Deviasi simpangan speedometer Honda CBR250RR versus GPS


Deviasi simpangan speedometer Honda CBR250RR

Halo Biker, Honda CBR250RR sudah mengaplikasikan speedometer full digital dan termasuk lengkap fitur-fitur menu yang disajikan. Menarik bagi Elang untuk mengetahui seberapa jauh sih simpangan speedometer Honda CBR250RR terhadap GPS, karena ini salah satu variabel yang juga banyak sobat pembaca ingin mengetahui apakah lumayan akurat atau malah terlalu jauh dari versi GPS.

Metode pengukuran masih sama seperti unit test motor-motor terdahulu yang pernah Elang test, menggunakan GPS di Android dengan aplikasi Ulysse Speedometer yang cukup baik selama ini. Gak mudah mencari lokasi pengetesan ini karena motor harus dipantengi di kecepatan 140kpj beberapa detik untuk mendapatkan pembacaan GPS yang akurat. Untungnya dekat lokasi rumah Elang ada jalan baru Cikeas yang cukup panjang trek lurusnya, maka jadilah sesi pengukuran ini.

Karena jangkauan rentang kecepatan Honda CBR250RR cukup lebar dari 0 – 170an kpj, untuk pengetesan ini Elang ambil 3 sampel saja, Elang ambil di kecepatan 60, 100 dan 140 kpj saja, mudah-mudahan bisa menggambarkan.


Oke langsung saja ke pengetesannya yuk, buka aplikasi Android, aktifkan GPS lalu coba jalankan motor dengan mode Sport, masuk gigi 1,2,3 hingga meraih kecepatan 60 kpj dengan rpm tak terlalu tinggi, jadi mudah untuk membuat konstan tetap dikecepatan yang sama, setelah konstan 60kpj beberapa detik Elang coba melipir untuk melihat pembacaan GPS. Dan hasilnya menunjukkan kecepatan 60 kpj di speedometer terbaca di GPS Android 57 kpj, lumayan deviasinya sebesar 5% sob.

Deviasi speedometer cbr250rr
Kecepatan di speedometer 60 kpj

Cari spot lagi yang agak panjang treknya karena butuh meraih kecepatan 100 kpj secara konstan, dengan metode yang sama akhirnya bisa juga menjaga kecepatan 100kpj konstan selama beberapa detik, minggir lagi coba lihat GPS, menunjukkan angka 94 kpj, masih lumayan, deviasi mengembang menjadi 6%.

Deviasi speedometer cbr250rr
Kecepatan di speedometer 100 kpj

Nah pengukuran yang ketiga atau yang terakhir nih rada susah mendapatkan kesempatan untuk bisa meraih dan mempertahankan kecepatan tinggi di jalanan umum walau kondisinya lumayan sepi di jalan baru Cikeas. Tapi setelah menunggu beberapa saat akhirnya kesempatan lowong itu datang juga, langsung geber gigi 1,2,3,4 dan 5 hingga meraih kecepatan 140kpj dan coba tahan beberapa detik kecepatan tersebut agar GPS bisa merekamnya secara akurat. Setelah dirasa cukup Elang pun putar balik dan melipir untuk melihat raihan GPS. Berapa angka yang tercatat di GPS? Dengan speed 140kpj di speedometer terbaca versi GPS Android adalah 128 kpj, wow trennya semakin tinggi kecepatan deviasi semakin mengembang, menjadi 8.5%.

Deviasi speedometer cbr250rr
Kecepatan di speedometer 140 kpj

Sayangnya, Elang sulit untuk mendapatkan track panjang untuk bisa mengukur di kecepatan puncak 160 kpj deviasinya menjadi berapa, mungkin kalau ada sobat pembaca atau mungkin owner Honda CBR250RR yang pernah melakukan pengukuran, minta share donk di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*