Iseng modifikasi headlamp NJMX pakai lampu LED

modifikasi headlamp NJMX pakai lampu LED

Assalamualaikum sobat biker, NJMX adalah termasuk generasi motor yang sudah terhitung jadul jika dibandingkan motor-motor zaman now. Liat saja fitur penerangan yang masih menggunakan lampu bohlam biasa untuk headlampnya, namun ini bukan kekurangan melainkan fitur yang dirasa cukup dimasanya.

Memasuki umurnya yang hampir 7 tahun kadang merasa bosen juga mata ini kalau riding malam dengan modal penerangan ala kadarnya di MX Strada. Bersyukur kedua mata masih diberikan nikmat sehat sehingga masih awas riding malam hari, tapi namanya lelah kalau penerangan minim ya pasti sering mengalami.

modifikasi headlamp NJMX pakai lampu LED

Secara kebetulan pas Elang lagi cari baut body di bengkel biasa, melihat aneka lampu LED yang dipajang toko kok tiba-tiba mupeng pengen coba di motor. Elang coba tanya ke empunya toko kalau NJMX ganti lampu LED bisa gak dengan kelistrikan bawaannya (masih AC)? Jawabnya bisa, cuma cahayanya gak stabil seperti sistem DC atau fullwave, jadi ketika mesin idle cahaya LED akan semi redup mengikuti putaran mesin.

modifikasi headlamp NJMX pakai lampu LED

Lalu Elang tanya lagi untuk memantapkan keinginan, mas ada gak LED yang warm white, yang agak kuning cahayanya, biar kalau hujan bisa tembus? Jawabnya ada mas, sip Elang pun akhirnya bulat jadi pasang lampu LED tipe warm white dengan harga 135rb, kodenya P15D25-1 merek Rayton, pokoknya terima beres dipasang ditempat.

modifikasi headlamp NJMX pakai lampu LED
kabel merah jumper ke kunci kontak

Pemasangannya simpel karena masih menggunakan rumah bohlam yang lama, tipe LED ini memang diperuntukan buat alternatif pengganti bohlam. Si mekanik terlihat hanya menambah kabel jumper dari kunci kontak, jadi lampu LED langsung nyala ketika kunci kontak diputar ON walau mesin belum hidup. Hm..kebayang nampaknya bakal tekor nih aki besok-besoknya.

Setelah terpasang rapi langsung Elang jajal, coba pencet tombol starter lah kok aki jadi gak kuat starter mesin, padahal sebelumnya oke-oke aja. Yo wislah sementara pake engkol dulu, begitu mesin nyala, Elang hidupkan saklar lampu dan hasilnya muncul warna putih agak kekuning-kuningan, siplah.

Gimana reviewnya setelah 1 minggu ini Elang pakai wira wiri malam hari? Ada beberapa catatan yang mau Elang sharing di review lampu LED ini, monggo disimak.

Pertama intensitas tingkat penerangan lampu lumayan lebih terang, kalau diprosentasekan lampu LED ini lebih terang 50% dari lampu bohlam bawaan MX Strada. Intensitasnya 11-12 dengan lampu halogen HS1 punya MX King atau New Vixion seingat Elang, cuma bedanya ini berwarna putih.

modifikasi headlamp NJMX pakai lampu LED
lumayan lebih terang 50% dari bohlam biasa (lampu dekat)

Fokus cahaya yang dihasilkan tipe LED yang terpasang di batok mika NJMX Elang perhatikan fokusnya ditengah, gak begitu luas kalau kesampingnya. Impresi pas Elang coba riding malam di kawasan Jonggol lampu LED ini sudah cukup dan bisa diandalkan kalau melewati daerah minim cahaya, lampu jauhnya juga lumayan.

Yang ketiga, alhamdulillah tadinya sempet khawatir dengan pengaplikasian lampu LED ini bakal bikin silau pengendara lawan arah, tapi ternyata sorotannya pas gak terlalu tinggi batok MX ini, apalagi warna LEDnya kategori warm white yang masih ada unsur kuning-kuningnya, jadi nyaman di mata.

Catatan terakhir, seperti Elang ulas di awal tadi, cahaya LEDnya masih tergantung beban kelistrikan mesin. Jadi maksudnya begini, ketika lampu rem nyala, cahaya LED langsung agak redup 😀 begitu juga dan ini yang paling unik, ketika lampu sein nyala maka cahaya LED ikut redup kedip-kedip mengikuti irama lampu seinnya, jadi redup terang, redup terang..ckckck ampun. Tapi ada untungnya juga model begini, ketika hendak nyalip kasih sein kanan, kedap kedipnya lampu utama MX Strada seolah memberi kode ke pengguna arus lawan arah bahwa motor ini mau nyalip..hehehe.

Kurang lebih inilah gambaran kalau NJMX diganti lampu headlampnya pakai model LED dengan tidak merubah sistem kelistrikannya. Jadi langsung plug n play dengan konsekwensi seperti yang Elang ceritakan tadi.

Melihat spek lampu LED ini, lampu ini punya kekuatan cahaya 4000 lux dan umur lifespan sekitar 30.000 jam, hm..penasaran nih bakal seawet apa lampu LED ini. Disamping itu aki sekarang sudah gak bisa dipakai starter motor, engkol terus, tapi dipake buat klakson sih masih mumpuni. Overall Elang puas dengan lampu LED ini, monggo sobat biker yang pernah coba lampu LED ini di NJMX atau motor lainnya, yuk sharing pengalamannya.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

3 Komentar

    • kalau untuk pemakaian LED idealnya begitu kang biar tegangan stabil, tapi beberapa review user NJMX yang modif kelistrikan ke full wave, kiproknya gampang jebol, makanya masih mencari referensi-referensi lain yang lebih aman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*