Touring GSX-S150 Taklukan Batasan hari kedua rute Garut – Purwokerto, meliput kegiatan CSR Suzuki di 2 SMK

Touring GSX-S150 Taklukan Batasan hari kedua
siap berangkat dari SMK LPS 2 Ciamis

Assalamualaikum sobat biker, di hari kedua rombongan touring GSX-S150 melanjutkan perjalanan dari Garut menuju Ciamis. Yang istimewa kali ini Pak Yohan Yahya selaku Dept. Head of 2W Marketing & Sales PT. SIS ikut riding bersama rombongan menggunakan moge Suzuki GSR 750.

Di pagi hari yang cerah ini Elang putuskan tukeran motor ama mang Eno, setelah sebelumnya full day bersama GSX-S150 spek racing dengan knalpot SARP dan footstep underbone, kali ini pengen jajal yang standar untuk tau impresi kenyamanan dan performanya.

Impresi awal untuk gigi 1 dan 2 GSX-S150 versi standar ini tarikannya terasa nyundul-nyundul, beda dengan versi racing yang gak terlalu nendang putaran bawahnya. Tapi berbicara nafas di putaran atas, sama-sama panjang nafasnya saat Elang coba di gigi 3 dan 4, sama-sama istimewa buat Elang pribadi yang baru kali ini merasakan experience jajal mesin DOHC 150cc overbore dipakai riding jarak jauh.

Touring GSX-S150 Taklukan Batasan hari kedua

Lanjut ke perjalanannya, gak salah Suzuki memilih jalur Selatan untuk touring uji performa “Taklukan Batasan” ini. Bagi Elang yang sudah sering melewati jalur Selatan ini tetap gak pernah bosan-bosannya dengan suguhan pemandangan yang indah. Belum lagi jalanannya yang menawarkan banyak spot tikungan yang selalu menggoda adrenalin untuk miring-miring.

Riding di belakang Pak Yohan asyik juga, bisa melihat secara langsung pesona GSR 750 bermanuver di tikungan. Awalnya Pak Yohan terlihat santai cara bawa motornya berada di tengah rombongan. Lama kelamaan seiring mulusnya jalan dan berbagai tikungan yang aduhai Pak Yohan semakin galak aja cara bawa motornya, tiba-tiba udah di rombongan depan aja, joss Pak.

Touring GSX-S150 Taklukan Batasan hari kedua

2 jam berlalu akhirnya kita sampai juga di kota Ciamis, disini selain touring, Suzuki juga melakukan kegiatan CSR di SMK LPS 2 Ciamis yang sudah terjalin kerjasama dengan Suzuki sejak 2006/2007. Kunjungan kali ini Suzuki memberikan bantuan berupa mesin dan unit motor Suzuki Skywave 250 dan Suzuki Inazuma 250. Bagi guru-guru disana ternyata kedatangan kami disambut antusias, karena sejak lama bekerjasama baru kali ini dikunjungi PT. SIS pake dikawal Patwal lagi, cerita salah satu guru.

“Bantuan ini sebagai sumbangsih dan kepedulian PT SIS terhadap pendidikan di Indonesia, terutama bagi SMK yang membutuhkan, semoga apa yang kami berikan bermanfaat bagi para siswa dan guru pengajar untuk bisa melahirkan lulusan SMK yang siap kerja,” ujar Yohan, dalam sambutannya di SMK LPS 2 Ciamis.

Touring GSX-S150 Taklukan Batasan hari kedua

Bagi Elang, langkah Suzuki ini sudah tepat, tidak hanya sebagai kegiatan CSR, namun jika semakin banyaknya SMK-SMK yang diperkenalkan teknologi-teknologi Suzuki terbaru, bukan tidak mungkin di beberapa tahun kedepan motor-motor Suzuki bisa ditangani lulusan SMK yang berwirausaha. Hal ini secara tidak langsung bisa membantu layanan aftersales khususnya service Suzuki yang masih terbatas di daerah-daerah. Semoga nih, karena SMK Bisa!

Setelah acara penyerahan bantuan secara simbolis, rombongan touring melanjutkan perjalanan ke Suzuki Majenang untuk isoma. Dealer Suzuki ini lumayan besar dan mungkin yang terbesar di Majenang.

Touring GSX-S150 Taklukan Batasan hari kedua

Selepas isoma, hujan rintik-rintik, peserta touring pun memakai jas hujan dan mulai melanjutkan perjalanan menuju Purwokerto. Selepas Majenang hingga Banjar kondisi jalanan mulai rusak dan di beberapa titik harus menghadapi kemacetan karena perbaikan jalan yang harus buka tutup. Namun berkat pengawalan Patwal yang sudah terlatih, rombongan tidak terlalu lama terjebak dalam kemacetan.

