Artikel lanjutan komparasi New Vixion vs CB150R Streetfire

New Vixion vs CB150R

Well, melanjutkan artikel sebelumnya dimana EYD pernah mengkomparasikan 2 motor sport anyar di kelas 150cc ini, bagi yang belum melirik ulasannya monggo disambi artikel sebelumnya. Di artikel sebelumnya komparasi dilakukan sebelum ada variabel harga mencuat, so posisi komparasi keduanya masih sedikit unggul New Vixion dengan perolehan point 5 : 4. Bagaimana kelanjutan komparasi ini setelah variabel harga masuk, yuk mari kita komparasikan.

New Vixion dengan revisi penambahan fitur disana sini, sebut saja RDB, speedometer digital, velg tapak lebar dengan ban gambot serta penyematan O2 sensor, kenaikan harganya dari versi lamanya hanya 700rb. Harga New Vixion OTR Jakarta dilepas saat ini Rp. 22,4 juta versi non kick starter dan Rp. 22,6 juta dengan kick starter. Untuk komparasi kali ini kita ambil versi harga termurah yakni 22,4 jeti.

Lalu CB150R Streetfire yang hadir sebagai pemain baru di kelas 150cc AHM berani mematok harganya cukup manis yakni sangat mepet dengan kompetitornya Rp. 22,350 juta. Sebuah harga yang ‘worthed’ bagi motor yang menawarkan fitur relatif sekelas, sebut saja speedometer digital, RDB, suspensi bertipe Pro-link untuk belakang, sama-sama berpendingin air. Namun istimewanya (bagi EYD) ada nilai plus dari CB150R ini yang mengadopsi mesin bertipe klep DOHC. Kalau menurut analisa EYD pribadi sepertinya AHM main rugi mensetting harga 22,350 juta di CB150R ini. Mungkin AHM sudah bernafsu banget pengen menguasai segment sport tahun depan, IMHO.

So siapa yang unggul di sektor pricing ini? Jujur harus fair EYD kasih nilai 1:0 buat CB150R Streetfire kalau masalah banderol harga ini. Di segment sport mindset konsumen yang paling kentara sudah pasti mencari motor mana yang paling berperforma baik di atas kertas maupun real-nya di lapangan. CB150R dengan performa di atas kertas sedikit mengungguli spesifikasi New Vixion, namun dibanderol sedikit lebih murah dari New Vixion.

Last hasil akhir point kedua motor ini menjadi imbang, New Vixion 5 point, CB150R juga 5 point. Memang kedua motor ini seolah akan membelah dua market di segmentnya, bagi yang penggila top speed monggo lirik CB150R, bagi yang suka akselerasi cepat dan handling mantap ala pabrikan garpu tala monggo lirik New Vixion. Disesuaikan saja dengan selera dan gaya riding mas bro untuk memutuskan salah satunya. Silahkan dikomentari dan ndak perlu bakar-bakaran 😀

40 Komentar

  1. Asik 🙂 yang seru itu tuh yang begini, kompetitif!!! 🙂 Bakal selap selip 🙂 Kita lihat siapa yang ndolosor. xixi 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

  2. Krn ane suka akselerasi cepat, handling mantap dan penikmat body aduhai……..ane pilih NVL……tenaganya mirip2 kok sm CB…….lagian Rangkanya itu loh yg bikin CB g kliatan rapi..

  3. adakah blogger yg jeli kenapa New Vixion Lightning dipasangin 2 merek roda yg berbeda…ada yg Dunlop en IRC, ato Yamaha sekalian test ban mana yg disukai oleh konsumen???

  4. CB didandani dikit udah mantep tuh.rangka teralis udah terbukti mudah dibuat keren. dan rangka nya udah teruji saat jumping… berani kah si vixion diajak jumping2. mungkin takut langsung oblak komstirnya

    • tetep menang vixion lah,,NVL KASIH FAIRING JA udah moge knsep, nah lw tower sutet di modif apa cobak, desain ja niru old vixion…. pa tu desainer g kreatif lag

    • kan banyak juga tuh club2x frestyler yang pake vixi juga, soal jamping2xan sama aja lah.. semuanya bisa. lagian beli motor bukan buat jamping2xan. kalo untuk harian kayknya enak New Vixion karena performa juga 11 – 12 dengan CB150 ( ingat CB150 ini downgrade CBR 150 ) torsi juga gede New Vixion, bensin juga irit Vixion jauh CB150 36 Km/l New Vixion 50Km/L dah di test kang H. Taufik http://tmcblog.com/2012/12/18/test-konsumsi-bahan-bakar-yamaha-new-vixion-50-kmliter/ . Spare part racing New Vixion juga bwanyak ..dan harga relatih murah , beda dengan CB150r pastilah lebih mahal karena harus memakai part CBR150 yang jelas lebih mahal. Kwalitas Body New Vixi juga diatas CB150 boleh dipegang dan bandingkan, kwalitas Cat yamaha juga terkenal bagus di banding Honda apalagi produk honda keluaran terakhir2x ini, ( pengalaman punya vario125 baru usia 7 bulan cat sudah kusam, cat handle rem dah pada ngelupas keliatan batang alumunuimnya beda dengan scorpio ane th 2004 masih aja kinclong ) . dan 1 lagi after sales soal perawatan jelas lebih gampang Vixion bengkel Yamaha lebih siap karena Vixion dah hampir 5 th usianya dan termasuk motor sport terlaris di kelasnya.
      Intinya CB150 tuh menang DOHC saja tapi performa mirip2x SOHC wajar ada salah satu bloger bilang kalo DOHC CB150 serasa SOHC :). yakin deh kalo ada lomba balap kelas 150 CC sport tuh CB150 bakalan pake mesin CBR150 yang di pasangin rangka CB150 hehehe….

