Advertisements
ElangJalanan.NET
Review singkat Kawasaki Versys X 250

Review singkat Kawasaki Versys X 250, sudah lebih dari cukup untuk sebuah motor touring

Assalamualaikum sobat biker, beberapa waktu lalu Elang bertandang ke rumah IWB untuk mencoba icip-icip motor adventure di kelas seperempat liter dari geng ijo. Kesempatan ini gak Elang sia-siakan karena untuk bisa jajal Versys X 250 di lain kesempatan apalagi di real jalanan sangatlah susah mendapatkan momennya.

Alhamdulillah di pagi itu walau singkat hanya berlangsung 30 menit riding di jalanan Gas Alam Depok – Leuwinanggung hingga Jalan baru akses tol Cikeas sudah cukup untuk mendapatkan gambaran seperti apa kesan-kesan yang ditawarkan Versys. Yuk monggo disimak reviewnya

Ergonomi duduk di Versys X 250

Pertama melihat motor ini adalah Versys cukup tinggi, Elang lupa berapa seat height jok Versys namun setelah diduduki rider yang punya tinggi 165cm ternyata kedua kaki bisa nempel sempurna ke tanah walau sedikit jinjit. Dalam kondisi diam Versys tidak seberat yang dibayangkan saat Elang coba swipe ke kanan ke kiri dan mencoba maju mundurkan motor.

Review singkat Kawasaki Versys X 250


Busa joknya terasa agak keras memang, tapi overall masih okelah.

Model setang yang baplang bin lebar khas motor adventure yang dipunyai Versys cukup pas bagi kedua tangan untuk meraih, tidak kejauhan. Posisi footstep depan yang segaris lurus dengan jok tempat duduk membuat segitiga ergonomi Versys benar-benar sesuai untuk peruntukan touring, nyaman pol apalagi dipake posisi standing riding posisinya seperti saat berada di alat kebugaran gym, ini sob salah satu kelebihan yang ditawarkan motor-motor adventure (bisa berdiri nyaman)

Handling dan Suspensi Kawasaki Versys X 250

Langsung setelah start meninggalkan rumah IWB menuju jalanan untuk sesi test, Elang langsung mencoba handling dari motor adventure 2 silinder ini. Versys begitu mudah dipakai berbelok dan ternyata cukup lincah untuk dipakai selap selip asal jangan lupa mengukur batas lebar side box yang terpasang di versi Tourer ini.

Itu ketika dipakai berkendara pelan, saat dipakai dikecepatan lumayan tinggi di Jalan baru Cikeas, Versys yang Elang coba masih nikmat dikendarai dikecepatan tinggi 135kpj, motor begitu tenang dan antep. Elang rasa ini sudah lebih dari cukup, toh touring di jalanan Pulau Jawa umumnya kecepatan maksimal yang nyaman dipakai biasanya sebatas 120kpj lebih dari itu butuh extra effort untuk fokus terhadap bahaya di jalanan, alias kurang nikmat.

Review singkat Kawasaki Versys X 250

Untuk suspensi, feel yang Elang rasakan setelan suspensi Versys cukup pas untuk ukuran pengendara berbobot ringan 55kg seperti Elang, tidak kekerasan juga tidak lembut-lembut amat. Elang coba ketika melewati polisi tidur maupun jalan tembusan pinggir tol Jagorawi yang keriting, sensasinya nyaman pol, gak perlu standing mode, kerja suspensinya cukup bikin nyaman.

Begitupun saat dipakai high speed, suspensi berperan aktif membuat motor tetap antep gak melayang.

Performa mesin Versys X 250

Nah ini dia sob salah satu yang menjadi daya tarik Versys selain sisi kenyamanan dan handling yang Elang sebutkan di atas. Raungan dua silinder jelas nikmat, tapi ada satu lagi yang membuat riding experience mengexplore performa mesin terasa nikmat, karakter mesin overbore 2 silindernya itu loh. Walau overbore tarikan awalnya cukup nendang, lebih dari cukup dipakai stop n go hanya dengan modal gigi 2. Tarikan tengahnya rasanya biasa saja, namun begitu coba putaran atasnya, alamak enak banget mesin 2 silinder diajak berkitir sampai 12.000 RPM

Review singkat Kawasaki Versys X 250

Sensasi ini yang mungkin gak akan didapat di motor touring seperti Suzuki V-Strom 250 apalagi di Viar Vortex.

Suara mesin yang keluar dari knalpot Versys termasuk halus.

Gimana perpindahan giginya? Sedikit terasa keras namun tuas kopling justru terasa enteng saat digunakan.

Review singkat Kawasaki Versys X 250

Pengereman Versys X 250

Feel pengereman Versys termasuk pakem menurut Elang baik rem depan maupun belakang, cuma untuk fitur ABSnya Elang belum sempat lakukan test panic braking, dengan adanya fitur ini cukup menambah rasa aman saat berkendara.

Fitur-Fitur Kawasaki Versys X 250

Berbicara fitur pastinya sobat sudah tau banyak, Versys X 250 versi Tourer adalah versi yang paling lengkap. Tersedia fitur rem ABS, lampu fog lamp yang cukup terang dipakai malam hari, port charger 12V (butuh lighter USB), side box berukuran tidak terlalu besar, hand guard dan crash bar.

Review singkat Kawasaki Versys X 250

cukup irit bisa 26km/liternya

Baca juga..

Kesimpulan

Versys X 250 menawarkan kenikmatan riding ala adventure yang benar-benar mendekati sempurna baik dari segi handling, performa mesin dan fitur. Mungkin yang menjadi kurangnya adalah soal desainnya saja yang tergolong biasa kurang ganteng, bagi orang yang gak memperhatikan soal ini pokoknya my trip my adventure ya Kawasaki Versys X 250 cukup bisa diandelin bahkan dipakai buat harian Elang pribadi menilai Versys cukup nyaman dipakai. Apalagi soal keiritan info dari mid display yang sempat Elang intip, Versys ini bisa irit juga 26-27km per liter BBM, keren bukan.


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: