Advertisements
ElangJalanan.NET
perbedaan New R15

Beberapa fitur baru dan perbedaan New R15 dengan Old R15

 

Halo Biker, pasti sobat banyak yang masih kepoin motor sport terbaru Yamaha New R15, dompet sudah mupeng tapi kejelasan rilis masih belum ada kabar membuat sobat biker yang mupeng gak bisa tidur semalam suntuk…wkwkwk just intro. Sabar sob pokoknya ditunggu aja motor ganteng satu ini akan dirilis paling lambat, inget loh paling telat akhir semester pertama tahun ini, ancang-ancang sekitar periode Maret-Juni sob 😀

Nah sambil menunggu, monggo berkenalan dengan fitur-fitur baru dan apa saja perbedaan spek dari New R15 ini dibanding versi lawas Old R15.

Yang jelas Yamaha New R15 hadir dengan banyak perubahan disana-sini, mulai dari new desain yang fresh, sektor performa engine yang meningkat plus segudang fitur baru yang tak ada di versi Old R15, yuk kita absen satu per satu.


Mulai dari desain dulu ya yang gampang keliatan kasat mata.

Desain New R15

Desain New R15 boleh dibilang melompat jauh sob, motor ini seperti mewarisi aura motor moge Yamaha R series terkini seperti R6 dan R1 versi 2017 dengan ciri khas air scoop besar ditengah. Berada di atas jok motor ini serasa besar, gak seperti di atas motor 150cc, feelnya seperti lagi nyemplak motor 250cc dengan aplikasi tangki gede dibalut kondom, belum lagi melihat area cockpit dashboard yang mewah, cuman disini yang agak mengganggu adalah jalinan kabel yang kurang rapi berada di atas speedo.

Posisi boncengan Yamaha New R15

Melihat ke belakang, desain buritan juga semakin seksi pengen nampol terus rasanya, lubang disamping buritan mengingatkan akan buritan R1M, gak bosen deh ngeliatin buritan New R15 lama-lama. Feel akhir, melihat motor ini sobat akan mendapatkan pemandangan sebuah motor supersport namun dalam versi kecil kubikasi 150cc.

Foto-Foto Yamaha New R15

Performa New R15

New R15 memiliki bore x stroke 58 x 58.7mm dengan kapasitas 155 cc sedangkan versi lawas bore x stroke 57 x 58.7mm 149.1 cc, dengan pengaplikasian VVA di klepnya power R15 memiliki power sebesar 14.2 kW/10.000 rpm dan torsi maksimum 14.7 Nm/8500 rpm, beda power hampir 3 HP dengan versi old jelas mesin baru New R15 terasa banget jambakannya, berkat teknologi VVA tenaga terasa ngisi terus dari putaran bawah hingga atas.

Spesifikasi Yamaha New R15

Untuk mendapatkan power sebesar itu, mesin baru New R15 mengadopsi kompresi tinggi sob 11,6:1 bandingkan dengan versi lama sebesar 10,4:1, kalau motor mau tetap sehat sepertinya wajib Pertamax Turbo nih nampaknya 😀

Wheelbase New R15 lebih pendek dari Old R15, hanya 1.325 mm, impactnya akan lebih gesit dalam manuver.

Fitur-Fitur Baru New R15

Sektor ini New R15 termasuk kaya dengan segudang fitur-fitur terkini sob, yang paling kentara adalah pengaplikasian shock depan tipe USD berukuran 37mm, dan ini adalah fitur pertama di kelas sport 150cc di tanah air. Shockbreaker jenis ini impresinya akan lebih stiff ketika manuver di tikungan baik saat masuk maupun keluar dari tikungan.

Foto-Foto Yamaha New R15

Penerangan di sisi headlamp New R15 sudah mengusung lampu LED yang hemat daya, sementara di versi lama masih menggunakan bohlam Halogen. Dashboard speedometer sudah full digital dengan berbagai menu yang lengkap, seperti adanya shifting timer indikator untuk memberitahukan pengendara agar berpindah gigi. Tak lupa fitur sapaan greeting “Hi” yang bisa disetting membuat motor terasa akrab dengan pengendara.

Foto-Foto Yamaha New R15

Ada perbedaan penempatan tombol passbeam di New R15, tombol pass kali ini ngumpet menyatu dengan saklar lampu dekat sob, jadi biker akan dibiasakan melakukan pass dengan jari jempolnya, terasa kikuk memang. Yamaha memberikan fitur lampu hazard di motor ini, tapi opini Elang pribadi bijaklah menggunakan lampu hazard, gunakan sesuai peraturan yang berlaku atau benar-benar dalam kondisi darurat. Kalau cuman biar keren ketika iring-iringan touring rasanya kurang bijak.

Foto-Foto Yamaha New R15

Apalagi ya, masih banyak sebenarnya perbedaannya sob, ohya untuk radius putar setang New R15 ini lebih besar sob jadi gak seperti versi lawas yang memiliki radius putar kecil, jadi New R15 lebih enak beloknya gak perlu main body.

Seat height New R15 juga lebih tinggi 1.5 cm dari versi Old menjadi 815 mm, Elang yang tingginya hanya 164cm jinjit balet menaiki motor ini.

Speedometer Yamaha R15 MY 2017

Ukuran kaki-kaki kini lebih gambot dengan ukuran ban depan 100/80-17 dan ban belakang 140/70-17, otomatis menjadi yang tergambot di kelas ini.

Overall dari keseluruhan fitur, peningkatan performa dan new desain yang fresh bak moge look, rasanya New R15 akan mampu fight back di tengah panasnya persaingan kompetisi di kelas motor sport berfairing ini. Tinggal kita tunggu waktu rilis dan berapa banderol yang diberikan YIMM, siapkan tabunganmu 🙂

perbedaan New R15

Perbedaan New R15 dengan R15 lama

 

Baca juga artikel pilihan ElangJalanan.NET

  1. Masih belum dikatakan “keren” jika bawa motornya masih seperti ini
  2. Catatan Perpanjang STNK 5 tahun dan Ganti Plat di SAMSAT Jakarta Timur
  3. Review Ban Corsa Platinum R99, memang ajib buat cornering
  4. Apresiasi untuk bengkel resmi yang buka hari Minggu
  5. Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..
  6. Cairan Anti Bocor di Ban Tubeless? Lebih baik enggak deh..
  7. Jawaban tentang kontra kenapa jari tidak boleh standby di rem depan
  8. New Honda BeAT Street eSP hadir, cocok nih buat anak muda yang ekspresif
  9. Mencoba belanja ban di PROBAN Motoparts, harganya lebih murah dari sebelah ternyata
  10. Pembenaran kebiasaan melipat kaca spion di motor fairing? Bisa jadi karena…

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube:
Defensive Rider

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: