Honda CS1, memang sudah saatnya bertranslasi menjadi Ayago

honda cs1

Well, melihat sepak terjang salah satu motor yang dimasukkan ke segmen sport oleh AHM ini, Honda CS1 nampaknya hampir selama 5 tahun mengisi market sport di blantika tanah air terlihat kurang greget penjualannya. Walau masuk ke dalam segmen sport tapi bagi sebagian besar bro sis sekalian pasti menganggap bahwa CS1 ini lebih mirip ke segmen bebek, bebek super kalau EYD bilang.

Melihat potensi mesin CS1 yang boleh dibilang top markotop untuk kubikasi mesin 125cc, cukup sayang jika AHM harus menyuntik mati varian CS1. Lihat saja spesifikasi mesinnya yang sanggup menyemburkan tenaga maksimum 12,8 PS / 10.000 rpm. Ada dua hal yang perlu dicatat disini, pertama dari segi RPM, konfigurasi mesin overbore 58 x 47,2 mm mampu meraung ganas hingga di atas 10.000rpm, wew cukup memenuhi ekspetasi bagi penikmat speed freak. Power max juga termasuk gak biasa dikelasnya yang mana sanggup meraih 12,8PS, bandingkan dengan NJMX yang hanya 12,5PS (versi hand clutch) dengan selisih bobot lebih ringan 2kg dari NJMX (116kg) tentu PWR CS1 ini lebih unggu kemana-mana.

honda cs1

Nah atas dasar potensi performa mesin inilah EYD menyarankan AHM untuk jangan menyuntik mati atau stop produksi generasi mesin CS1 (mesinnya aja loh). Kenapa tidak kreatif isi segmen ayam jago yang saat ini masih kosong di lini AHM? Gak usah berseteru secara head to head dengan Satri FU yang notabene ada di kelas 150cc, menurut EYD cukup dengan spek mesin 125cc sekarang namun harus diinjeksikan + setting ulang ECU, klep maka power 13.5PS bukan tidak mungkin gampang diraih.

nova sonic rs 125

Ingat dengan berubah wujudnya CS1 menjadi Ayago itu sudah pasti  mengurangi berat bobot secara signifikan, ya gak muluk-muluklah berat total bisa drastis lebih ringan menjadi < 100kg. Bisa dilihat bagaimana potensi power to weight ratio dari Ayago ini cukup menjanjikan. Dengan nama besar Honda yang begitu kuat di konsumen, tidak sulit bagi AHM untuk serius menggarap segmen ini.

So ayo dunk AHM, telurkan motor si ayam jagomu, basis mesin sudah ada dan terbukti handal performanya selama hampir 5 tahun teruji di pasar (2008-2013). Untuk desain, gak masalah kalau harus dimirip-miripkan dengan desain FU, pengalaman lalu tak ada kendala berarti mendesain New Blade dan CB150R dimirip-miripkan ke kompetitornya. Last layak kita tunggu bro sis semua akan greget AHM mau bermain di segmen Ayago, mudah-mudahan di 2013 hal itu bisa kita lihat.

15 Komentar

  1. yap..sayang mesinnya kalo disuntik mati..setuju dengan cukup 125cc + injeksi + speedometer digital cs1 + beberapa penyesuaian ke arah ayago..bahkan hanya dengan bagian depan sonic dan buritan tetep cs1 pun udah lumayan.

  2. Bro EYD..! kira-kira mungkin nggak kalo CS1 nantinya bakal sama-sama berhadapan 1 lawan 1 lagi dengan varian terbaru NJMX jika keduanya sudah menganut teknologi injeksi..?

    • kl NJMX timelinenya sepertinya akan tetep seperti ini dari segi bentuk desain dan ergonomi, cuman diinjeksikan + power naik dikit.

      kl CS1 ini yang EYD juga masih gelap mo dibawa ke arah mana, yang paling potensial marketnya itu tadi harus berubah wujud jadi Ayago

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*