Selepas kemacetan, rombongan kembali dihadapkan jalanan mulus dan penuh tikungan yang aduhai. Namun gak lama kemudian hujan deras pun turun, dengan modal jas hujan seadanya rombongan tetap gas tidak menepih, hajar terus hingga basah-basahan. Menjadi tantangan sendiri buat Elang di kondisi hujan seperti ini masih berada di medan penuh tikungan yang mungkin licin untuk ban-ban tertentu. Momen ini Elang gunakan untuk melatih sekaligus jajal kemampuan ban GSX-S150 menaklukan tikungan dikala hujan. Performa bannya masih mantap diajak nikung di jalanan basah, gak ngalami slide. Tapi ada 2 rekan media di depan Elang yang sempat melebar di tikungan hampir masuk gravel 😀 untungnya aman gak sampai terjatuh.

Akhirnya finish Etape 1 di hotel Java HeritageTouring GSX-S150 Taklukan Batasan hari kedua

Dalam kondisi celana basah dan masih hujan deras, akhirnya rombongan touring GSX-S150 etape 1 tiba juga di kota Purwokerto, kita nyambangi SMK Wiworotomo Kab. Banyumas. Di sekolah ini Suzuki kembali memberikan bantuan berupa mesin dan unit motor Skywave 250 dan Inazuma 250 warna putih. Suzuki telah menjalin kerjasama dengan SMK Wiworotomo sejak 2011 dan telah banyak lulusan dari sekolah ini yang diserap oleh pabrikan otomotif seperti Honda dan Yamaha selain Suzuki tentunya. Fyi, SMK ini adalah SMK tertua di kabupaten Banyumas, berdiri sejak tahun 1956, sekolah ini memiliki 5 jurusan.

Hari masih hujan, acara penyerahan bantuan secara simbolik berlangsung kurang lebih setengah jam. Setelah itu rombongan bersiap menuju Suzuki Sedaton sebagai checkpoint terakhir sebelum checkin ke hotel. Wis kalau event touring begini kerjanya makan terus di setiap checkpoint, mantap..

Touring GSX-S150 Taklukan Batasan hari kedua

Setelah hujan dirasa reda, semua motor masuk pom bensin dulu yang kebetulan berada di seberang dealer Suzuki Sedaton. Ohya sejak dari Ciamis ke Purwokerto Elang tukeran motor lagi balik pake knalpot racing SARP, konsumsi BBM yang tercatat di mid dashboard tercatat 39,7km/liter. Wow masih irit juga si GSX-S150 ini dengan knalpot racing. Sementara untuk motor standar yang Elang bawa dari Garut menuju Ciamis ini dapatnya 46km/liter dengan gaya riding normal dipake touring.

Setelah semua terisi full tank bbm, kami pun menuju hotel Java Heritage yang begitu mewah kamarnya. Sayang 1000x sayang karena malam itu Elang, Vandra dan lek Aripitstop harus balik ke Jakarta buat nyoblos keesokan harinya, kasur empuk hotel mewah ini gak sempat ditiduri 🙁 Yo wis deh akhirnya tidur di kereta Taksaka hanya 1 jam tertidur.

Touring GSX-S150 Taklukan Batasan hari kedua
Akhirnya finish Etape pertama di hotel Java Heritage Baturaden

Review perjalanan touring GSX-S150 kali ini Elang nilai cukup sukses dan rapi, berkat pengawalan Patwal yang skillnya joss membelah kemacetan. Peserta touring hampir jarang menyalip kendaraan lain, paling menyalip sesama rombongan aja karena dari Jakarta hingga Purwokerto nyaris rombongan melalui lajur tengah terus.

Suzuki GSX-S150 ini dari cerita touring selama dua hari lebih dari 500km, impresi Elang terhadap motor ini positif. Sudah performa atasnya nampol gak habis-habis nafasnya, dipake kebut-kebutan selama touring ternyata bisa irit juga. Handling juga Elang kasih jempolan, nurut abis! Elang langsung berpikir coba saja Suzuki bikin motor konsep touring dengan mesin yang sama seperti GSX series ini, udahlah gak butuh lagi mesin 250cc, karena dengan mesin 150cc DOHC overbore Suzuki ini aja begitu fun suasana ridingnya.

Sekali lagi lagi buat kesuksesan event besar Suzuki, semoga Suzuki bener-bener bangkit di tahun ini.

4 Komentar

  1. hmmmm … jadi penasaran nih, akankah big skutik suzuki di Indonesia basisnya dari Skywave 250 yang diturunkan cc nya ?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*