Mengganti Lampu Senja New Jupiter MX

Tepat di kilometer 28.000 on speedometer MX Strada, akhirnya lampu senja MX pun tutup usia 😀 alias mati sebelah. Bersamaan dengan ganti oli kemarin lusa Elang pun menyempatkan untuk membeli lampu senja NJMX, harganya tergolong murah mas bro, cuman 5 ribu rupiah. Pemasangan tidak di bengkel melainkan Elang rencanakan pasang sendiri akhir weekend ini.

Yo wis hari Sabtu pun tiba, sehabis motor di cuci steam, penggantian lampu senja pun dilakukan. Hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk melakukan penggantian bohlam, berikut adalah langkah-langkahnya.

Pertama buka tebeng fairing MX sebelah kanan (karena lampu yang mati sebelah kanan) dengan kunci L untuk bagian baut paling atas dan paling bawah. Untuk baut bagian tengah dibuka menggunakan obeng plus (+) lalu untuk baut satu lagi bagian bawah samping bisa menggunakan kunci pas atau kunci T ukuran 12.

Tarik keluar fairing mulai dari bagian bawah, kemudian ikatan paling atas, baru terakhir fairing yang terletak dekat kunci kontak (area dek).

Setelah fairing dibuka, bisa terlihat dudukan lampu senja yang gampang diraih dengan tangan untuk melepasnya. Untuk membukanya putar ke kiri dudukan lampu (jika dari depan akan terlihat putaran sebaliknya ke kanan) lalu tarik.

Setelah terlepas, bohlam langsung bisa dilepas dengan cara tarik lurus ke arah depan. Bisa terlihat rumah bohlam yang berbentuk pipih.

Setelah itu bohlam yang baru bisa langsung dipasang dengan cara menekan lurus sampai terasa bohlam terjepit sempurna pada rumahnya. Setelah itu coba nyalakan motor, dan lampu senja yang baru pun menyala.

Jika sudah bisa pasangkan kembali dudukan lampu ke tempat semula dengan cara dorong dan putar ke kanan (jika dari depan akan terlihat arah kebalikannya ke kiri).  Terakhir pasang kembali fairing dengan memperhatikan setiap pengaitnya apakah sudah terkait sempurna. Jika sudah kencangkan semua baut-baut yang mengikat tebeng fairing.

Semoga bermanfaat.

10 Komentar

  1. oke bro,, membantu,..
    kalo ane, gak perlu buka fairing bro..
    hehe.. kapan-kapan share yah, cara membuka bok/reflektor lampu senja+sein NJMX. soalnya lampu LED ane masuk ke dlm reflektor lampu snja NJMX ane.. hehe..

  2. walah mas, untuk mengganti lempu senja atauapun lampu sein depan new jupiter mx kan gak harus buka baut apapun, apalagi sampai buka tebeng hehee..
    sepengalaman saya untuk mengganti lampu senja ataupun lampu sein depan bisa dijangkau dari kolong mas, tepatnya di atas spakbor depan. coba aja diintip keliatan dan bisa langsung dijangkau tangan hehee

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*