Baut Cakram MX Strada patah, terpaksa ke bengkel bubut

Well sewaktu melepas piringan cakram depan karena velg mau diretouch berwarna silver seminggu lalu, salah satu baut karena sangking kerasnya gagal terbuka yang akhirnya patah di dalam. Saat itu EYD putuskan proses painting velg diteruskan, mungkin nanti ke bengkel bubutnya belakangan. Yo wis seminggu ini riding MX Strada jadi  agak pelan karena sadar baut cakram berkurang satu, walau sebenarnya masih kuat untuk memegang piringan cakram ke velg.

Sabtu ini sambil melewati Jl. Kranggan menuju Cibubur EYD coba cari-cari bengkel bubut. Satu bengkel ketemu, eh ternyata lagi high load pekerjaannya gak bisa handle request EYD. Bermodal bertanya ke bengkel tersebut dimana lagi yang terdekat akhirnya EYD ketemu dengan bengkel bubut yang dimaksud di kawasan Kranggan sebelum Lab School. Awal masuk ke bengkel bingung EYD  walau keliatan banyak pekerjanya namun EYD lihat kesemuaannya super sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Ada satu pekerja pembantu yang agak santai kemudian EYD samperin, “Pa bisa bantu bubut motor saya, baut cakramnya patah di dalam” EYD sambil menunjuk ke arah MX Strada. Lalu bapak itu pun seolah ngasih kode untuk ke pekerja yang satunya lagi yang mungkin memang dia bagiannya (ahlinya).

Akhirnya EYD berhasil berkomunikasi dengan pekerja satunya lagi dan menceritakan kebutuhan EYD. Tanpa panjang lebar EYD disuruh buka dulu rodanya. Yo wis EYD berpikir cepat, bengkel ini terlihat profesional, gak apa-apa deh tangan kudu kotor dikit bongkar ban ditengah hujan rintik-rintik, jadi EYD ambil bagian bongkar ban, lalu bengkel tinggal proses pembukaan bautnya. Ditengah kesibukan orderan bengkel tersebut memang EYD kudu bisa bekerjasama agar pengerjaannya bisa lebih cepat.

Setelah velg selesai EYD lepas, EYD serahkan ke pekerja tadi. Ternyata detail pekerjaan berbeda dengan yang EYD kira sebelumnya. EYD kira untuk mengeluarkan baut patah di dalam kudu menggunakan bor dengan mata screw extractor dimana screw extractor berputar berlawanan arah jarum jam dan terus diputar hingga baut bisa keluar. Ternyata pengerjaannya adalah permukaan baut yang patah disambung dengan plat yang berbentuk letter T menggunakan las. Setelah tersambung, maka plat tersebut diputar layaknya kunci T. Terlihat agak susah awalnya, dan akhirnya pelan namun pasti potongan baut yang tertanam di dalam pun berhasil keluar. EYD pun lega saat melihatnya.

Terakhir drat ulir lama diderat ulang menggunakan alat, setelah selesai EYD lihat ulirnya menjadi bagus. Setelah itu EYD pun kembali pasangkan roda ke motor dan mengencangkannya. Setelah membayar ongkos kerja, EYD pun pamit dan bergegas ke bengkel Yamaha untuk membeli baut cakram.

Dari pengalaman  ini EYD dapat pengetahuan berguna, bahwa jika ingin melepas piringan cakram yang belum pernah dibuka sama sekali harus diketok dulu kepala bautnya beberapa kali. Tujuannya agar lem logam pada baut bisa rontok sehingga proses pembukaan baut bisa lebih mudah. Monggo dikomentari, semoga bermanfaat.

Posted from WordPress for Android

22 Komentar

  1. Wah… ternyata blogger motor baru tahu cara ganti oli dan buka baut sendiri, Biker for using only :). Saya ingat, sejak pertama pengang motor masa SMA (sekitar 1998) sudah terbiasa servis motor sendiri dan belajar banyak dari motor yang saya pake….Hanya ke bengkel jika troubleshoot tidak bisa dilakukan sendiri karena tingkat keparahannya. LOL for u.

    • Ck.ck.ck.kemarin waktu buka piringan cakram yang handle temen EYD yang ngerjain pilox langsung.memang benar kl bukan motor sendiri ngerjainnya kurang kehati-hatian

  2. Real Biker adalah yang menyatu dengan tunggangannya, dan mengetahui cara maintenance dan troubleshootnya sendiri. Perbaikan yang kita lakukan sendiri untuk motor kesayangan pastinya dengan hasil lebih baik daripada yang dilakukan kebanyakan bengkel yang kerja sembarangan. Bahkan kemarin di beres saya sempat ngomel2 (karena service rutin sesuai buku petunjuk, so diserahkan ke beres), tetapi malah merusak menutup pengisian oli, karburator malah ngadat. So, self service lebih baik karena kita melakukannya dengan kehati-hatian…

      • Bukan menyombongkan diri mas, komen itu keluar sambil curahan hati, karena:
        1. Sering kesal sama para alay di jalanan, yang ternyata motor rusak sedikit dah bengong, taunya hanya ke bengkel.
        2. Sering kecewa cara perbaikan di bengkel yang tidak memiliki peri-kemotoran, termasuk bengkel resmi, maksud hati supaya motor tetap terawat dan kondisi prima, kok malah yang bagus jadi rusak.
        3. Seharusnya setiap biker minimal mengetahui troubleshoot motornya sendiri, membudayakan dari hal kecil untuk tidak bertindak dan bersikap hanya sebagai konsumen yang konsumtif. Nanti, baru keluar produk injeksi, karena gak tau apa-apa udah dibilang motor karbu jadul dan terdorong untuk selalu membeli.

        • kl ini ane setuju mas, EYD juga berusaha menghindari sifat konsumtif terhadap produk otomotif, walau EYD banyak tau value for money semua tipe motor, tapi jika yang sudah dimiliki bisa dimaksimalkan potensinya dan masih layak kenapa harus ganti?

          sebagai contoh, sudah menyadari NJMX yang punya karakter overstroke engine, yo wis nikmati saja buat stop n go harian dan sekali-kali touring, gak perlu yang DOHC berkarakter overboretoh bukan buat balapan di sirkuit.

  3. yup, begitulah memang cara buka baut yg patah dan tertinggal, ane pernah buka baut knalpot motor lain (merk X), bukan dibubut tapi dilas dengan baut dan diputar seperti biasa.
    bubut baru dilakukan jika patahnya di dalam, kalo masih nongol mah lebih murah dilas

  4. ane pernah punya pengalaman bermasalah buka baut yang amat keras:
    1. Dipanasin pake solder (mungkin bisa ngelelehin lem bautnya), trus pake obeng/kunci yg bener2 pas, diputer ke kiri aga dihentak sedikit, ternyata gampang. Dibandingin sebelumnya, keras banget, gak bergeming diputer2.
    2. Kalo udah bener2 mati (drat dah kelamaan nggak pernah dibuka, udah dilem – karatan lagi), kasus master rem cakram depan supra125 ane. ya udah dibor. Dibor dgn mata bor yang lebih kecil dari bautnya, jadi yang tersisa di lubang drat tinggal tipis banget, tapi nggak ngerusak drat. Selanjutnya yang tersisa tinggal dicongkel2 pake obeng kecil, kaya nyonkel alumunium foil, gampang.

    Semoga bermanfaat.

  5. mas endrik di kunjungi pengunjung yang super sekali…. hehehehe… menurut ane sih biker g harus serta-merta bisa seluk beluk motor yang di pakai.. toh pengendara moge HD kalo cek tunggangannya g di servis sendiri…

    untuk yang komen yang sangat super di atas
    mungkin kami bukan 100% biker.. tapi kami mencoba 100% bloger, yang mengedepankan semangat persaudaraan, semangat sharing pengetahuan, berbagi ilmu pengetahuan lebih berharga bagi kami… karena dengan berbagi pengetahuan tersebut kami jadi bisa..

    bagi ane dengan kejadian dari mas bro endrik membuat ane lebih berhati2 cz NJMX ane juga dah kemakan piringannya dan bersiap2 untuk ganti,,

    bagi mas bro endrik… semakin kita kayuh perahu kita ketengah lautan semakin besar ombak dan badai yang menerjang, tapi mas bro,, di tengah lautan ikan nya banyakk…

    untuk artikel ini nitip aja deh pernah ngalami baut mati juga
    http://kisalim.wordpress.com/2012/08/25/kaliper-belakang-hsx-125-macet/

    busyyeett komentku panjang banget.. hihiihiii

  6. Dulu juga pernah mengencangkan sekrup tutup filter oli vega ternyata malah terlalu kencang akhirnya patah.. ya akhirnya sama seperti itu mas..disambung dulu dengan logam dengan las baru kemudian dikendorkan melalui logam tersebut…jadi setiap mengencangkan sekrup tersebut tidak boleh terlalu kencang banget.. seperti dalam buku manual motor setiap pengencangan sekrup ada nilai torsi pengencangan sendiri2..

  7. mas endrix… njmx ane juga itu putus didalem bautnya pas ganti piringan cakram gede..untung mekaniknya bisa ngeluarin dengan dibubut dan terpaksa pakai baut ala kadarnya,,jadi bautnya selang seling,,,

  8. mungkin pas buka baut cakram kondisi cakram masih panas kali om, jadi bikin drat+baut sleg. klo kata mekanik bengkel ane sih, klo mau buka baut yg nempel di mesin,knalpot atau dll tgu adem dlu.cmiiw

  9. Kejadian nih sama njmx saya, itu biaya bubut kena berapa? Waktu baut patah satu motor masih aman diajak jalan? Mohon pencerahannya,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*