Advertisements
ElangJalanan.NET

Seberapa awet umur sarung jok motormu? MX Strada setahun kudu ganti 2x :D

merawat sarung jok

Halo Biker, artikel ringan saja seputar perawatan motor nih. Punya pengalaman sering ganti-ganti sarung jok motor? Kalau ditanya apa saja alasan sering-sering ganti sarung jok, apa karena bosenan dengan standar pabrik dan ingin tampil gaya dengan produk sarung jok aftermarket yang punya beragam motif.

Kalau berbicara keawetan rasanya sarung jok standar pabrikan pun tergolong awet kalau hanya untuk 2-3 tahun pemakaian. Masalahnya sih bukan di keawetan bahan, tapi kadang masalah justru dari sisi pemakaian empunya motor yang kurang merawat. Alhasil baru setahun usia motor kadang sarung joknya sudah sobek disana sini.

merawat sarung jok


Banyak faktor dan kebiasaan yang menyebabkan sarung jok gak awet, apalagi untuk motor yang digunakan sebagai motor harian. Berikut beberapa penyebab yang bikin sarung jok motor gampang rusak padahal usia pakai masih tergolong muda.

  1. Sering membawa barang-barang kasar di atas jok motor, yang ini nih untuk buat motor harian yang memang dipakai buat angkut-angkut barang memang sudah jadi resiko sarung jok gak awet. Tapi sebenarnya kalau empunya motor perhatian, bisa diantisipasi dengan memberi lapisan lain sebelum menempatkan barang-barang berat apalagi memiliki permukaan kasar.
  2. Menjadikan motor sebagai tempat sandaran barang-barang lain di garasi rumah, nah ini termasuk kebiasaan yang gak memotorsiawikan kendaraan kesayangannya di rumah. Biasanya sih karena space garasi yang terlalu sempit, memaksa penghuni rumah menempatkan barang-barang lain di atas jok motor.
  3. Punya hewan peliharaan di rumah, entah itu melihara kucing, ayam, dsb. Nah untuk yang poin ini tipikal Elang banget nih, oleh sebab melihara 2 kucing di rumah, sarung jok motor MX Strada rawan banget sobek-sobek halus kena cakaran kucing. Walau sudah diantisipasi dengan membukakan jok motor ke atas biar gak jadi tongkrongan kucing, namun kadang suka kelupaan di satu waktu yang lalu momen itu dimanfaatkan kucing untuk tidur di atasnya, makanya gak heran dalam setahun terakhir Elang sudah ganti sarung jok 2x, bukan karena alasan ingin modif gaya-gayaan, tapi karena memang kebutuhan.

merawat sarung jok

Jok sobek alus memang kasat mata gak keliatan, tapi efeknya paling berasa kalau habis disteam atau turun hujan, jok menyerap air yang imbasnya celana selalu basah sehabis riding, kan gak lucu, gak hujan, gak angin eh panas-panas kok celana basah sendiri, ntar orang yang ngeliatnya ilfill 😀


Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: