Lomba irit 162km/liter Verza rasanya gak kena ke sasaran produk

Econo Riding Honda Verza

Masih menanggapi fenomena pemberitaan di berbagai media atas torehan hasil lomba irit Honda Verza 150 yang berhasil mencapai angka 162km per liter EYD sedikit ingin menyoroti apa sih makna dari lomba irit ini sebenarnya. Jujur secara simpel EYD berpendapat tak perlu adanya lomba irit-iritan aka econo mode toh percuma saja berapapun nilai setinggi-tingginya konsumsi BBM yang diperoleh itu tidak bisa menggambarkan keadaan real di lapangan bagi konsumen, alias gak ada manfaatnya sama sekali.

Jika ada yang bisa menjelaskan manfaat dari pemberitaan hasil lomba irit monggo apa kira-kira manfaatnya, EYD pengen tau aja. Apakah hanya untuk alat marketing yang kemudian dipajang di brosur-brosur produk? EYD jadi ingat dulu kasus Honda Beat Karbu yang diklaim sanggup 73km per liter dengan dibubuhi tanda bintang (*). Jelas ini jadi boomerang bagi pabrikan sendiri karena pasca itu konsumen jadi rame berteriak kok konsumsi BBM gak sesuai harapan dan klaim produk. Untungnya beberapa blogger mencoba menjelaskan duduk perkaranya, menyampaikan kepada pembaca yang notabene mungkin konsumen dan calon konsumen bahwa itu adalah angka yang dicapai dengan metode econo, dipastikan motor hanya diajak lari konstan dibawah 30km per jam dengan bukaan gas sangat-sangat kecil.

Cobalah dipikirkan kembali untuk para pabrikan dimana letak manfaatnya pemberitaan nilai FC dari lomba irit ini kalau gak bisa dirasakan secara real oleh konsumen nanti. Sekali lagi kalau hanya sebagai alat marketing sepertinya di era keterbukaan informasi sekarang konsumen sudah cukup pintar menggali informasi. Tak mempan konsumen diiming-imingi nilai keiritan motor jika itu ternyata mengambil dari metode lomba irit.

Logikanya naik motor itu harusnya lebih cepat dari kecepatan bersepeda, bersepeda saja bisa lari 40km per jam, mosok kita yang naik motor larinya harus disuruh sama atau bahkan lebih lambat dari sepeda (ini ketentuan kecepatan dari syarat dan ketentuan berlaku dari FC yang digembor-gemborkan itu). Bukannya EYD menyepelekan kredibilitas media yang mendeclare angka tersebut, tapi buat perbandingan saja temen-temen blogger saat test Honda Beat (walau matic) angka fantastis perolehan yang dicapai hanya mampu 71km/liter, itu lomba irit juga loh.

Last daripada pabrikan mengeluarkan effort yang besar untuk mengundang para media mengadakan event lomba irit, mending buat pengembangan produk ke arah yang lebih baik. Dalam konteks Honda Verza sudah cukuplah klaim pabrikan mengatakan konsumsi BBMnya 48km/liter, tidak perlu lagi digeber terus sosialisasi bahwa Verza itu irit dengan lomba irit yang mana ternyata hasil pemberitaannya yang menurut EYD gak masuk akal (162km/liter) itu malah bisa berimbas negatif ke image pabrikan. Yang semestinya digembar-gemborkan untuk si Verza ini adalah sisi ketangguhannya atas image motor heavy duty buat operasional di daerah. Gimana tarikannya menghadapi tanjakan dan kekuatan suspensinya mengangkut-angkut barang.

– from E.Y.D share

11 Komentar

  1. Harap dimaklum bro! Imej irinya Honda kan sudah kegeser sama Suzuki dan Yamaha. Maticnya kalah irit sama Next dan MioJ. Bebeknya NHB kalah irit sama Z1. Sport NMP dan CB150R nya kalah irit sama Vixion dan NVL ….. Satu-satunya cara promosi ngembaliin imej, ya…. begitu tu tu !!! MESTINYA MOTOR DITEST SESUAI PERUNTUKANNYA ….

    • Wah2 si sales yamaha lagi ber koar2 ni..
      uda sering liat si blade-in ini komen, sukanya muja yamaha dan bc honda..
      komentnya sesat, cendrung penggiringan opini, mau bukti:
      beat fi kalah irit dari mio j??mosook???yang ada konsumsi 11-12 tapi power beat fi SIGNIFIKAN lebih tinggi dari mio j !!!..irit hampir sama dg power lebih gede jelas menang beat fi valuenya
      NHB kalah dari z1??? helllooooow..teknologi pengabutan bbm nya beda boz !! z1 dah injeksi makanya lebih efisien tetapi tetap aja iritnya ga lebih dar 3 km/liter lebih irit dari nhb..intinya gak kerasa, performa juga cuma unggul TIPIS ni z1,,tapi harganya, WAH z1 gua akuin jauh semakin di depan alias cekik leher konsumen..z1 15 jt vs nhb 14 jt?? WTF !!!
      CB150R vs NVL kalah irit??wah kalah iritnya cuma 1-2 kml an aja cuy, tapi performa dohc nya apa bisa didapet dari nvl??oke anggep top speed hampir sama..tapi getaran+teriakan mau mledak sohc overstroke gear 5 nya silahkan nikmati sendiri bagi pengendara nvl, sementara rider cb150r masih santai dan alus mesinnya.wkwkwk…

  2. Msh aj diributin soal irit mngirit!?Toh klo neh mongtor dah dtngan konsumen&pke dijln dng sgala muatannya.?????G???ãK???? mikirin Lg tuh yg namanya 162 km/L..(¬_¬”) Bulshitlah angka 162 nya Verza!!WTF!! ( ?? -??)

  3. mendingan lomba terboros aja.hehehe
    kan nanti konsumen mengira kalau dgeber2 sedemikian hingga akan mghasilkan seperti itu,tapi pada kenyataannya konsumen kan g mgkn geber2,jadinya mikir “motor ini pasti irit”

  4. tulisannya sich warung sejuta Umat?yg di jadiin pic YAMA*A? truz threadnya cuma Jelek2in Honda?? apakah Nabi dlu pernah menjelek2an umat beragama lain??

    dilakukan test itu untuk pembuktian…. jika seharusnya kalian yg lebih irit?knp yg jadi pemenang bukan kalian??

    yg melakukan pembodohan adalah kalian yg Post thread” pencuci otak pembaca yg aslinya FULL HOAX…

    jika yg pasang thread itu konsument yg murni tanpa ada pihak terkait… no problem,bisa di maklumi…kalau dari pihak terkait? WOW Terlalu Mainstream…

    Mau di depan?monggo… karena pasti habis bensin duluan..

    motor HONDA slalu lebih unggul, sistem injectionnya sudah di akui INDONESIA no.1

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*