Kiat merawat visor Helm kesayangan

Helm INK CL-1

Beuh kayak hewan peliharaan aja pake ‘kesayangan’ segala 😀 tapi memang bener kalau gak sayang gak mungkin semua pernak pernik motor tunggangan akan dirawat. Kali ini Elang coba mengulas tentang kiat merawat kaca visor helm.

Kaca visor pada helm boleh dibilang memiliki fungsi penunjang kenyamanan yang paling utama. Bisa bro sis bayangkan kalau visor berdebu saja rasanya sudah gak nyaman mengenakannya. Kalau bagian lain yang kotor mungkin masih OK-OK saja dan tetap nyaman. Nah terkait kenyamanan ini untuk pembersihan dan perawatan kaca visor perlu mendapat perlakuan khusus menurut Elang.

Pertama dari pengalaman Elang yang sudah-sudah dalam membersihkan kaca helm, karena niatnya membersihkan debu dan kotoran Elang menggunakan kain kanebo yang dibasahi dengan air sabun cuci (sunlight dalam hal ini). Memang bersih namun seiring kebiasaan membersihkan dengan kain lap kanebo lama kelamaan ternyata di permukaan kaca muncul banyak goresan halus. Hm..goresan ini mulai terasa mengganggu saat helm dipakai di musim hujan apalagi saat hujan malam. Intensitas penglihatan jadi berkurang drastis disebabkan kaca helm berembun sangat, hadeuh. So bagi bro sis yang masih kinyis-kinyis helm barunya gak direkomendasikan membersihkan kaca helm dengan kain kanebo.

Kedua saat berkendara ditengah hujan, ataupun selesai turun hujan permukaan kaca visor biasanya lumayan kotor, tak ayal kadang lumpur juga bisa nempel ke visor kalau cara berkendara bro sis cukup agresif ditengah hujan 😀 Nah biasanya nih karena spontanitas kita langsung menyapu kotoran pada permukaan visor dengan sarung tangan. Hal ini juga tidak direkomendasikan bro sis, karena efeknya sama dengan case pertama, bisa menghasilkan baret yang lumayan pada kaca visor helm kesayangan. Baret halus maupun kasar yang ada ini sangat signifikan membuat kaca berembun dan mengurangi kualitas pandangan dikala hujan.

membersihkan kaca helm

Lalu bagamaina seharusnya membersihkan kaca helm yang terbaik. Ternyata solusinya lumayan simpel dan murah meriah bro sis. Tidak perlu dibasahi atau dengan kain basah, cukup mengandalkan tissue wajah terbukti sempurna bisa membersihkan kotoran di permukaan visor tanpa meninggalkan baret. Jika kotoran lumayan tebal seperti tanah nempel, cukup disiram air terlebih dahulu, setelah agak kering baru kemudian dilap dengan tissue wajah tadi. Ini dulu tips dari Elang, jika ada yang punya tips lebih yahud lagi seputar membersihkan kaca helm, monggo ramein di kolom komentar. Semoga bermanfaat 🙂

13 Komentar

  1. Kalau saya disemprot spray wax meguiars, trus lap pakai kain microfiber. Keuntungan pakai wax yaitu tidak bikin gores dan kaca gak berubah jadi kuning kalau lama-kelamaan.

  2. kalau saya:
    pertama pakai kanebo suangat basah, sampai ketes-ketes, he.he.he…
    kedua pakai kanebu bersih, kering
    catatan: jangan tekan dengan kuat
    lebih dari 1 tahun goresan yang ada hanya hasil benturan di parkiran, he.he…

  3. kalau aku sih kaca helm dlepas (KYT RC7) terus drendam d bak air sambil dgoyang2kan (biar debu2 ilang dengan halusnya) baru d usap pakai tangan decara perlahan (masih d dalam bak) setelah merasa bersih baru d lap pakai kain halus biar kering

  4. kaca helm yang sering di lap entah itu kanebo,tissu,atau kain pasti semuanya meninggalkan bekas,apalagi yang menggunakan tekhnologi anti scratch dan anti fog bisa tipis tuh,sebaiknya jangan terlalu sering mengelap visor atau shield pada helm,adapun cara yang benar adalah jika visor/shield helm berlemak dan berdebu sebaiknya di rendam pakai air hangat campur dengan shampo bayi ,kenapa shampoo bayi?,karena shmpoo bayi rata-rata zat yang terkandung adalah netral tidak mengandung unsur kimia yang berbahaya.hanya berfungsi sebagai pembersih.lanjut.!!!!.. tunggulah sampe debu dan lemak/kotoran terpisah dari visor atau shield,setelah debu,kotoran dan lemak terjatuh usaplah menggunakan kain pembersih LCD komputer atau pembersih lensa,karena kain tersebut terbuat dari bahan sintetis yang bersifat lentur dan halus sekali,mengusap visor ketika diluar air rendaman tadi atau setelah kita angkat visornya,setelah di lap bilas menggunakan air yang bersih lalu tiriskan,biarkan kering dengan sendirinya,jangan di jemur di terik matahari,kaca helm atau visor yang baik adalah yang sudah meng aplikasi tekhnolgi anti scratch dan anti fog seperti di KYT dan INK untuk produk lokal,kalo produk luar ada AGV,NOLAN,EXLITE,HJC,SHARK,SUOMY dan lain lain selamat mencoba tips sederhanya semoga bermanfaat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*