Sensasi Performa New Jupiter Z1

 

Mumpung masih fresh from the oven EYD coba share pengalaman test ride New Jupiter Z1 yang barusan dilakukan sore hari kemarin di Pondok Lagunas Parkir Timur Senayan Jakarta. Beberapa rekan blogger seperti Kang Taufik, IWB, Didik, Mitra, dll berkesempatan menjajal moped pertama Yamaha yang dibekali sistem pengabut injeksi.

Secara kesan untuk impresi fisik jagoan terbaru Yamaha ini boleh dibilang cukup fresh, desainnya serba meruncing dan bersudut. Kesan desain aerodinamisnya kental banget EYD nilai. Desain buritan belakang yang di generasi lama agak menuai kesan kepanjangan gak proporsional di Jupiter Z1 ini karena desain lampunya berubah, sekarang kesan proporsionalnya dapet.

Test Ride Jupiter Z1

 

Langsung saja EYD kenakan knee protector, arm protector dan helm fullface ambil Jupiter Z1 yang berwarna putih. Kunci kontak diputar, lampu engine check up sebelah kiri indikator menyala. Dan greng..greng wah deru suara knalpotnya mengingatkan EYD ke generasi Jupiter Z burhan. Gak cempreng lagi seperti Jupiter Z sebelum ini, good..good.

Ergonomi stang dirasakan masih kental dengan Jupiter Z sebelumnya, dan benar saja EYD coba meliuk-liuk ini motor enak banget diajak manuver. Tapi sayangnya arena test ride kurang mendukung karena banyak pasir dan lubang-lubang yang tertutup daun, agak riskan pengen test rebahan maupun ngejar top speed.

Test Ride Jupiter Z1

 

Perpindahan gigi di Jupiter Z1 ini agak halus tanpa sentakan keras jika pindah giginya di atas 6.000 rpm. Ini EYD coba saat test adu drag dengan rekan blogger lain ย di arena test ride.

Untuk sisi pengereman, cengkraman rem cakram depan menurut EYD sama seperti pakemnya rem depan NJMX. Dan untuk sisi rem belakang walau masih teromol tapi cukup pakem.

Last ย kekurangan dari produk baru moped injeksi Yamaha ini menurut EYD cuma masalah pricing strateginya. YIMM masih pede angkat harga New Jupiter Z1 di range 14-15 jutaan yang menurut EYD ini kok masih overprice ya. Jupiter Z lama saja sudah dicap kadung bebek overprice dibanding kompetitor. Ya walau ada pertambahan value injeksi, forged piston dan beberapa part teknologi balap tapi jika ingin menggebrak pasar moped mid-end tidak ada salahnya kalau YIMM repositioning harga lagi untuk varian baru ini, minimal harga masih samalah di range 14 jutaan jangan naik.

Pembahasan keunggulan-keunggulan lain yang ada pada Jupiter Z1 ini akan EYD bahas di artikel berikutnya. Silahkan dikomentari dan semoga berguna.

[nggallery id=3]

14 Komentar

  1. Sistem koplingnya apakah masih seperti yang NJZ yaitu menganut sistem matahari atau sistem pegas.

    Tolong jawab ya bro…

  2. Langsung saja EYD kenakan knee protector, arm protector dan helm fullface ambil Jupiter Z1 yang berwarna putih
    =====================================================
    kok ambil Z1 putih yg di foto malah hitam ๐Ÿ˜› overall kayanya emg proposional buntutnya.

  3. @EYD – weleh2..multi talent banget nich pakbro..selain karier, jd bendahara plus pembalap juga….mantab…dua jempol dach… ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*