  5. Handling dari test blogger pada bilang mantab, tarikan bawah hingga atas nampol gk habis2, dan lebih lincah liuk2, plus value yg jauh lebih baik dari kompetitor sudah jelas, ane vote cb150

  6. masih ada yg milih new vix..mesin cmn mx bore up oz 300 ukuran klep masih sama in 19mm, out 17mm. pantes aja sport rasa bebek…klo dulu banyak yg pada pengen cbr tp krn masih CBU maka harga nya sangat mahal. padahal harga CBR150R di thailand ThBath 76000 skrg dah ada versi CKD cukup 22jtan dah dapet DOHC klep in 24mm out 21mm, 6 speed. it’s reall sport bike..

  7. CB150R dites pake Shell Super sama M+ (Edisi terbaru) cuma dapet 40 kmpl, Bro! Klaim 1 = 36 kayaknya pake premium. Bandingin sama NVL dites Wak haji pake premium dapet 50 kmpl. Kalo pake Shell Super bisa lebih jauh lagi …. Mau pilih CB150R… harus siap ngrogoh kantong lebih dalem …..

  8. just sharing. new vixon bisa irit & kencang itu rahasianya ada pada overstroke dan diasil silinder. kalo overstoke torsi besar di rpm rendah sedangkan diasil silinder bikin silinder licin sehingga minim friksi membantu akselerasi diputaran atas. ( meskipun untuk dapet topspeed 100-140km/h butuh waktu lebih lama dari cb150r) keduanya adalah keharusan jika ingin mesin irit & kencang. kalo penggunaan sohc 4 klep juga berpengaruh diputaran atas tetapi tergantung cc-nya cimmiw

  9. irit engganya motor trgantung pemakaian si jokinya kalleee..lagian motor sport ko’ ngomongin irit..klo mo irit pake aje motor bebek ato ga sepeda ontel yg ud psti iritnya..!!

  10. Saya pilih New Vixion dikarenakan mesinnya sudah teruji, diasil silinder, casing mesin bahannya kuat, rangkanya bagus punya, plastik dan catnya awet, dari segi penampilan mesin lbh rapi VN daripada cb150, lebar ban lbh besar, velgnya mantap punya ada seninya, sensornya banyak, kalau dilihat perspektif NV paling gantengmulai dari depan ampe belakang kalo soal DOHC dan SOHC kalo utk motor saya pilih SOHC karena yg bener aja motor harian atau touring pake DOHC apa mo buat balapan lagian CB tu apa bener DOHC beneran kalo mobil MPV saya pilih DOHC, soal keritan jelas NV pemenangnya…………………………

  11. Performa topspeed DOHC CB150R 6 speed memang patut diacungin jempol. Tapi mengingat banyaknya jalanan macet, berlubang, polisi tidur, dan minimnya trek lurus di ibukota, i vote NVI karena lebih lincah, irit, responsif, dan senior dari kompetitornya.

  12. Kyaknya bakal lebih irit new vixion ini deh om … Karena karakter mesin overstroke jadi ga perlu bejek gas terlalu dalam kalo mau berakselerasi cepat … Beda sama cb150 yg karakternya overbore yg memuntahkan tenaga maksimal di rpm tinggi …

  13. NVL mungkin lebih banyak vitur… tapi bagi yg belum pernah punya DOHC dan 6 speed.. tentunya CB150R akan memberikan pengalaman berkendara yang berbeda.

  14. Aku pilih yg mana? Ukur karakter berkendara dulu, lalu dompet tebel apa tipis? Trus pinter ngerawat nggak? Apa cuma type yg hari ini beli..trus ga lama dijual (gampang bosenan)? Trus berapa berat badan? Naaah kalo dah ngukur semua…baru bisa milih motor mana yg chuuuchoook dg anda.
    Badan cungring naik moge? Kayak toge naik bakso 🙂 dompet cekak beli motor pertamax? Kalo laper jilatin tuh motor. Yaa pendapat gw…bijak2lah memilih motor…mungkin motor yg bagus utk si A, belum tentu cocok dengan B. [??o????]??[???????]??[??e????]?? ? guys…! (Salam gw bukan buat para sales yg suka nyudutin produk lawan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*