Wow..Akhirnya Mileage Jupiter MX Menyentuh Angka Psikologis Irit 50km per 1 Liter

Dari service rutin di Bengkel Resmi Yamaha (Amie Jaya Motor Cikeas) ada banyak catatan yang EYD bawa ke rumah :D. Kalau kemarin sudah menelurkan artikel Striping Jupiter MX baru dan artikel Impresi ban Corsa S123 maka pagi ini EYD coba mengulas tentang konsumsi BBM Jupiter MX sehabis service rutin kemarin.

Memang tadinya EYD nitip ke mekanik supaya karburatornya disetting irit (saja) karena mengingat motor tunggangan lebih banyak dipakai untuk harian ketimbang touring. Ya keputusan irit ini EYD pilih karena jarak tempuh MX ini tiap harinya PP kantor bisa mencapai 100km :D.

Nah setelah motor turun, EYD cek jarum meter sudah menunjuk ke E merah alias kalau hitungan EYD selama ini dengan posisi jarum di posisi E merah MX sebenarnya masih sanggup jalan 10km lagi. Perhitungan pun dimulai, EYD cari SPBU terdekat di kawasan Cibubur, kilometer menunjukkan 22.027km, dengan asumsi sisa tangki masih sanggup menempuh 8 km lagi yakni hingga 22.035km. EYD isi Pertamax 20rb dapetnya 2,36liter

Awalnya EYD bersasumsi dengan setting irit bisalah diraih angka 45km per liternya, karena selama ini MX EYD dengan kombinasi box Givi + boncenger tiap hari cuman dapet 40km per liternya. OK keluarkan gadget buka aplikasi kalkulator,  didapat 2.36×45=106km. So tinggal tambahkan angka estimasi yang ditunjuk speedometer sekarang yakni 22.035km + 106km= 22.141km

Waktu dan jarak pun berlalu motor dipakai wira wiri menemani aktivitas seperti biasanya. EYD perhatikan pergerakan jarum indikator BBM memang agak lambat dari biasanya pertanda irit 😀 Efeknya memang akselerasi dan tenaga jadi kurang. Selama masa test konsumsi BBM ini EYD mesti disiplin patok RPM sewaktu perpindahan gigi di 5000rpm dan top speed cukup 70kpj saja (memang keliatan berat untuk naik lagi, sangking iritnya :D)

Pagi ini EYD berangkat kerja seperti biasa dengan kombinasi box Givi + beban 3kg di dalam + boncenger nyonya. Menghadapi kemacetan khas Jakarta di pagi hari EYD cukup santai di gigi 1-2 saja. Dan moment mengejutkan itupun terjadi, yap EYD kaget melihat jarum meter kok masih di atas E padahal speedometer sudah menempuh jarak 22.139km. Dengan demikian perhitungan 45km per liter pun terbantahkan. EYD girang bukan kepalang berhenti ke pinggir jalan dan hitung ulang dengan perkiraan mileage 50km per liter => 2,36 x 50 = 118 so tambahkan ke penunjukkan awal 22.035km+118 = 22.153km. Ya sudah EYD lanjutkan perjalanan hingga sampai di parkiran kantor angka di speedometer tepat menyentuh nilai 22.153,7km sementara jarum masih di atas E sedikit. Artinya jika dihitung lagi EYD berasumsi keiritan Jupiter MX ini masih bisa sanggup 51-52km per liternya.

Last senengnya punya motor yang gampang bisa disetel kenceng hayo, irit juga bisa 😀 Mungkin ini karena berkat karburator New Jupiter MX tipe vakum gampang disetting iritnya 😀 Terima kasih Yamaha sudah menciptakan motor yang bertenaga namun irit, kalau mau ambil slogan tetangga, “Jupiter MX, si gesit irit”.

Semoga berguna.

