 tahun. Abis itu pecah” semua di bagian sambungan nya.
    Gak lagi” gw pake bebek OondahÂ… Biar klaimnya irit ampe 1L:80Km jg gak akan mau.

  14. Jupiter mx memang tangguh banget,saya juga pengguna njmx,tenangnya dari pertama beli tetap maknyos!,malahan sekarang saya mengganti knalpot ori nya dengan knalpot milik satria fu,hasilnya galak banget

  15. Sya pemilik njmx juga om puass juga yg saya rasakan menggunakannya selama 5 tahun ini yg mana sekarang sudah mencapai 86000km belum saya rasakan gejala yg brrti tentunya dengan perawatan rutin. Sudah 3tahun ini saya gunakan kerja pp 125km.belum juga rasanya ingin berpindah kelain hati.

    • Sip, kl MX Strada skrg sudah 114.000km, belum ada rencana aneh-aneh pindah ke lain hati, malah hati ini udh mantep ingin upgrade blok MX King 150cc 😀

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Conclusion: Puas dengan New Jupiter MX lebih dari 60.000km » Warung Sejutaumat
  2. Puasnya memakai generasi mesin advanced SOHC New Jupiter MX : Warung Sejutaumat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*