Review pemakaian oli X-TEN XT-40 Sport 500km pertama di MX Strada

Oli X-TEN XT-40 SPORT di New Jupiter MX

Assalamualaikum sobat biker, seperti ulasan di artikel sebelumnya tentang review oli X-TEN di New Jupiter MX milik Elang (MX Strada) disini, Elang coba update review pertama dari pemakaian oli ini sob. Ya 500 km pertama bagi Elang sudah cukuplah untuk mengumpulkan sedikit gambaran gimana performa oli ini, karena dari kebiasaan Elang selama ini tiap ganti oli, perlu 400km berjalan baru terlihat perubahannya terhadap mesin.

Oke sebagai gambaran awal, sebelumnya MX Strada menggunakan oli OEM Yamaha yakni Yamalube Sport yang masih kategori semi synthetic. Sebetulnya untuk merasakan maksimal efek penggunaan oli yang punya spesifikasi lebih tinggi ini (ester group 5) 500 km pertama baiknya oli diturunkan kembali untuk diganti, alasannya agar sisa-sisa mineral dari oli sebelumnya bisa ikut turun kebuang, istilahnya fase pertama adalah untuk pembersihan dulu dari kerak mineral. Namun it’s ok review kali ini lebih ke bagaimana efek performa yang bisa langsung dirasakan setelah penggantian oli ester.

Yang Elang rasakan di MX perubahannya adalah untuk nafas setiap giginya ada perbedaan lumayan, nafasnya sedikit menjadi lebih panjang dari biasanya. Awal-awal ganti oli sih tarikan masih sama, namun setelah 400 km kesini baru mulai terlihat akselerasi terlihat enteng beud.


Oli X-TEN XT-40 SPORT di New Jupiter MX

Gimana dengan top speed, nah ini sebagai owner yang hafal betul akan performa NJMX, top speed sebelumnya adalah 115 kpj, dan ini diraih sudah agak berat akhir-akhir ini (nampaknya sudah mau masuk siklus service besar sesuai jadwal) tapi setelah ganti oli X-TEN XT-40 Sport ada peningkatan top speed menjadi 117kpj saat Elang coba iseng jajal top speed kemarin ba’da sholat Tarawih di jalan akses tol Cikeas, dan yang bikin excited adalah feel untuk mendapatkan top speed sekarang terasa lebih cepat.

Bagi Elang, impresi awal pemakaian oli X-TEN XT-40 Sport ini seperti mengembalikan performa MX seperti sedia kala yang terkenal badak, ketagihan jadinya dan feelnya positif. Next Elang akan turunkan oli ini di kilometer 2.000 nanti walaupun secara spek oli ini diklaim mampu dipakai hingga 5.000 km, tapi Elang ingin dapatkan hasil maksimal di MX Strada jadi coba turunkan lebih awal biar lebih bersih. Kita lihat nanti sob saat oli diturunkan di 2.000 km gimana perubahan warna dan penguapan olinya, Insyaallah akan Elang bikin Vlognya biar lebih komprehensif.

Semoga bermanfaat.


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

5 comments

  1. Waalaikumsalam bang elang, mau tanya nih bang, bang elang kan pernah pantek kopling si mx strada kan bang di km 70an, nah sampe sekarang mx abang rumah kopling nya udah di ganti yang baru apa masih pantekan bang ? Melihat riwayat si mx strada yg saya baca kok belum ganti baru ya rumah koplingnya.

    1. alhamdulillah pantekannya masih awet ampe sekarang kang, belum ganti, kanvas juga ini bingung kapan mau diganti, masih awet

      1. Wah awet juga ya bang, kalo boleh tau karet kopling nya merk apa bang ? Kebetulan nih saya juga mau ganti karet kopling mx saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *