Dukungan Opini untuk Beralih ke Helm Full Face

Bro sekalian, judul artikel ini sengaja EYD tulis buat share sekaligus minta pendapat mengenai pemilihan plus minus antara helm half face dengan helm full face. Walau pengunjung blog ini belum seberapa jumlahnya tapi minimal pengunjung yang ada dan membaca artikel ini dapat memberikan komentarnya.

 

 

 

Jadi begini ceritanya, helm half face yang selama ini saya pakai romannya sudah waktunya pensiun. Nah ada niatan menggantinya dalam waktu dekat ini.

Boleh dibilang sepanjang pengalaman EYD berkendara riding sejak motor pertama Smash, lalu motor kedua hingga sekarang motor ketiga, EYD selalu menggunakan helm half face. Entah kenapa bagi EYD helm half face seperti sudah menyatu dengan jiwa riding, selalu nyaman dipakai dan praktis dalam banyak hal.

Percaya atau tidak, helm half face selama ini selalu saya percayakan untuk menemani touring jarak jauh. Contoh pada 2003 saat touring Jakarta Medan solo riding, helm half facelah yang EYD pakai. Lalu saat 2005 touring Jakarta Surabaya EYD juga masih percayakan sebagai penutup kepala ini kepada pilihan helm half face.

Beberapa point yang menjadi nilai plus helm half face bagi EYD saat ini diantaranya seperti kenyamanan dipakai karena lebih dingin dengan sirkulasi depan yang bebas. Kemudahan untuk buka tutup visor, lalu praktis jika ditinggal parkir, cukup dikunci ke pengait yang ada di jok dan tentunya tidak perlu was-was jika kehilangan helm (pernah kehilangan 1x di suatu mall)

Nah itu kondisi pengalaman EYD sampai saat ini, namun entah kenapa sejak melek dunia otomotif via mantau blog-blog papan atas seperti Kang Taufik, Mas Tri, Bro Satar apalagi mbah Edo yang sangat konkern dengan keselamatan jalan raya, kok di hati kecil ini mulai ada keinginan untuk mencoba beralih ke penggunaan helm fullface. Saya perhatikan dominan para blogger otomotif kok semuanya hampir seragam menggunakan helm fullface.

Nah sebelum itu sebenarnya EYD sudah beberapa kali mencoba/test helm fullface temen, tapi begitu dicobain, hm..kenapa kurang nyamannya ya di pipi, seperti kayak ketekan gitu. Selain itu bayangin kl pake masker di dalam helm apa gak tambah panas? Intinya banyak hal-hal yang masih bikin ragu EYD untuk mulai menggunakan helm fullface ini dikarenakan faktor kenyamanan tadi.

Last, EYD pengen pembaca sekalian mau share terutama yang sudah pakai helm fullface selama ini, gimana plus minus yang dirasakan selama menggunakan helm full face tersebut. EYD berharap bisa tersugesti dan tertarik untuk mulai beralih ke helm ini dengan cerita-cerita dan pengalaman rider lain menggunakan helm full face.

Terima kasih sebelumnya buat pembaca, tak lupa EYD mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

10 Komentar

  1. memang bro, klo pertama kali make kerasa kurang nyaman tapi mungkin cuma sebentar aja lama-lama klo udah terbiasa kerasa nyaman, helm full face yang bagus klo pas artinya pipi ketekan dengan busanya jadi helm ngga mudah bergeser tapi itu klo dipake untuk balapan klo untuk harian cari aja yang gedean dikit jadi masih ada ruang tersisa buat pake masker. klo safety ga perlu diragukan lagi bro, gasruk diaspal juga nih helm visor (kacanya) ga gampang pecah karena ditahan ma bagian bawah helm beda ma half face klo jatuh terkadang visornya pecah dan mengenai wajah pemakainya.

  2. klo mnurut ane, utk merk lokal coba pake kyt, busa paddingnya lembut, trus jgn cari helm yg agak longgar bos, tp jgn terlalu sempit jg, pusing ntar, udah smpet dibahas klo ga salah di blog mana dlu, helm fullface yg bagus ya yg pas, dan agak neken di sisi pipi

    coba aja tahan helm, trus kita geleng2 di dlm helm, klo masi loss, brarti blm aman, trus tes lg sambil ngangguk2, klo masi longgar jg kurang aman, cari yg ga goyang klo dites gt

    trus jgn skali2 mrasa sayang duid bwt beli helm, kepala ga ada sparepart nya lho 😀

    klo ada rejeki lebih ya ga da salahnya beli merk import, macem airoh, nolan dsb :D, salam biker

  3. Fullface om…
    dr segi safety jelas unggul. ga perlu pindah, kadang kita juga perlu helm openface kok… (punya yg opnface kan???)
    sy punya keduanya, kalo jauh, sy pake full, kalo deket pake yg open. kalo pacaran ga pake helm.. :mrgreen: kidding..
    kalo lg boncengan, dpn full, belakang open…

    kalo fullface, wajah jd lebih nyaman diterpa angin ama debu dibnding open face.. tp tetep, openface lebih ringkas u/ keperluan tertentu…
    oh iya, ukuran kan beda2. mgkin punya temen om memang kecil, datengin aja gerai helm, cobain satu2. nyoba ga perlu beli kok.. he… jd bs bandingin ukuran yg banyak itu.

    keep safety ridding yg utama. jgn seruntulan…

  4. Originally Posted By EYD

    kl dana alhamdulillah udh ngumpul mas Taufik, tinggal keputusan aja apakah jadi pilih fullface atau tetep open face 🙂

    kalo gasalah , helm Open face itu Helm Fullface yang bisa dibuka … tapi bukan kacanya doang , tapi sama bawa kacanya juga hehehe

1 Trackback / Pingback

  1. Pilihan Jatuh ke Helm Yamaha Livery 50th Anniversary Motogp | Warung Sejutaumat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*