Review komplit Yamaha Xeon RC dari pengunjung blog

review xeon rc

Sebelumnya EYD ingin menyampaikan terima kasih banget buat mas bro pengunjung lama blog ini (bro Phenom) dari Tangerang yang sudi mengirimkan reviewnya bersama Xeon RC ke email redaksi EYD. Dalam review yang dikirimkan, bro Phenom mengkomparasikan Xeon RC dengan Vario WTF yang juga masih kinyis-kinyis baru berumur 1 bulan. Seperti apa reviewnya seputar tunggangan barunya ini, sangat komplit bro sis, diketik dengan telaten sampai 7 halaman ala pengunjung blog. So monggo mari kita simak bareng-bareng penuturan dari bro Phenom.

================================

review xeon rc

Design

Untuk bagian ini bro sis bisa menyimpulkan sendiri..tergantung selera masing-masing, sebagai pencinta warna merah secara pribadi ane masih lebih menyukai design WTF yang berdimensi besar nan futuristik. RC lebih mengarah ke elegan. Namun body RC terlihat lebih rapih, tak tampak ruang kopong dibagian mesin seperti WTF. Bagian yg paling keren dari RC adalah bentuk knalpot dan warna pelindungnya..

review xeon rc
(RC terlihat compak dan knalpot nya kereen)

review xeon rc
(Dari belakang RC lebih rapih, tidak kopong)

Ergonomi Riding

Disisi ini ada baiknya dicoba masing-masing, karena bro sis punya definisi dari kata “nyaman” yang berbeda. Secara pribadi ane mengakui kalo duduk dan berkendara di RC jauh lebih nikmat dari pada WTF. Inilah yang membuat WTF yang baru saya beli dan belum ada nopolnya sudah tak lego ke paman saya. Posisi duduk yang tegap, jok keras yang membuat pinggang pegal dan bokong panas setelah 1 jam berkendara, serta limbung ketika pakai cornering (note: padahal wtf sudah menggunakan ban FDR 90/80 dan 110/80) dan sulitnya meliuk-liuk di jalan padat menjadi alasan saya tidak cocok menggunakan matic terlaris Honda ini.

review xeon rc
(Dimensi pas)

Di RC banyak berbeda. Tinggi tempat duduk pas, posisi stang dan kestabilannya mendukung untuk bermain rebah-rebahan, enak dipakai melewati kepadatan lalu lintas, dan yang terpenting busa jok RC lebih empuk bin nikmat dipakai berdua. Pasangan saya pun bisa menapak sempurna, ini berbeda ketika naik WTF yang musti jinjit dan joknya terlalu lebar.

review xeon rc
(Kaki menapak sempurna)

Kaki kiri penumpang di RC tetap lega dan tidak sesak terhalang filter udara, serta karena posisi footstep-nya yang cukup berjauhan menyebabkan kaki si pembonceng jarang mengenai kaki rider saat si rider menurunkan kaki di kemacetan. Padahal di WTF hal ini menjadi point minus ketika saya menjadi penumpang.

Suspensi

Pas.. walaupun secara langsung saya akui si WTF lebih oke untuk kelembutan saat melewati jalan berlubang dan polisi tidur. Bahkan suspensi RC masih lebih keras dibanding NJMX saya. Kondisi berbeda saat saya pakai manuver cepat, high speed dan melibas kemacetan dalam lalulintas stop and go sehari-hari, rebound suspensinya pas.

review xeon rc
(Warnanya serasi ama body dan velg)

review xeon rc
(yang ini udah gak bikin gasrot)

Dulu xeon karbu dan mio soul melewati gundukan ini berboncengan pasti bawanya gasrot alias mentok, sekarang di RC udah nggak. Test offroad, kena genangan air, jalan berlobang, kerikil dan area persawahan yang jalannya berupa bata-bata putih si RC lebih nyaman, wtf bantingan empuk dan rebound cepat tapi susah meliuk-liuknya dan cenderung pasrah kalo ada banyak lobang didepan.

review xeon rc
(Jalan kubangan n rusak parah sikat dah)
Mesin

Saat pertama menghidupkan mesin dan menjalankan pelan (20km/h red), saya langsung kecewa.. Getaran mesin di stang, jok dan kaki masih sama dengan xeon yang dulu, hanya saja sekarang suaranya sudah lembut, berbeda dengan mesin WTF yang bener-bener lembut dibawa santai.. 🙁

review xeon rc
(Jalan santai uji suspensi, tarikan, dan tikungan di low speed)
Namun semua berubah ketika negara api menyerang, eh maksudnya ketika kecepatan menginjak 40km/h lho.. 😀 Sampai doi yg di bonceng bilang “getaran nya hampir ngga berasa ya say”. Yup, memasuki speed menengah ke atas ane lega, halus mesin sudah terasa. Kondisi terbalik dengan si WTF yg mesin nya lembut bin mulus saat speed di bawah 60km/h, diatas itu getar n raungan nya tinggi bro.. (Perlu dicatat di STNK WTF ane rakitan 2013 lho). Ada yg bilang WTF keluaran baru bebas ngorok? Salah, punya saya masih ngorok kok suaranya mirip old MX.

review xeon rc
(Akhirnya si merah ada temennya, semua serba merah oii.. Mio smile juga merah)
Performa

Disini singkat aja, RC kalah cepet di tarikan bawah, dari 0 sampai 60km/h si wtf bener-bener powerful. Alat ukur = feeling pribadi dan komen pembonceng yang kena G-Force aka jambakan setan. Kitiran mesin RC baru kerasa pas speed udah masuk 40-an. Istilahnya jiwanya si RC baru bangun saat kecepatan menengah.

Eksperimen juga saya lakuin saat test speed, Di mulai dari speed 60km/h tiba-tiba saya standart samping, mesin mati, indikator warning berkedip, standart di naikan mesin langsung hidup dan seketika bisa di gas lagi. Berbeda saat kondisi sama tiba-tiba saya off kunci kontak, mesin mati tidak muncul warning, namun begitu kunci di ON mesin ngempos Boo..

Tarik ulur gas dilakukan tapi mesin tidak merespon, panik (dalam hati tidaaaak belom2 udah rusak nih), tapi sekitar 10 detik akhir nya mesin hidup dengan kondisi agak aneh.. Jalan 500meter tetep begitu, akhirnya saya off di pinggir, selesai minum teh botol coba ON lagi ternyata udah balik lagi bro..Syukurlah.. 😀

Lanjut test Top speed

review xeon rc
(Disinilah tempat uji top speed, mulus, sepi, dan aman karena ngga ada pejalan kaki yg nyeberang)

Ada yang bilang motor baru jangan di geber-geber dulu ntar ambrol.. Silahkan baca artikel disini http://www.mototuneusa.com/break_in_secrets.htm
NJMX saya juga jadi lebih enteng dan irit di inreyen pake cara ini dibanding punya temen yang disayang-sayang bawanya lambat kaya keong, cos motor baru yang penting sering-sering ganti oli buat ngeluarin gram-gram hasil penyesuaian part baru. Kalo saya diusahain sebelom sampai 3000km minimal udah 8 kali ganti oli.

Ok kembali ke laptop, test top speed biasa saya lakuin di jalanan 6km super panjang lebar dan sepi – terminal Poris Tanggerang. Dan semua angka-angka murni ane dapat dari spidometer, jadi deviasi yang terjadi bukan urusan saya.
Berikut hasil nya..

review xeon rc
(RC dengan cepat masuk ke speed 80km/h)

review xeon rc
(naik dikit-dikit)

Udah sekitar 1 kilometer dari speed 80 tapi jarum spido tidak juga menyentuh strip 90km

review xeon rc
(Mulai bergetar, jarum ogah naik)
Dipaksakan sampai ban dan stang goyang-goyang pun cuma nembus 85km/h, sayang camera mengarah ke bawah jadi gak bisa ambil pic pas topspeed nya.. Hmm..coba mengingat-ingat sejenak. Padahal dengan kondisi dan tempat yg sama NJMX-ku bisa 110km/h dan mio smile sanggup 100km/h lebih dikit, entahlah kalo ternyata spido mio smile yang lebay. Well, hilangnya arm kanan berdampak banget pas uji top speed, ban belakang ogah anteng dibanding xeon karbu yang saya pakai dulu.. Ok dirasa cukuplah test speed wong sejauh 2 kilometer berikutnya jarum spido kaku alias gak naik lagi.

Tadi nya mao langsung test top speed WTF juga, apa daya alam memberi warning keburu ujan bro, malah wtf pake FDR yg spesialis trek kering lagi bikin ngeri. Lanjut next time aja dah.

Konsumsi BBM

Dari isi ulang full pertamax+ (pake botol, cos di Poris Tanggerang gak ada yang jual “plus”) langsung main tarik-tarikan, uji akselerasi dan top speed ternyata RC masih boros kaya xeon karbu bro… cepet banget jarum indikator bensin menuju ke 3/4 nya, pokonya berdasarkan feeling mirip banget ma xeon karbu..

But, saat test masuk jalan santai dengan trek terhitung lebih jauh dari waktu test tarik-tarikan, speed maksimum 40 dan lebih sering di 20, maklum pemukiman padat, jalan rusak dan banyak gunjlakan ini jarum kaga bergerak-bergerak, serius.. sampai doi bilang “Lho ko gak turun-turun jarumnya ya, padahal kita udah jauh bgt”. Saya perhatikan banget sih sebenarnya turun, tapi tipis banget.. Pokoknya aneh dah.. Dulu di xeon karbu mao bawa pelan pun tetep aja berkurang nya cepet..

Kesimpulan:

Mesin untuk tarikan awal lebih superior WTF, baik performa maupun kelembutan nya.. Terlepas dari itu RC menang di kenyamanan, handling, dan kegesitan menerobos padatnya lalu lintas. Pantas saja Rossi balik ke Yamaha (lho..apa hubungan nya yg ini).
So..sesuain aja dengan karakter bro sendiri, kalo ane gak cocok pake WTF, malah kalo ada pengen nya vario Techno lah yang di injeksikan honda. Lalu pantas kah meminang RC? Ya pantas banget donk, semua kebutuhan ane n doi udah terwakili di RC. Kekecewaan ane cuma di dua hal, pertama getaran mesin masih termasuk tinggi di speed rendah, kedua ilangnya arm kanan.

Note: Semua test dilakukan berboncengan, Seting standard, BBM PertamaxPlus.
Ok selesai, semua dibuat berdasarkan feeling pribadi, penilaian subjektif ini semoga berguna untuk bro sekalian..

61 Komentar

    • jaaaan…. lambe susuk-an tenan mas qwerty iki, hahahahahahahahaha
      btw, menarik juga soal performanya. nunggu test ride di surabaya..

  1. matic yamaha memang semuanya memakai ban ukuran kecil itu yang mengakibatkan waktu nikung limbung sama tidak stabil kalau diajak kencang solusinya cuma diganti ban ukuran besar aja sama seperti matic honda depan 80/90 biar enak kalau diajak nikung sama selap-selip belakang 90/90 biar stabil kalau diajak kencang //terima kasih//

    • Sama masbro… soul gt ane juga dah diganti ukuran ban seperti itu, alah dari baru, tubles lagi, lebih mantap bawanya + tahan gasrukan polisi tidur

  2. Senoga mas eyd bisa test konsumsi bbm si xeon rc. Butuh sekali kimparasi bbm vario wtf dengan xeon rc 😀

    Xeon rc saya sekali sepertinya. xixi

    • Susah buat kompare BBM bro.. Soalnya butuh waktu lama n jarak yg jauh..
      Kalo itung2 feeling nya, wtf itu boros juga untuk rider yg suka ngebut, soalnya pas speed masuk 60km/h tenaga kaya ketahan, jadi kudu lebih dalem tarik gas nya.. WTF enak nya dibawa santai, lembut. Nah kalo tarik2an terus wtf lebih boros dari NJMX ane, jadi konsumsi BBM nya tergantung jenis rider. (NJMX ane konsumsi BBM mirip ama yg punya warung, lebih irit dikit krn pakai motul 5100 n Pertamax+)

      Beda ama RC, yg pengen nya kenceng terus, karena high speed minim getaran n karakter suspensi lebih mendukung. Konsumsi BBM nya jg 11-12 ma wtf. Cuma RC lebih aman di kasih premium, kalo ngga percaya coba yg punya WTF di kasih premium, suara mesin jadi tambah ngorok n tenaga ngedrop..

      Saran sih kalo ngejar irit dan bisa pakai premium mending ambil mio J atau soul GT, pinjem punya temen kantor irit nya beneran apapun gaya riding ente..

      • Konsumsi BBM nya jg 11-12 ma wtf maksud nya kalo full di bawa kenceng ya.. kalo normal2 aja, ane percaya ama review2 bloger ternama dah.. (ngeles..padahal males test nya..hehe)

  3. widih mantappp lah xeon rc… pengen ngambil tapi nunggu kabar bener gak soal 31113 siapa tau matic bongsor.. tp katanya xeon rc udh ditinggin okelah . #SayNoToKopong

  4. Owh ngetesnya diporis tangerang toh,ane orang tangerang,ane klo k rumah pacar lwat poris trus,hbis jalanan’y enak sie panjang,bkin siapa pun gatel tanganya klo bawa motor lwat situ,untuk terus membetot gas,ko top speednya kg sampe 100 yah,coba dung test varionya juga,biar kaga galau ane menentukan pilihannya antara vario 125 sama xeon RC 125.

    • RC di pakai boncengan berdua yg total berat org nya 110kg Ngga bisa lebih dari 85km/h, ini apa adanya.. kalo di xeon karbu seinget ane bisa.. ngga tahu juga kalo ternyata spido lebih akurat yg RC, atau karena unit masih baru..

      Vario WTF kurang mendukung buat high speed.. Suspensi nya mantul2 di jalan beton.. yg jelas berdasarkan feeling RC lebih galak di putaran atas..

  5. kemarin aq jg nyobain mio j punya tmen solo – jogja….yah itu jarum spedo mentok di 80km/h padahal speed kerasa nambah terus….kyknya eror spedonya…berarti ini memng masalah yamaha matic yah……

  6. tapi Vario WTF saya larinya kok bringas tipsnya habis saya cuci tuh vario sampai bersih langsung distandar tengah plintir gas sampai 120 kpj sambil tarik rem depan maksudnya biar enggak ngadat larinya. tips lainya sebelum di bawa pergi panasin dulu si vartech kira-kira selama 5 menit jangan lama-lama entar kelupaan lalu ditinggal masuk rumah bisa-bisa dibawa kabur tuh motor //sekian tips dari saya// M.soul saya juga saya lakuin seperti itu

      • Tergantung cara bawa. Xeon rc gw sampe 108km/h. Uda di uji pake gps jg sama. Yang heran lebih ganas xeon karbu ane. Sampe 115. Semua standart. Km baru 14000. Jadi tergantung yg bawa. Bobot ane 68kg

  7. Jossss……
    tapi sayang ane kurang suka metic (gx tau knapa)
    pengennya yg ada manual kopling, ane demen bgt maenin kopling hehehehe……

    BTW thanks bgt buat reviewnya, SANGAT BERGUNA
    kemaren ane lhat d dealer Xon RaCun didealer warna putih dipadu orange, widiiihhhh keren mas bero….

  8. Terimakasih kang Phenom reviewnya…
    Kebetulan saya lagi galau nyari tunggangan baru setelah si vi*ion turun mesin minggu kemarin.

    Sekali lagi, terimakasih.

  9. @ fauzy prathama
    @ Azmi Ilham
    Wah senang rasanya jika review ini bisa membantu kalian.. 😀

    @ yg punya warung.. Boleh minta kontak person ngga nih?? Ane mao konsultasi biat pasang box di NJMX boleh ga? 🙂

  10. puas sama performa Xeon RC,tadi sempet tarik” kan sma varion 125 diporis tangerang,ternyata oh ternya cie vario 125 kg bisa ngejar.

  11. bisa jadi acuan klo mo beli xeon rc,jadi bingung..soalnya xeon lama ku bisa lebih 100km/jam berboncengan.aku 65kg.istri 55 kg.

  12. ”Dipaksakan sampai ban dan stang goyang-goyang pun cuma nembus 85km/h” punyaku yg baru beli kemarin tgl 29 Maret 2013 tak coba bisa kok sampai 100 km/jm.

    kesimpulan: nyaman pakai xeon RC ….

  13. Tambahan lagi :
    bulan 12 tahun 2012 bokap beli Vario 125. (kereeeeen…. fisiknya oke) tapi lama-lama kok terjadi gangguan seperti tarikan pertama tidak bisa langsung “nyuuuttt”… dan tiba-tiba melaju kenceng sendiri.terus pas speed tinggi ada suara semacam orang ngorok. sempet juga tu motor bikin jatuh nyokap.pas mau naik ke dalam rumah (rumahku lumayan tinggi dari tanah) tiba-tiba tenaganya hilang… jatuh dah… akirnya vario 125 dibawa ke bengkel ahasa dan diganti busi. sampai sekarang vario 125 gak ada masalah.cuman pas dibuat kenceng, seperti melayang… jadi ngeri karena handling jadi gak mantep. gara-gara itu yang semula motorku Honda Mega Pro kepingen aku jual dan mau beli motor matic aja,soalnya lebih fungsional. dari sini aku mulai bingung.. milih matic yang 125cc.kandidatnya : vario 125 dan Xeon RC (bikin GALAU sampek seminggu,cari-cari review tentang kedua motor itu). dengan berbagai pertimbangan akhirnya aku nekat pilih Xeon RC.soalnya vario 125 bikin was-was,denger suara suara yang menyebutkan kalau vario 125 matic ngorok,sebulan sekali ganti busi,dll. Alhasil… begitu deal dengan dealer yamaha dan mencoba Xeon RC pertama kali.. langsung terpukau oleh suaranya… RACING banget walaupun motor matic..
    ini Hasilnya : Tarikan enteng, stabil ketika speed tinggi,posisi antara duduk dan memegang stir pas banget, buat nikung dengan speed tinggi pun enak.cuma untuk BBM agak boros.. apa mungkin karena tak geber terus ya (maklum motor baru…heheheheh). terus untuk Cat, punya yamaha catnya bagus ketimbang honda. tak perhatikan motor honda punya temen-temenku warnanya kian tahun kian memudar dan untuk bahannya pnya yamaha lebih tebal dan kuat(kalo ini saya buktikan sendiri dengan memegang vario 125 punya bokap dan megang Xeon RCku).

    o iya… mau tanya ni… buat yg Punya Rumah.. atau siapa saja yang bisa ngasih masukan. untuk BBMnya Matic banyak yang menyarankan di Oplos (Premium dan Pertamax) .bener gak sih ? kalau bener… berapa perbandingannya ?? trima kasih sebelumnya..

    • untuk oplos bisa kalikan jumlah premium dikali 88. dan pertmax kali kan 92. lalu dibagi jumlah bbm yg diisi (total) itu aja sih cara ngitungnya biasa. tapi mending konsisten premi atau pertamx. premi aman, untuk jaga2 pakai carbon cleaner dari yamaha.

  14. Mas saya bawa xeon rc bisa sampai 110 kmph itu blm pol keburu kena lampu merah… Hehehe… Kalao tesnya sendiri kurang maximal cba ada lawannya.. Gw pas itu balapan sama satria F dr solo ke jogja salip2 an.. Tetep aje kalah sama satria F.. Klo mesin sih emang xeon rc ini jiwanya baru kerasa malah di atas 70 kmph bro.. Cepet betul kena 100 nya..

  15. Gua udah pake Xeon RC, 1bln pertama emang kerasa getaran mesinnya pada putaran tengah, tp stlh ganti service+ganti olie skr halus, apalagi wkt distarter.
    Utk speed smtr sempat coba di 95kmph, msh bisa lebih pastinya, soale mm jalanan tdk memungkinkan.
    Kl gaya ridding-nya suka stop ‘n go, nih Xeon RC mantabs bgt tarikannya.

  16. Setelah ganti oli pertama, xeon rc baru ane saya coba bisa tembus 110km/h dan kemarin waktu ketemu 5 vartec Fi hitam baru yang sedang ngebut bisa ane salip dan tak terkejar , cuma karna bawa bini, anak dan belanjaan cuma berani dilintasan sepi, begtu ketemu bus ane jalan pelan lagi dan disalip ama 5 vartec lagi

  17. Thanks bro infonya…. saya kmrn bingung mau milih Wtf ato Xeon Rc… Akhirnya pilhian saya jatuh ke Xeon Rc… ternyata setelah pake Xeon Rc nyaman banget di pakainya……..

    • wa pegang WTF 125 broo…
      emang sich putaran 20 – 40 getaran kerasa banget tp 40 naik ilang gtu aja..
      krasa ngawang gitu….
      pernah ane geber di jalan by pass full stang gas tuh nyampe 110 km…
      klo bonceng org + bawa’an di bagasi nyampe 105….
      konsumsi bahan bakar jg lumayan irit jalur tol surabaya malang cuman isi kocek 5000….
      itu pun masih kedip2 tuh belom sampe abis banget…
      soal nya injeksi kan klo kehabisan konsumsi bisa mogok + rewel klo mo di ON in lg….
      tp semua jg tergantung feeling pribadi broo….
      ane cuman sharing pengalaman ane pke WTF 125……
      thanks sebelum nya broo…

  18. iya sama kayak bro diatas, oli yg pas buat xeon rc diluar yamalube sama tehnik ingreyen yg mengacu ke motoman ( mototuneusa.com )..tolong dishare bro..tengkyu..mumpung xeon ane masih dibawah 20km..

  19. tenang mas bro, ane juga pernah subuh2 liwat jalur naga poris, sepi bgt tp nyentuh tuh jarumnya sampe 100..untuk masalah bensin ane pernah test 2hr, awal pagi2 isi full teng dah pokoke, trus perjalanan ane pertama kearah perumahan green garden (stop) lanjut ke salemba(stop) lanjut ke karawaci(stop) bensin belom diisi keesokan harinya back to green garden(stop) lanjut ke karawaci (stop) malemnya ngider2 hangout kurang lbh menempuh 20 km, nah saatnya minum shell super sebanyak Rp 30rb aja dah neh si XEN-C..

  20. Hampir sebulan ini pake xeon rc setelah 8 thn pake old mx thn pertama. Break in awal sdh lama pake metode mototune. Dr motor pribadi ama pelanggan bengkel baik korek harian ama full selalu setia metode begitu. Impresi awal kalo gas diurut agak berat krn ym jet selama dibawah 5.000 rpm aliran udara lewat katup butterfly pertama akan melewatkan ke saluran kecil bypass pas dpn injektor. Baru ketika gas dibejek atau full thorttle katup butterfly kedua membuka penuh. Udara mengalir bebas lewat main thorttle body. Makanya 0-60kpj brasa agak berat lain kalo dibejek penuh. Justru diatas 60-100kpj cepet bgt enteng. Sesuai dgn data peak power di 9.000 rpm. Top speed mentok di 110kpj. Skrg dgn sentuhan mild stage pengapian kendala di bwh tgh sdh teratasi. Trek lurus dan tanjakan panjang msh bejaban ama njmx dan vixion. Trek tanjakan gempol – pandaan (pasuruan) msh dpt 110 kpj dgn kondisi box E20 di blk. Next mo coba pake per cvt dan dudukan per punya xeon karbu scr dimensi agak lemes dan pendek dibanding xeon rc biar tgh atasnya lbh nampol. Btw bhn bakar msh setia premium. Pake pertamax + or shell v power perbedaan gk begitu signifikan. Kelemahannya cmn ban dpn terlalu kecil buat nikung rebah melebar terus dipaksa hingga chicken strip grip pinggir ban dpn tinggal 0,5cm. Milleage agak boros. Cek busi lengkungan elektroda dah coklat terang tp lingkaran kpl busi hingga drat agak gelap tanda campuran atas msh basah khas bgt setingan injeksi yamaha mungkin utk amannya. Sayangnya cara seting ecunya msh sama kyk vixion dan matic yamaha lainnya. Cmn bs set c dan tps. Cb sprt z1 bs set pengapian dan semprotan injeksi dlm 3 range rpm. Btw kalo mo akselerasi ringan bukaan TPS bs diset 1,6 kalo mo top speed bs set 2,0 by laptop kalo jaman mx atau xeon karbu enak bisa pake multimeter ukur tegangan TPS. Fyi dulu waktu setel tps dan udara karbu diatas mesin dyno bisa power up 0,8dk torque up 2nm.

  21. Oli sih perbedaannya gk terlalu signifikan paling yg brasa di akselerasi aja. Krn xeon rcku msh blm servis pertama so tetep msh pake yamalube. Biasanya sih utk matic aku pake fk massimo

  22. ahay… jadi kepincut nih miilh xeon rc dibanding wtf..
    tapi klo soal bodi sih lebih naksir si wtf, bentuknya gimanaa gitu…
    maksimal ban untuk xeon rc brapaa sih untuk depan & belakang.. soalnya mau langsung tak ganti tubless semua, jalanan jakarta udah gak aman pake ban biasa.. bentar2 nambel..

  23. dulu bloger siapa tuh yang bilang walaupun kaki hilang sebelah gak ngaruh ke handling?
    kelihatan ngibulnya…
    lalau buat apa dulu engineer yamaha bikin arm kanan? ngapain didesain kalo ga ada gunanya ya tho

    salam majapahitz

  24. wah..masa 125cc cuma 85kpj? ente ga bisa gebernya kali gan? kalo main bejek gas emang cuma 80kpj cuma kalo ngegasnya ngurut mungkin bsa tembu 110kpj kali ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*