Penggantian Ban Belakang MX dengan Corsa S123 110/70-17

Well tepat kilometer di odometer menunjukkan 29.500km, Elang merasa masa pakai ban IRC lama MX Strada sudah melebihi toleransi waktu masa pakainya. Yup maksudnya sebenarnya sudah sejak kilometer 24.000 kemarin ban belakang sudah gundul jadi selama ini memang dipaksakan untuk tetap jalan terus.


Menyambangi bengkel sekaligus toko aksesoris motor, Elang beranjak ke Aneka Motor di kawasan Cibubur Jakarta Timur. Berkat impresi pertama ketertarikan dengan ban Corsa tipe S123 yang pernah Elang tulis di artikel terdahulu, tak butuh waktu lama Elang pun langsung menjatuhkan pilihan ke ban Corsa S123 ukuran 110/70-17 ke empunya toko. Tawar menawar akhirnya deal di 300K untuk biaya pasang + pentil. Menurut Elang ini sih agak mahal, tapi karena sudah jadi toko langganan Elang dan selalu nyaman belanja disini yo wislah ra popo.

 

Sebelumnya Elang ingin cari ukuran 110/80-17 dengan maksud ingin meninggikan jarak clearence agar aman dari polisi tidur, tapi sayang ukuran ini ternyata cukup langka.

Proses penggantian ban pun tergolong cepat dan profesional Elang lihat karena menggunakan bantuan mesin tidak manual by hand 😀 Elang perhatikan dengan seksama cara kerja mesin itu mulai dari proses membuka ban lama hingga proses pemasangan ban baru. Wuih.. kalau seperti ini kan velg MX Strada gak perlu lecet akibat 3x bocor.

Well setelah penggantian ban ini gimana impresi ridingnya? Tentu mengalami perbedaan cukup berarti, tarikan menjadi sedikit lebih berat dari biasanya mas bro, maklum lebar tapak ban meningkat satu level (100 -> 110) dan feeling merasakan konsumsi BBM sedikit mulai agak boros. Namun untuk diajak kecepatan sedang 70-80kpj ban tapak lebar ini lebih antep rasanya, makin pede saat melibas tikungan di daerah Bukit Pelangi.

Last penggantian ban ukuran lebih besar satu level untuk MX Strada ini sudah merupakan ukuran ideal menurut Elang, ban tidak terkesan men-donut juga masih menggantung jika di standar tengah (ya iyalah wong masih sama-sama /70) Secara unsur desain overall menambah kesan gagah mendekati sempurna akan kendaraan touring MX Strada 😀 Silahkan dikunyah-kunyah…


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

Advertisements

50 Comments

    • enakan fdr xr-evo 110/70 lebih tokcer di tikungan… ato battlax aja mas bro untuk yang bnyk duit.. ukuran tetap 110/70… lebih oke dan ideal….
      untuk ban depan enak pake FDR seri MP/XT/XR /irc razzo 90/80 lebih mantap… tapi sdikit agak boros…. karena soft compoun….
      untuk menikung di 80km naik aman kq.. roadrace juga pake mas bro…
      thxs ini sekedar saran… 🙂

  1. kyknya ada sedikit salah faham nih.
    /70 itu bukan berarti 70mm. 100/70 dengan 110/70 tingginya berbeda, bukan berarti sama 70 berarti sama tingginya
    ukuran ban 100/70 artinya lebar 100mm, tinggi 70% dr lebar =70mm. jadi kalo lebarnya diganti otomatis tingginya jg berubah, 110/70 artinya lebar 110, tingginya 70% dari 110=70,33mm

    tingginya tidak sama masbro, krn perbedaannya ga banyak jd ga begitu terasa bedanya

  2. standar tengah g mentok ke ban gde kan? Kliatan standar tngah wktu ban standar hampir menyentuh bibir ban waktu naikin standar.

  3. Besok ikut mas Elang ahh dari kemaren nyari ukuran ban g ketemu melulu. untuk ukuran 110/80 di daerah ane juga kurang stock mas.itu di spekbor kolong nyangkut g mas?

  4. ane mau tny…
    mx ane thn 2009 ane br gnti pake corsa terminator dpan 80/80 blkg 90/80..dan prasaan ada prbdaan dlm handling..
    kira2 knp y???
    mohon pencerahannya..tq

  5. misi bang numpang nanya…
    kalo diganti ban ukuran 100/80 mentok ga mas? atau masih bisa 100/90? menurut abang ketinggian ga sih?

  6. whehe rugi om kurang gede ane udah pake yg 120/70, masih pngen ganti yg lebih gede cz NJMX klo pke ban gede lebih garangg tampilannya hahaha…..

  7. OM…. MAU NANYA NI,
    ban yg bagus untuk MX tu merek apa
    yg enak di pake di tikungan..
    alnya aq baru ganti FDR,,, 100/80
    tapi klo tikungan goyang lari dia mas,,!!! trimss

    • Corsa S123 yang Elang pakai cukup bagus buat melibas tikungan, enak juga dipakai di trek basah pas hujan. Kl goyang pas nikung bisa jadi dari bantingan sok belakangnya

  8. gini om,,, tiap,,, tikungan apa lagi nga rata jalan nya,,, langsung nendang ke kanan ban blakang nya gan,, sperti nyeret gitu om…
    itu knapa om.. ga nyaman aq make nya,, klo jalan nga mulus,,!!! ngelempar ban blakang nya ,,!!!

    kmaren aq tanya montir,, katanya pengaruh ban botak,,
    tapi ban uda saya ganti tetap aja,,, ngelempar,,,

  9. Saya pake IRC RX-01F 110/70, harusnya sih buat ban depan Ninja 250, tapi gapapa lah buat dukung kalo menikung smp rebah.

  10. ane mau tanya gan
    ane udah make NJMX sekitar 5bulanan dan pas beberapa minggu motor baru turuh, ane udah ganti ban motor ane belakang make FDR genzi 100/80 dan depan FDR genzi 80/80
    berasa licin banget, bukan maksud jelek2n cuma ane mo ganti ban lagi aja biar terasa lebis sefti aja, soal’a udah beberapa kali ane mau jato ketika ban belakang or ban depan selip :3
    kira2 cocok ga yah kali ban belakang NJMX di pasang ukuran 120/70 dan depan 90/70
    merek or type apa yg dipakai saat jalanan basa or kering ga licin
    mohon masukannya
    terimakasih^^

  11. Mas mau nanya ni njmx saya udah habis banya dan saya ingin mengganti dengan ban ukuran 12070 17 untuk blakang dan 80/90 untuk depan yang ingi saya tanyakan apakah perlu saya ganti final gear yang lebih besar agar tarinkan menjadi enteng dan jika iya saya harus ganti gear ukuran berapa

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Warung Sejutaumat | Review 1,5 Tahun Ban Depan IRC NR82 NJMX
  2. Warung Sejutaumat | Konsumsi BBM NJMX dengan kombinasi ban gambot
  3. Gak ada Corsa S123, FDR Genzi pun jadi :) » Warung Sejutaumat

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*