Sharing: Tips memperlancar kunci side box KMI yang rewel

Entah kenapa dengan kunci side box KMI yang baru beberapa minggu Elang pasang sekarang makin susah untuk buka maupun mengunci tutupnya. Sebenarnya hal ini sudah dirasakan sejak awal pasang, anehnya saat belum terpasang Elang coba kedua kunci baik-baik saja, namun setelah terpasang utuh ke body MX Strada mulai dah terasa seret kunci untuk buka/kuncinya. Karena Elang pikir bisa diakali nanti dirumah, maka saat pemasangan Elang gak komplain ke toko aksesorisnya.

Seiring waktu berjalan, Elang kurang nyaman dengan seretnya gerak putar kunci side box KMI ini. Hm..ada harga ada rupa memang, jika diperhatikan model kunci side box ini ringkih banget gampang rusak kalau pemakaiannya gak halus. Berbeda dengan top box Givi yang sudah hampir 2 tahun terpasang tidak ada masalah untuk urusan kunci mengunci ini, tetap lancar jaya.

Hingga akhirnya baru hari ini Elang sempatkan untuk memeriksa keadaan rumah kunci, apa gerangan yang bikin seret gerak putar dan kuncinya susah banget ngunci. Elang perhatikan tonjokkan bulat yang ada pada bagian tutup atas ternyata gak ketemu dengan plat pengait dari rumah kunci, pantes aja gak bisa ngunci jika gak ditekan paksa 🙁 Akhirnya Elang akali dengan membengkokkan plat pengait sedikit agak bengkok keluar agar bisa mengait sempurna ke tonjokkan.

Masalah mengunci beres, namun muncul masalah baru, hadeuh.. side box jadi susah dibuka kuncinya, oloh..oloh, hampir putus asa Elang mengakali dengan berbagai cara agar side box bisa kebuka, tekan sana tekan sini gak berhasil juga. Hm.. ajaib di gerakan yang mana tiba-tiba side box bisa kebuka. Sambil memperhatikan gerak kaitnya Elang coba menganalisa dimana salahnya yang bikin ribet kunci untuk lepas. Elang pun menemukan ide kecil untuk menggeser posisi tonjokkan atas agak ke kiri (ke kanan jika dari dalam box).

Dua baut dibuka, lalu coba bikin lubang baut baru dengan cara memutar dengan baut yang sama. Beuh ternyata atos juga nih bahan fiber side boxnya, akhirnya coba akali dengan besi panas untuk melubangi bahan fibernya, bakar lilin sebentar bro sis. Setelah dirasa panas, langsung tusuk ke titik lubang yang sudah ditentukan. Akhirnya proses pengencangan kembali pun selesai.

Last setelah agak ribet menganalisa serta mereposisi ulang posisi tonjokan pada penutup side box, sekarang operasi buka tutup side box menjadi lebih mudah. Namun tetap perlu kehati-hatian dalam mengoperasikannya seterusnya, karena seperti yang Elang bilang tadi, model rumah kuncinya ringkih bener, kasar dikit cara putar kuncinya bisa bubar rumah kuncinya. Mudah-mudahan KMI mau melakukan perbaikan untuk sektor kunci ini ntah itu di produk side boxnya, maupun untuk top boxnya. Gak sedikit Elang temukan top box KMI di motor-motor lain pada brodol gak berkunci lagi, ada yang diiket pakai talilah, ada juga yang dibiarkan mengangah gak terkunci.


narsis dikit.. 🙂

Silahkan dikomentari dan semoga bermanfaat buat pembaca.

8 Komentar

  1. Mau nanya mas
    Aku dari pekanbaru riau..
    Set box kmi ane kuncinyakan jebol krna getaran..jadi hilang
    Nah kira kira mas tahu nggak orang yang jual kunci sama sarangnya produk set bokx kmi

  2. Mau nanya mas
    Aku di kemayoran
    Set box kmi ane kuncinyakan jebol krna getaran..jadi hilang
    Nah kira kira mas tahu nggak orang yang jual kunci sama sarangnya produk set bokx kmi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*