Advertisements
ElangJalanan.NET
motor dengan suara knalpot yang berkarakter

Ini daftar motor dengan suara knalpot yang berkarakter versi Elang Jalanan, Brumm..

Assalamualaikum sobat biker, di hari Jum’at dan sekaligus hari kedua di bulan Muharam sebagai awalan tahun baru 1439 H ini Elang coba isi cacatan blog dengan artikel ringan ala Elang Jalanan. Salah satu kenikmatan dalam berkendara motor ada pada suaranya, nah Elang mencoba list beberapa deretan motor 4 tak yang karakter suara knalpotnya begitu khas dan berkarakter, abaikan dulu mesin 2 tak atau moge 4 silinder dalam tema artikel kali ini, ini pure motor cc kecil saja yang banyak lalu lalang dipakai sebagai motor harian disini.

Nah apa saja daftar motor dengan suara knalpot yang berkarakter versi Elang Jalanan, monggo dilanjut.

1. Honda CBR250RR

Siapa yang belum pernah jajal riding bersama Honda CBR250RR terbaru besutan AHM ini? Kalau yang sudah pernah riding di atas motor ini pasti tak akan lupa dengan sensasi suara yang keluar dari 2 buah lubang mufflernya yang eksotis. Suaranya begitu merdu khususnya saat RPM sudah mulai naik diatas 6000 RPM. Walau knalpot masih standar tapi efek suara yang dihasilkan begitu berkarakter, merdu seperti pakai knalpot racing, cukup mengintimidasi.

motor dengan suara knalpot yang berkarakter


Gak heran karena Insinyur Honda saat mendesain mesin CBR250RR memang sengaja mendesain muffler untuk menghasilkan suara yang nice, dan terbukti berhasil suaranya paling merdu dan gahar dikelasnya.

Terus gimana dengan dua kompetitor lainnya, apa gak termasuk kan sama-sama dua silinder? Menurut Elang 2 kompetitor merek Jepang lainnya suaranya cenderung kalem dengan knalpot standarnya, suara baru keluar melengking saat RPM sudah diatas 9000 RPM, jadi kudu gas poll bener baru bisa menikmati.

2. Benelli TNT 250

Nah ini dia motor yang spesial di mata Elang, bukan karena performa mesinnya sob tapi karena suara mesinnya itu loh yang beda dari yang lainnya. Walau bermesin dengan konfigurasi 2 silinder segaris tapi sensasi suara dentumannya layaknya mesin 4 silinder, aneh kan?

motor dengan suara knalpot yang berkarakter

Ternyata efek suara ini dihasilkan dari karakter mesin TNT 250 yang menganut sistem pengapian crankshaft 360° dan kedua piston bergerak bersamaan, sama-sama keatas dan sama-sama turun kebawah.

3. Honda GL Pro

Motor lawas yang sudah tidak diproduksi lagi oleh AHM sejak lama ini masih banyak ditemukan di daerah-daerah, jika sobat main ke Bromo kota Malang salah satu motor kencang dan bandel di zamannya ini masih banyak ditemukan.

motor dengan suara knalpot yang berkarakter

Nah motor ini termasuk yang punya suara khas dari knalpotnya, suaranya terdengar garing, semakin digeber semakin asyik terdengar. Suara garingnya terdengar linier seiring dengan performa mesinnya saat dipakai, sinkron kalau Elang menyebutnya.

4. Yamaha Scorpio Z

motor dengan suara knalpot yang berkarakter

Motor selanjutnya yang punya suara bagus dan berkarakter versi Elang Jalanan adalah motor ini, Yamaha Scorpio Z. Punya karakter suara yang juga garing namun dengan dentuman sedikit lebih kuat dari GL Pro karena cc lebih besar. Pengalaman Elang riding diatas Scorpio Z ini cukup dimanjakan dengan suara knalpotnya, enak banget sob.

5. Honda New Mega Pro

motor dengan suara knalpot yang berkarakter

New Mega Pro versi karbu terdahulu sudah dikenal memiliki suara khas yang ngebass gitu sob, semakin dibejek trotlenya suara bassnya makin kental terasa, selain enak untuk dinikmati sendiri suara ngebass ini juga terasa enak bagi sekitar yang mendengar, CMIIW. Sayang di generasi FI nya dengan desain knalpot baru, ciri suara NMP lama hilang, jadinya biasa aja kurang berkesan.

6. Honda Verza

motor dengan suara knalpot yang berkarakter

Walau motor ini terlahir untuk mengisi segmen Sport entry level yang berbeda kelas dengan New Mega Pro, namun kabar baiknya Honda Verza membawa plek desain knalpot NMP yang ngebass itu. Alhasil jika sobat merindukan suara knalpot ngebass di NMP dulu kini masih bisa temukan di generasi Honda Verza. Motor boleh murah tapi suaranya euy tetap berwibawa.