 

25 Komentar

  1. wah…apa valid dengan cara kira2 sperti itu bro???mending yang pasti2 aja…isi sampe mleber di mulut tangki kalo sayang bawa botol kosong untuk ngegenapin, pakelah jalan2 sampe 40/50 km terus isi lagi sampe meluber ……
    lagian speedo juga kan korupsi speed n jarak…gak sesuai GPS, misal untuk speed 130 di pio..di gps cuma 110, ada korupsi sekitar 17%.., jadi demikian juga dengan jarak yang kebaca di speedometer…. CMIIW

    okee..ditunggu review barunya dengan cara simple di atas, kita lihat berapakah versi speedo/ordometer new mx?

    • @zulfin
      yup boleh dibilang ini versi pribadi EYD, namun EYD yang menggunakan motor ini sehari-harinya sudah kenal betul berapa toleransi penunjukkan di jarum speedometer (berdasarkan best practice selama 10 bulan pemakaian)
      Next akan EYD review ulang dengan metode simpel isi penuh sampai habis 😀 stay tuned

  2. Mirip Vega ZR saya bro. Sejak minta disetting irit ke mekanik, top speed jadi mentok di 70kpj. Maklum, saya belinya motor bekas. Dan karena pemilik yg lama ngga telaten ngerawat motor, jadinya boros minum bensin. Makanya saya langsung minta disetting irit ke mekanik. Tapi ngga masalah, toh saya juga kalo naek motor seringnya nyantai (padahal nyalinya aja yg kurang :mrgreen:). Yang penting akselerasinya masih maknyuusss. Btw, dari sekian banyak testimoni yg pernah saya denger, ternyata MX irit juga ya. Tau gitu sih dulu mending ngambil MX aja ya dibanding si Vega. Padahal dari dulu udah naksir berat sama MX, soalnya menurut saya, ini motor bebek dengan desain paling bagus di Indonesia. Cuma karena image kencengnya (MX diposisikan sebagai motor kenceng, bukan kalem kaya Vega), saya jadi batal ngambil MX. Maklum bro, di pikiran saya waktu itu, yg namanya motor dengan image kenceng pasti bakal boros bensin. Plus kalo di jalan, pasti suka banyak yg ngegodain manas2in ngajak balap (ini yg saya ngga suka, karena kenikmatan riding bakal terganggu ulah para alayers). Jadi makin ngebet pengen punya MX, tapi juga masih cinta ama si Vega (dilema)

    • @Basho
      cerita menarik mas, kalau MX generasi pertama saya tertarik beli karna bentuknya yg beda nan hi-tech, dijual karna kebutuhan. Di New MX sekarang tertarik beli lg karna fitur cakram belakangnya menawan. NJMX memang lebih irit karna tpsnya disempurnakan + penggunaan karburator vakum

  3. mas bro klo jalan PP kantor tiap hari ny selalu sepi bs coba trick ini aja, gak perlu setting irit…yakni dengan settingan standart + turunkan mata gear belakang 2 mata, jd singkat kata kita bermain pada putaran RPM gas, dimana utk mencapai speed tertentu bs diraih di RPM gas lebih rendah…nah kekurangan dr cara ini akselerasi ny turun sedikit, tpi maknyus utk menghemat konsumsi bensin

    • @Virus
      Nice tipsnya, tp berat untuk ganti rantai karna lebih suka pakai ori.
      Jika di jalan hambatan seperti sirkuit/luar kota mungkin bisa dapet 60km per liternya.

  4. Kalo Honda pasti irit. Yamaha (diragukan) iritnya! (liat aja koment paling atas !). Sok pinter bicara deviasi kilometer sgala. Padahal yang gituan udah dibahas tuntas di warung sebelah. Ngaruhnya gak signifikan…

  5. @blade-in
    mana bahasannya?!!!pasti dari mana???!!
    tau rekor muri motor teririt apa??bajaj xcd 125 1:104kmpl… ama skutik nex 1:79… ini jelas dari MURI, bukan ngasal gak independent!!!
    dasar emang gak pinter lo ya???!! deviasi ngaruh!!karna tu roda berputar terus!udah gw buktikan!! gak kyak lo bisa ngomong doang

  6. walaupun gak signifikan tetap itu ngaruh namanya,…lgan gw bilang cmiiw noh…
    gw pilihin beat buat ade gw karna kemakan omongan claim palsu honda yang ngaku 1:70 (gw udah coba eco riding dengan premium) cuma tembus max 1:40 (irit dari mana tuh??motor gw batangan lebih irit malah)
    nih contoh deviasi ngaruh, gw dgn motor gw yang deviasi kecil dari gps pernah ngukur dari satu titi ke titik lain tertera di odometer 110km…. begitu pake motor laen sampe kebaca hampir 120km!! real gw tes, mkanya gw berani bilang tuh deviasi ngaruh..

  7. em mencapai 50 km/liter kalo dipakai dg kecepatan berapa ya? klo dibuat ngirit ntar tarikanya gimna?
    minta pencerahan terima kasih…

    • waktu testing itu dibatasi sampai kecepatan 70kpj speedometer saja, namun hari kedua, ketiga EYD test hingga 80kpj bisa dapet tetap 50km per liter (asal jangan kena macet Sudirman/Pancoran 😀 )
      Next EYD mo bikin testing lagi dengan menggunakan metode bensin full sampai luber dipakai buat harian, silahkan ditunggu.

  8. wow,gile… tp dijamin g nyaman bgt… buat mencapai mileage segitu bnyak yg perlu dikorbanin… klo gua dulu punya MX th 2006 paling irit seirit2nya cmn dpt 35kmpl. super boros dibandingin pulsar2 ane yg skrg.. ane pake Pulsar 135 ma Pulsar 220. klo yg P220 rekor ane dgn kecepatan langsam sktr 60-70kmpj BBm 20rb premium tembus 210km.

  9. semua Pulsar ane kondisi standar,perawatan ala kadarnya yg penting pembakaran ok,filter bersih,kondisi tekanan ban pas,oli jg kondisi prima.. ane sring pake boncengan.. klo dirata2 dpt sktr 38-40/liter pemakaian normal.. speed dirata2 sktr 90kmpj di spido bro..

    • lebih OK lagi cara test konsumsi BBM ala anak jalanan seperti di warung sebelah, gak masalah ATPM mengclaim nilai angka iritnya, konsumen Indonesia sudah makin pinter kok memilih

  10. kata pihak Yamaha, New Jupiter MX bukan untuk adu irit tapi buat performa maksimal. Cek disini 😀 m.okezone.com/read/2010/11/26/53/397295/yamaha-jupiter-mx-bukan-buat-adu-irit-bbm

  11. Wah aku dalam kota cuma dapet 52 / 53 per liter, max speed cuma di 50 kpj, padahal medan kota ane banyak tanjakan. Ane pake pertamax…. gak pernah nyoba premium.

  12. motor boros belum tentu kecang, tp montor kencang pasti boros…jd klo jalanya dikecepatan ekonomis ya bisa irit…klo aq sih nempuh jarak dari jogja s/d banjarnegara via kebumen-sempor (kira” 175 km) bisa isi bensin ampe 3x (lari rata” diatas 90km/jam), pake jupiter MX 2006. tapi tenaganya yahud dan tarikannya mantaaap…?? spek mtrku: Noken as pake punya V-ixion, CDI Varro, karbu STD direamer 23.8, gir 14/39, porting, knalpot std new Smash (d’bobok), busi NGK platinum…ada kapasitor bank nya juga.

  13. Bro Endrik….new jupiter MX memang lumayan irit. Standar pakai harian ke kantor kondisi ramai lancar denagn speed 60-70 km/h memang bisa 1:50 km. Ban belakang saya ukuran 110 dengan cc 135 menurut saya jupiter MX termasuk irit. Itu saya pakainya juga dihemat banget kadang narik kadang standar.

  14. Kalau aku (MX-2006-premium) rata-rata 40km/jam (mau ngebut dimana,jalanan macet,penuh trafic light), 1lt dapat 36km..
    Gmana tuch.. Boros nggak ya…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*