Advertisements
ElangJalanan.NET

Kiprah 45 Tahun Wahana Artha Group, kini telah memiliki banyak lini usaha menyasar potensi pasar kelas menengah

45 Tahun Wahana Artha Group

Assalamualaikum sobat biker, Jum’at kemarin (15/06) bertempat di Yello Hotel Manggarai yang merupakan salah satu lini usaha milik Wahana Artha Group, WAG mengadakan acara Buka Bersama Jurnalis dan Blogger. Acara yang berisi silaturahmi antara WAG dan media ini diisi dengan paparan kiprah Wahana Artha Group selama ini yang tanggal 6 Agustus mendatang genap akan memasuki usianya yang ke-45 tahun.

45 tahun sejak berdiri di tahun 1972 tentu banyak proses jatuh bangun yang telah dilalui, termasuk saat diterjang krisis ekonomi tahun 1997, krisis Asia dan krisis Amerika. Nah Elang baru tahu ternyata WAG selama ini selain punya core bisnis di bidang otomotif juga melebarkan sayapnya di berbagai lini bidang usaha sob. Dalam sambutan kegiatan buka puasa bersama, Chief Executive Officer Wahana Artha Group, Robbyanto Budiman menjelaskan pengembangan usaha WAG menitik beratkan kepada usaha yang bertumpu kepada potensi pasar konsumen berpenghasilan menengah.

45 Tahun Wahana Artha Group


“Kami lahir dan fokus di bidang usaha otomotif roda dua sejak tahun 1972 sebagai Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang melalui PT. Wahana Makmur Sejati (WMS). Dengan berjalannya waktu, WAG telah mengembangkan berbagai lini dengan tetap berfokus kepada bisnis otomotif roda dua terintegrasi yaitu PT.Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI) yang menekuni bisnis ritel sepeda motor Honda dari cabang di Medan sampai dengan Kupang, PT. Tristar Transindo (TST), perusahaan transportasi logistik, PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM), perusahaan customer loyalty program dan PT WOM Finance Tbk yang menjalankan bisnis consumer finance. Selain usaha otomotif roda dua, bidang usaha lainnya dijalankan melalui sub holding Sahari Investment yang menekuni usaha perhotelan dan Food/Beverage. Jika diperhatikan, maka strategi WAG untuk menekuni usaha baru adalah selalu yang menitikberatkan kepada potensi pasar kelas menengah”, papar Robbyanto.

45 Tahun Wahana Artha Group

Melirik usaha di bidang sepeda motor saat ini, Chief Marketing Officer Wahana, Edi Setiawan menambahkan, “Kepercayaan konsumen terhadap Honda dari tahun ke tahun konsisten meningkat. Terbukti pangsa pasar Honda di wilayah kami Jakarta dan Tangerang sampai dengan Mei 2017 sekitar 72%, jauh mengungguli pesaing. Indeks kepuasan pelanggan juga kami pastikan selalu terjaga dengan baik”.

Edi juga membeberkan data penjualan Januari – Mei 2017 sebanyak 155.004 unit (all type); seperti biasa deretan motor matik Honda menjadi primadona pendukung penjualan dengan angka 136.681 unit (AT all type) disusul tipe sport menduduki posisi kedua penyumbang total penjualan dengan angka 9.947 unit (all type). “Pasar sepeda motor Honda telah berubah sesuai dengan pertumbuhan GDP. Tipe sport lebih dipilih pengguna sepeda motor dibandingkan tipe cub,” tambah Edi.

45 Tahun Wahana Artha Group

Senada dengan Edi, Head of Marketing Wahana, Ario menjelaskan kondisi meningkatnya tingkat pembelian konsumen berkat produk yang adaptif terhadap keinginan pasar dan berkualitas, layanan after sales yang mumpuni, hingga ketersediaan suku cadang yang baik. Wahana didukung oleh 119 dealer dan 347 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang tersebar di wilayah Jakarta dan Tangerang. Wahana mendata di Januari hingga Mei terdata sebanyak 1.671.109 motor menggunakan layanan AHASS.

