Report Blogger Factory Visit: Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda di Plant AHM Karawang

ATPM

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda

Assalamualaikum sobat biker, intro sedikit, hari Sabtu kemarin tepatnya tanggal 15 Juli 2017 adalah salah satu momen yang luar biasa bagi Elang karena bisa bersilaturahim dengan puluhan rekan Blogger dan Vlogger yang datang dari berbagai penjuru tanah air, tak lebih dari 55 Blogger dan Vlogger otomotif berkumpul di pabrik motor AHM yang berlokasi di Karawang ini. Jujur dari segi jumlah ini adalah even pertemuan Blogger terbanyak dalam sejarah Elang kopdar dengan teman-teman Blogger dan dengan pertemuan kemarin, genaplah sudah wajah-wajah yang selama ini ada beberapa yang belum pernah ketemu hanya bertemu di halaman Facebook akhirnya bisa bertatap muka langsung di halaman pabrik Plant 4 AHM, joss banget.

Acara yang diprakarsai oleh HC3 PT. Astra Honda Motor dan disupport oleh perwakilan main dealer setiap daerah ini murni adalah acara silaturahim Blogger dan Vlogger Otomotif nasional, momennya pas masih dalam suasana Lebaran di bulan Syawal, yo wis kesempatan emas nih buat halal bi halal biar dunia perbloggeran semakin adem 🙂

Selain acara silaturahim, AHM juga ingin memperkenalkan plant baru mereka (gak baru-baru amat sih) yakni Plant 4 dan 5 Karawang yang kebetulan berada dalam satu site, luas banget areanya sob. Ohya kunjungan Elang pribadi ke Plant 4 ini sudah yang kedua kalinya nih, yang pertama saat peresmian Plant 4 oleh Wapress Bapak Yusuf Kalla di Desember 2014 silam dan saat itu Plant 5 masih dalam pembangunan belum rampung. Jadi secara umur, kedua pabrik ini masih fresh kondisinya dan kedua Plant ini menjadi kekuatan baru AHM untuk fokus menggenjot produksi sepeda motor mereka di kelas matic dan sport.

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda

Sebagai informasi untuk sobat pembaca, Plant 4 adalah pabrik untuk produksi varian motor matic Vario 150 dan Beat sedangkan Plant 5 pure untuk produksi sport mereka (Honda CBR150R, CB150R, Sonic dan All New Honda CBR250RR). Kehadiran 2 plant ini melengkapi 3 pabrik AHM lainnya yang berada di Sunter, Pegangsaan dan Cikarang.

Nah sebagai oleh-oleh kunjungan Elang di pabrik motor AHM terbesar di Asia ini, Elang ingin berbagi pengalaman kepada sobat biker tentang bagaimana alur proses perakitan sepeda motor Honda di Plant yang menerapkan tema Go Green di lingkungan pabriknya. Elang akan jabarkan secara textual saja karena selama berada di area produksi, kita rekan-rekan Blogger dan Vlogger tidak diizinkan membawa HP/Kamera, so minim gambar yang bisa diabadikan.

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda
Bu Istiyani memberikan sambutannya

Boleh dibilang walau pabrik seluas ini bukan berarti memproduksi semua printilan motor disini, plant perakitan ini hanya memproduksi bagian-bagian yang kasar saja seperti welding frame, welding block engine dan plastic injection, sementara untuk part-part halus atau kecil dan termasuk kelistrikan didatangkan dari berbagai vendor di tempat lain.

Oke Elang akan ceritakan alur gimana sih urutan produksi dari bahan baku hingga menjadi sepeda motor utuh layak jalan.

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda

Rombongan Blogger diajak ke tempat Casting, disinilah tempat pembuatan block mesin seperti silinder dan crank case dicetak. Hm..suasana di ruangan ini tercium bau yang menyengat ke hidung, padahal proses welding berada di dalam ruangan tertutup kaca. Di ruangan ini sedikit sekali man power yang dilibatkan, mayoritas pekerjaan welding sudah dipegang oleh mesin-mesin robotic yang Elang terpesona melihat kerjanya gak kenal lelah…wkwkwk ya iyalah..tapi jujur Elang memang terpesona dengan program kerja robotic raksasa seperti ini.

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda

Hasil keluaran dari unit welding yang sudah kebentuk ini dikirim ke unit Engine Assembly untuk dirakit secara manual oleh man power, namun menariknya proses perpindahan dari unit ke unit ini sebagian besar Elang perhatikan sudah dikerjakan oleh robotic lewat jalur marshal yang menghubungkan setiap unit, efisien banget sob prosesnya.

Lalu kita pindah ke bagian Frame Welding, disinilah besi-besi lurus dibentuk menjadi frame sesuai dengan bentuk motor yang dirakit. Sama seperti divisi casting, sebagian besar pekerjaan pembentukan frame dan pengelasan sudah dilakukan oleh sistem robotic, di ruangan ini Elang melihat lumayan serem juga nih sob, karena karyawan yang bertugas di ruang welding ini cukup dekat berinteraksi dengan robot-robot raksasa yang melakukan pekerjaan welding, gak ada kata bercanda disini, meleng dikit bisa keangkut robot ke dalam ruang las, serem bukan.

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda

Selain membuat frame divisi ini juga memproduksi part tangki bahan bakar motor.

Lanjut kita rombongan dibawa ke ruang Plastic Injection tempat pembuatan plastik untuk body-body motor. Pembuatan plastik body ini berasal dari biji-biji plastik sob, jadi bukan dari plastik ember atau lainnya ya..hehehe sama seperti komponen besi yang dibuat dari bahan dasar biji besi, begitu juga plastik.

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda

Setelah berbentuk body plastik motor, oleh robotic dipindahkan masuk ke ruangan painting, pengecatannya menggunakan metode painting spray.

Output dari ketiga divisi ruang tadi (Engine Casting, Frame Welding dan Plastic Injection) berupa masing-masing part yang siap dirakit dikirim ke bagian Assembly Unit atau ruang assy. Disinilah tenaga man power terlihat ramai mengerjakan proses perakitan dari hulu hingga akhir, kurang lebih ada 100 orang yang terlibat untuk perakitan 1 unit motor utuh. Masing-masing orang mengerjakan hanya 1 pekerjaan komponen secara teliti dan cekatan. Hasil pekerjaannya langsung estafet ke pekerja berikutnya untuk mengerjakan perakitan komponen selanjutnya, begitu seterusnya hingga di ujung kita bisa lihat 1 unit motor yang sudah jadi siap diperiksa di bagian Final Inspection. Ohya dalam setiap line up produksi ini hanya memproduksi motor dalam 1 warna saja sob, jadi sistemnya berurutan, misal job pertama mengerjakan 100 unit Honda Beat berwarna biru, setelah part untuk unit ke-100 keluar, maka program dilayar akan memberi tahu sistem untuk produksi warna berbeda dengan jumlah yang sama, begitu seterusnya dalam 1 hari produksi.

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda

Saat di hilir produksi, kami rombongan melihat dan menghitung sendiri, setiap 22 detik keluar 1 motor Beat baru di line produksi ini, weleh cepet tenan. Dan canggihnya sistem manajemen inventory di manufacture ini, begitu keluar 1 motor baru yang selesai dirakit, sistem akan melakukan PO spare part untuk 1 motor full ke vendor, istilahnya jika ada 1 motor selesai dirakit, maka sistem memberitahu Vendor bahwa ada kekurangan spare part 1 motor lengkap yang harus dikirim.

Di bagian Final Inspection, rombongan tidak melihat unit yang gagal, semuanya terlihat dirakit dengan tepat dan benar.

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda

Setelah puas melihat proses produksi di line up motor matic di Plant 4, kami pun dibawa ke Plant 5 yang khusus memproduksi semua varian Sport kecuali Verza. Beuh plant seluas ini harus ditempuh dengan berjalan kaki sob, lumayan lah buat olah raga 😀

Kebetulan Plant 5 di hari Sabtu kemarin tidak ada jadwal produksi, jadi kita hanya melihat pos-pos perakitannya saja. Disinilah All New Honda CBR250RR dirakit dengan standar akurasi, kebersihan dan disiplin karyawannya yang tinggi. Cukup salut juga melihat pabrik yang luas yang memproduksi sepeda motor semasive ini terlihat tetap bersih minim debu. Nampaknya AHM benar-benar menerapkan plant dengan tema Go Green yang sukses disini.

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda
3 Layer Dealer Honda

Nah begitulah kira-kira gambaran proses produksi sebuah sepeda motor di Plant AHM Karawang ini sob, sekali lagi karena minim gambar hanya ini saja proses yang bisa Elang ceritakan ke soba pembaca.

Last via artikel ini sekali lagi Elang ucapkan rasa terima kasih kepada HC3 AHM yang telah memberi kesempatannya untuk berkunjung di pabrik sepeda motor terbesar di Asia ini dan mungkin di dunia. Namun yang paling keren adalah inisiasi AHM untuk memfasilitasi silaturahim pertemuan rekan-rekan Blogger senusantara dalam suasana Lebaran ini. Terima kasih juga wabil khusus untuk Wahana Artha Gunung Sahari sebagai Main Dealer Honda untuk area Jakarta dan Tangerang yang telah mensupport Blogger-Blogger Jabotabek untuk ikut di acara ini.

Sukses terus Honda, Salam Satu Hati..

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda
Blogger Jawa Timur yang kompak

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda

Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda
bersama Ardi Batammania.wp.com
Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

9 thoughts on “Report Blogger Factory Visit: Melihat langsung proses perakitan sepeda motor Honda di Plant AHM Karawang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *