Leher knalpot NJMX keropos

Leher knalpot NJMX keropos setelah 150.000 km, solusinya bagaimana?

Assalamualaikum sobat biker, masih ingat tulisan Elang terdahulu yang bahas daftar motor-motor dengan suara knalpot berkarakter disini? Pada saat menulis artikel itu sebenarnya Elang pribadi sedang merindukan suara garang khas MX yang hilang sejak odometer menempuh jarak 150.000km.

Sempat gak ngeh penyebab suara sember asalnya dari mana, pokoknya gak enak banget suara knalpot udah seperti motor jadul yang terkesan gak kerawat mesinnya, duh. Sampai akhirnya masuklah timeline jadwal perawatan ganti kanvas kopling MX Strada akhir bulan kemarin. Karena membuka crankcase bak kopling otomatis harus membuka knalpot juga, sampai disitu Elang belum ngeh dan belum mengeluhkan suara sember ke sang mekanik.

Elang baru mulai ngeh sumber masalah ketika sang mekanik berujar “Mas gasket knalpotnya udah tipis kayaknya, tadi mau saya ganti tapi kebetulan partnya lagi kosong buat MX”. Efeknya apa mas kalau gak diganti? Seru Elang kepada mekanik. Ya gas buang bisa bocor keluar lewat leher knalpot aja mas dan suara jadi “sember” kayak gini. Hm..langsung deh Elang mengiyakan jawaban sang mekanik dengan seyakin-yakinnya, jadi ini toh penyebab suara sember selama ini.


Leher knalpot NJMX keropos
Leher knalpot NJMX keropos

Yo wis selang beberapa hari Elang sempatkan lagi main ke bengkel resmi lain ke Amie Jaya Cikeas, sempet khawatir juga kalau part gasket ini gak ada dan harus inden nantinya. Sesampainya di bengkel ternyata stok part ada, alhamdulillah. Gak pake antrian MX Strada pun masuk area service tapi diluar Pit, langsung dikerjakan.

Saat membuka gasket terlihat cukup lama karena kesusahan mekaniknya, dan saat itu baru ketauan kalau leher knalpot ternyata mengalami keropos juga sob, setelah diampelas terlihat jelas ada 2 lubang keropos di leher knalpot yang memang sudah berumur dan menguning. Menurut mekanik solusinya lobang kropos ini harus dilas, yo wis Elang manut aja, pokoknya gimana biar suara khas MX bisa kembali normal.

Akhirnya knalpot MX dibawa mekanik ke bengkel las terdekat, dan setengah jam kemudian sudah kembali ke bengkel.

Leher knalpot NJMX keropos
Gasket Knalpot NJMX, murah cuma 16rb

Setelah gasket knalpot dipasang yang baru berikut knalpotnya, langsung deh Elang jajal gimana perubahan suaranya. Greng..suara garing khas MX Strada akhirnya normal lagi sob, yess I’m happy.

Ohya harga gasket knalpot MX cukup murah, hanya 16rb harga HET di part catalog. Sekarang kondisi MX Strada sudah 100% dalam kondisi fit sehat wal afiat walau sudah berumur 6.5 tahun lebih usia pakainya, ada kepuasan tersendiri pake motor lawas namun dalam kondisi sehat, makin cinta deh.

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *