Pilih mana, mesin karburator dengan Pertamax atau sudah injeksi tapi minum Premium?

Emisi Euro 3

Well, artikel ringan ini EYD tulis sengaja menyikapi kegalauan perihal satu dua tahun ke depan perihal akan diterapkannya standar emisi Euro 3. Bagi sebagian besar kendaraan sepeda motor bermesin 4 tak yang masih menggunakan karburator apakah masih layak jalan? Kalau tidak layak jalan adakah solusi dari pabrikan semisal membuat part konversi sistem penyuplai bahan bakar, atau mungkin menyediakan part opsional seperti filter catalizer yang lebih canggih. Jika sudah saatnya nanti diberlakukan, namun belum ada solusi dari pabrikan, bagi EYD pribadi sepertinya kombinasi mesin karburator lama + minum Pertamax/Shell Super lebih masuk akal terhadap lingkungan (dengan asumsi pembakaran lebih sempurna untuk mesin berkompresi tinggi). Ketimbang harus melego motor tunggangan yang sudah setia menjadi sahabat sejak lama dan kemudian membeli (lagi) teknologi yang lebih baru (injeksi) namun masih ‘nenggak’ Premium. So jika harus mengikuti trend teknologi dan menjadi konsumtif terhadap produk sepeda motor, bagi EYD nanti-nanti dulu deh? Monggo opininya mas bro.

* artikel curhatan dari MX Strada

New Jupiter MX White

19 Komentar

  1. kalo beneran harus euro 3, banyak kendaraan lama yang harus pensiun..termasuk juga kebanyakan kendaraan dinas..waduh..konversi yang cukup mahal walau bertujuan baik..mungkin memang sebaiknya riset untuk converternya.. 🙂

  2. kalo sy milih opsi karbu + pertamax….dgn catatan mesin sehat….lg pula njmx sy sdh pake pertamax dr baru….lumayan dr segi performa mesin….keluhannya cuma pertamax terlalu mahal……kalo bisa rentang harganya jgn terlalu jauh dgn premium…kalo situasi msh spt ini,jelas masyarakat pilih premium…..

  3. kamsudnya EURO 3 adalah kendaraan yang diproduksi tahun 2013 bulan berlakunya EURO 3, kalo kendaraan yang bulan produksinya dibawah berlakunya serta yang sedang dipakai ya gak masuk peraturan ini…coba deh cek sana sini..begitulah aturan ini berlaku…so no galau lah..CMIIW

  4. IMHO..walau pake pertamax spertinya mx karbu blm euro 3.. karena yg euro 3 hanya bensinnya saja.. desain awal mx kan mmg hanya ready euro 2..


    saya masih bingung dng peraturan euro 3,,
    1. apa semua motor yg digunakan harus berubah jadi euro 3,,
    2. atau hanya motor2 produk baru (setelah peraturan ditetapkan) yg wajib euro 3..?

  5. kan aturan oure 3 itu untuk produk yg baru kluar dari pabrik( juni 2013), bukan utk yg sudah beredar di masyarakat. nyatanya yg pake RXKing atau motor 2 tak masih ada dan blm dilarang ke jalan raya…. iya kan? padahal dulu rumornya motor 2 tak dilarang beredar.

  6. Berbahagialah para biker yg tunggangannya sudah injeksi.. Dan kita berharap pemerintah segera mensosialisasikan aturan main euro 3 secara gamblang.. BTW makasih buat Bro EYD, topik ini membuka wawasan bagi seluruh pembaca. Terutama saya yg awalnya akan membeli motor second (karburator)..

  7. Yang membuat saya bingung adalah kenapa EURO 3 harus injeksi….adakah celah teknologi karburator terbaru yang emisinya bisa lolos EURO 3…bisakah penambahan Catalyc Converter yang super mahal diknalpot ditambahkan..kan judulnya emisi buang kalo cuma standar mah cukup karbu yang mapping CDI lebih advance dan tentunya snalpot yang catconnya bagus sukur sukur dah pake TRICS3 kaya di motor pulsar atau apa gitu diyamaha yang ngatur aliran bensin secara digital pas buka throttle tergantung puteran mesin..intinya efisiensi bahan bakar…low emisi…bahasa lainnya irit bensin knalpot gak ngebul…(gak mungkin yaa)

  8. lhoo…bukannya yg g boleh itu memproduksi motor dengan standar EURO dbawah 3??

    Kalau konsumen yang pakai sih g masalah,masak ntar kalau udah dberlakukan peraturan d atas motor 2 tak dan motor 4 tak yang tidak lulus standar disita??

  9. Masi setia ama karbu saja,
    Selama ini mesin karbu ane cekokin pertamax biru, tapi kadang2 juga premium pas turing, gk ada keluhan apa2, km 72rb blom ada servis besar, masi sanggup lari 128kpj

    ntr klo udah ada rejeki, mau tuker yg 150cc dohc

  10. aprilia rs125 2-tak karburator bisa lolos euro-3 dengan penambahan catalytic converter seharga 20jt.

    rs125 euro-3 harga 100jt
    rs125 euro-2 harga 80jt
    cmiiw

  11. euro 3 buat apa kalo jalanan masih tambal sulam kayak gitu….
    yg terpenting infrastrukturnya…
    BBM-nya juga… mau euro 3 tapi pertamax masih 2 x harga premium… beratttttttt..
    mending subsidi silang aja. premium jadi 6.500 pertamax jadi 7.500 setuju ?hehehe….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*