Sikap pelayanan total juga terlihat pada layanan pemudik setiap tahunnya yang memilih menggunakan sepeda motor dalam menyambut tradisi mudik Lebaran. Agar kenyamanan terjaga selama 22 hingga 29 Juni Wahana siapkan Bale Santai Honda yang siaga 24 jam penuh di Area SPBU Jayanti, Tangerang. Tidak hanya tempat istirahat beragam layanan mulai dari pengecekan sepeda motor, kid zone, ruang istirahat hingga penyediaan penganan berbuka puasa gratis lengkap tersedia.

Ohya untuk data program mudik bareng tahun ini yang bekerjasama dengan POLDA, Wahana memberangkatkan lebih dari 1700 pemudik menggunakan 30 bis yang akan diberangkatkan pada tanggal 22 Juni 2017 Selasa sore, tujuan kota Solo dengan 2 rute melalui jalur Selatan dan Utara.

Selain prestasi di WMS, WAG melalui WARI pada saat ini telah memilih 27 cabang ritel penjualan motor Honda dengan lokasi di kota yang akan berkembang pesat seperti terakhir cabang Kotamabagu, Sulawesi Utara. TST dengan armada 450 unit truk telah menjadi mitra pilihan utama pengangkut mobil, motor dan consumer goods dengan menjangkau wilayah Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok. Pada saat ini WKM memilih lebih dari 500 ribu database konsumen aktif motor Honda yang menikmati berbagai layanan dan kemudahan konsumen dalam diskon merchants dan aplikasi Honda Smart Community.

45 Tahun Wahana Artha Group

Kegiatan Sosial/ CSR

Selain mengembangkan diri di berbagai bidang yang menyasar potensi pasar kelas menengah, WAG ingin eksistensi perusahaan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, karena itu WAG mendirikan Yayasan Wahana Artha, yang berkontribusi aktif di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

Di bidang pendidikan, kini Wahana telah memiliki 53 Laboratorium Honda/Honda Lab di berbagai SMK Jakarta dan Tangerang. Kegiatan yang didukung oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) ini dilakukan dengan pemberian bantuan sarana pendidikan berupa fasilitas praktek standar AHASS lengkap dengan unit produk Honda terbaru sebagai bahan praktek kerja para siswa.

Dalam rangka menyambut hari jadi Wahana ke-45, Yayasan Wahana Artha membangun 45 fasilitas baca / Book Corner di SD yang minim sarana baca untuk para siswa. Yayasan Wahana Artha juga bekerja sama dengan berbagai yayasan lain seperti Young Leaders for Indonesia / YLI yang fokus mengembangkan kepemimpinan mahasiswa dan Happy Hearts Fund Indonesia / HHI, organisasi yang membantu pembangunan sekolah pendidikan anak usia dini agar lebih nyaman, layak dan aman.

45 Tahun Wahana Artha Group

Yello Hotel Manggarai

Di bidang kesehatan, Yayasan Wahana Artha akan melakukan kegiatan donor darah dengan target 450 kantong. Selain itu, melalui Rumah Sehat Wahana, Yayasan Wahana Artha memberikan layanan rawat jalan dengan melayani masyarakat tidak mampu atau memiliki keterbatasan akses layanan kesehatan, Selain itu, Rumah Sehat Wahana juga melakukan kegiatan sosial langsung / mobile service kepada masyarakat di wilayah pelosok Tangerang yang memerlukan perhatian kesehatan; pos lansia, pemberian makanan tambahan untuk balita, penyuluhan hidup bersih dan sehat hingga layanan Posyandu rutin dilakukan setiap minggu. Ribuan orang tidak mampu sepanjang tahunnya mendapatkan layanan kesehatan dari tim Rumah Sehat Wahana.

Dalam kata penutupnya, CEO WAG Robbyanto Budiman menekankan jika perjalanan perusahaan selama 45 tahun hanya dimungkinkan karena adanya kepercayaan stakeholders, terutama konsumen pelanggan yang selalu mempercayakan WAG dalam berbagai produk dan layanan yang ditawarkan. Dengan motto ‘Look Forward’, WAG yakin akan terus mengaktualkan diri sebagai Group perusahaan consumer yang akan eksis dan berkembang di masa mendatang. Selamat memunaikan ibadah puasa dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, semoga kita kembali fitri di hari kemenangan.


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: