Advertisements
ElangJalanan.NET
Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle untuk Test Market di Tanah Air

Assalamualaikum sobat biker, hari ini adalah hari yang bersejarah bagi Yamaha Indonesia (YIMM) yang mulai melakukan test market sepeda motor listriknya di tanah air dengan memboyong Yamaha Electric Vehicle yang sudah lebih dulu masuk di pasar Taiwan dan Jepang. Bertempat di kawasan Elite Club Epicentrum Kuningan Jakarta Selatan, PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) menggelar konferensi pers dihadapan media dan Blogger dengan beberapa pejabat dari berbagai instansi terkait yang mendukung pengembangan masa depan motor listrik di Indonesia.

Sebelumnya dari rumah Elang punya ekspetasi bahwa hari ini (01/11) Yamaha sudah siap dan akan menjual motor listrik ke pasar umum untuk digunakan di jalan raya. Namun ternyata hari ini baru sekedar memperkenalkan sekaligus uji coba motor listrik Yamaha di beberapa instansi yang akan bekerjasama dalam rangka “Market Trial” ini.

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle


Bentukan motornya sendiri sekilas mirip Fino sob, hanya saja lebih imut dan gemesin kalau sobat lihat langsung. Ohya model motor listrik yang punya desain membulat ini di Taiwan sudah wira wiri dan diberi nama E-Vino, jadi kalau secara defacto motor ini sudah pasti sudah lolos uji emisi karena sudah terbukti aman dipakai di negara lain.

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle

YIMM sebagai anak perusahaan Yamaha Motor Company sedang giat melakukan studi pasar motor listrik di Indonesia. Dalam kurun waktu satu bulan ke depan, YIMM bekerja sama dengan empat institusi diantaranya Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD, akan melakukan uji coba motor listrik Yamaha. Motor listrik tersebut nantinya digunakan sebagai transportasi di kawasan internal mereka, jadi sabar dulu ya sob, untuk saat ini motor electric Yamaha belum bisa dikonsumsi publik atau versi On The Road, baru sebatas untuk konsumsi pengetesan di indoor area.

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle

Menilik ke belakang, sejarah awal kendaraan listrik Yamaha sendiri dimulai pada tahun 1993. Saat itu Yamaha Motor mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicycle pertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System). Di negara-negara yang punya sejarah bersepeda, seperti negara di Eropa dan Jepang, sepeda atau motor listrik telah mendapat posisi di hati masyarakat mereka. Tak heran penjualan Yamaha PAS di pasar global telah mencatatkan hasil yang positif dengan total penjualan lebih dari 4 juta unit di seluruh dunia, termasuk penjualan unit penggeraknya, wow.

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle

Yamaha pertama kali memperkenalkan sepeda motor listrik di tahun 2002 lewat Yamaha Passol. Yamaha kemudian terus melakukan pengembangan dengan berturut – turut memperkenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino serta di ajang Tokyo Motor Show memamerkan beberapa motor sports listrik andalan. Hingga saat ini penjualan motor listrik Yamaha telah merambah kawasan Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit.

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle

Market Test motor listrik yang dilakukan YIMM ini adalah bentuk dukungan Yamaha kepada pemerintah terkait Program Percepatan Kendaraan Listrik untuk Transportasi Jalan. Saat ini memang apa saja tentang “motor listrik” menjadi objek yang seksi menjadi bahan perbincangan. Ke depannya Yamaha akan menganalisa hasil “Market Trial” ini supaya menghasilkan motor listrik berkualitas untuk konsumen Indonesia. Hadirnya motor listrik Yamaha nanti akan memberikan pengalaman berkendara yang baru bagi konsumen. Ini adalah komitmen Yamaha untuk memajukan industri transportasi di Indonesia.

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle

Diakui atau tidak untuk saat ini memang lingkungan dan budaya transportasi kita belum siap untuk transportasi model motor listrik. Tak hanya regulasi dari pemerintah dan sarana pendukung yang belum rampung. Ditambah lagi culture masyarakat kita yang belum aware masalah keselamatan. Elang setuju dengan pendapat Pak Dion YIMM bahwa penetrasi market motor listrik gak bisa sukses hanya di satu pabrikan, harus seluruh industri dan pemerintah yang sama-sama bekerjasama dan mendukung.

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle

Di artikel selanjutnya Elang akan kupas tuntas gimana fitur dan pengoperasian Yamaha Electric Vehicle ini, termasuk bagaimana feel riding berkendara di atas motor listrik yang imut n gemesin ini, stay tunned..

Sekali lagi selamat buat langkah Yamaha telah memperkenalkan motor listriknya ke tanah air.

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle

Yamaha Resmi Memperkenalkan Yamaha Electric Vehicle

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: