Beranda Perawatan Motor Tips Perawatan Aki Kering

Tips Perawatan Aki Kering

6

Artikel ringan kali ini coba membahas bagaimana seharusnya memperlakukan aki kering dari motor kesayangan. Kebetulan MX Strada dari pabrikan sudah menggunakan aki kering jadi minim perawatan, namun bukan berarti kita cuek bebek tidak ada perhatian untuk menjaga aki kering motor agar tetap awet.

Berikut kiat-kiat agar aki kering lebih awet pemakaiannya.

  • Usahakan motor sering digunakan, kalau didiamkan misal dalam seminggu ini akan menyebabkan aki lemah dan pengisian menjadi kurang stabil
  • Gunakan lebih sering electric starter setiap harinya, kecuali untuk pertama kali memanaskan mesin di pagi hari menggunakan kick starter.
  • Hindari goncangan fisik yang berlebihan saat berkendara, misal sering melewati jalan yang rusak dalam kecepatan cukup tinggi. Goncangan ini akan menyebabkan sel-sel di dalam aki cepat rusak.
  • Selalu pantau cap kabel terminal aki agar selalu dalam keadaan tertutup, jangan dibiarkan lembab yang menyebabkan terjadi korslet.
  • Saat menstarter jika 1-2 kali tekan mesin tidak mau hidup, jangan biasakan ditekan terus menerus. Usahakan beri jeda 5 detikan untuk memulainya kembali.

Usia pakai aki kering normalnya bisa bertahan antara 2 – 2,5 tahun. Semoga berguna.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Otomotif Blog (SEO Optimized) : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

6 KOMENTAR

  1. Wah, saya baru tau kalo harus sering make electric starter. Thanks infonya bro. Soalnya Vega saya juga udah ganti aki kering (saya termasuk yg males ngecek kondisi air aki), dan selama ini kalo nyalain mesin selalu pake kick starter. Sebenernya electric starter motor saya fine2 aja, cuma saya udah keenakan pake kick starter sehari2. Tapi mulai sekarang saya bakal ikutin saran bro Elang 😉

  2. Wah, saya baru tau kalo harus sering make electric starter. Thanks infonya bro. Soalnya Vega saya juga udah ganti aki kering (saya termasuk yg males ngecek kondisi air aki), dan selama ini kalo nyalain mesin selalu pake kick starter. Sebenernya electric starter motor saya fine2 aja, cuma saya udah keenakan pake kick starter sehari2. Tapi mulai sekarang saya bakal ikutin saran bro Elang 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here