7. Yamaha New Jupiter MX

Nah ini motor yang kebetulan Elang pakai hingga saat ini hampir memasuki usia 7 tahun. NJMX 135 adalah salah satu bebek yang punya suara khas dan berkarakter sekaligus unik. Orang bilang suaranya ngorok, tapi justru ngoroknya itu yang bikin garang seolah mengintimidasi.

motor dengan suara knalpot yang berkarakter

Suara NJMX ini unik, ketika dibawa jalan pelan suara knalpotnya halus nyaris tidak terdengar seperti halnya Supra X 125. Tapi jangan salah begitu throttle dibejek secara agresif maka suara garing bin ngoroknya yang mengintimidasi langsung keluar ibarat motor yang ngajak perang. Nyonya sendiri kadang yang sering dibonceng suka komentar, ini Motor Setan kalau lagi meraung 😀

8. Suzuki Shogun 125 SP

Nah ini motor bebek satu lagi yang seingat Elang dulu pernah jajal punya suara yang khas juga. Lagi-lagi dari ujung knalpotnya yang tinggi terdengar suara garing mirip GL Pro tapi dalam tekanan lebih kecil, maklum cc lebih kecil dan mesin tiduran pula. Pokoknya asyik aja berkendara di atas Shogun 125 SP lawas ini, mesin kencang suaranya juga mumpuni berwibawa.

motor dengan suara knalpot yang berkarakter

9. Bajaj Pulsar series (180 UG, P200, P220)

Motor sport keluaran pabrikan India ini termasuk yang bikin Elang terkesima akan suaranya saat diperkenalkan tahun 2006 silam, suaranya khas terdengar nyess, swing-swing seperti efek suara air suspension di mobil, nyess. Kalau suara swing-swing ini bukan dari desain knalpotnya sob, tapi murni dari suara balancer di mesin Pulsar, terbukti ketika ganti knalpot racing efek suara swing-swing masih tetap ada.

motor dengan suara knalpot yang berkarakter

Selain ada di Pulsar 180, karakter suara mesin yang khas ini juga berlanjut di seri atasnya Pulsar 200 DTS-i dan Pulsar 220.

Nah itu dia daftar 9 motor yang punya kekhasan di sektor suara knalpotnya versi Elang Jalanan, kalau sobat pembaca punya tambahan daftar motor lain yang menurut sobat punya suara khas dan berwibawa monggo ditambahin di kolom komentar.

Monggo dikomentari 😀

Baca Juga..

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

9 comments

  • jojo

    Hahaha, sudah kuduga motore seng gawe artikel masuk kriteria…. Wkwkwkwk….

    Sama kang, aku jg pengguna new mx 2011, makin lama tambah sayang… Seneng banget pas sendirian nyoba ngetes speed, dr gigi 1 sampe 4 mantep, raunganya diperhatiin emang khas, cuma ya itu gigi 5 nya bikin mual…

    Oiya kang, ada rencana aku mau ganti gigi rasionya jd 6 speed, biar ngisi terus powernya, gmn, dari jenengan ada saran ndak, misalkan mending jangan dg alasan blablabla, seandainya gk masalah ganti punya merk siapa dan blablabla…. Wkwkwk,..

    Monggo masukannya..
    Ditunggu… Suwon

  • Otojurnal

    Tambah 1 lagi oom
    Suzuki shooter. Atau smash injeksi.
    Ini suaranya garing banget.
    Paling mengintimidasi di kelas bebek 110.

    • elang

      oh iya, Smash karbu juga dulu suaranya garing, kalau Suzuki Shooter kebetulan belum pernah pakai/dengerin secara seksama suaranya 🙂

  • gie

    tiger seres juga suara knalpotnya juga enak selain gemerisik suara rantainya.

  • reireirei

    Kalo point nomer 9 suara khas karena balancer mesin alias bunyi swing swing berarti ente luput satu motor kang:
    YAMAHA CRYPTON.

    Ini bebek yamaha 4 tak pertama di indonesia. Suaranya khas ada dengingya karena ada balancernya.

    Karena ada balancernya, ini motor paling alus getarannya dibanding kompetitornya saat itu: supra, grand, kaze, shogun.

    Kalo tahu ttg Yamaha Crypton, selamat, berarti ente anak 90an..

  • Thunder 250 knalpot standar bobokan jg khas & intimidatif, karakter nya suaranya beda dgn scorpio & tiger dulu saat jamannya..

  • ockta

    kang ralat, bukan scorpio z, tp scorpio g kang… kalo yang z suaranya udah mulai adem… tambah lagi donk tiger juga punya karakter banget, ngebas bulet.. sama new megapro, kalo d rpm bawah..

    • elang

      Scorpio G yang mana ya kang, yang versi pertama yang kayak RX-King bodynya? Kalau yang paling akhir (New Scorpio Z) udah pake catalizer jadi suaranya gak keren lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: