(DIY) Memperbaiki stoplamp box Givi E33 yang mati

Utak-atik

Stoplamp Givi E33

Halo Biker, melanjutkan artikel review box kemarin, alhamdulillah masalah stoplamp box yang mati akhirnya bisa ketemu solusinya. berawal dari salah satu clue di kolom komentar ini, yang memberi isyarat masalah kemungkinan ada di kabel konektor, maka Elang pun langsung eksekusi untuk mulai memeriksa satu per satu.

Sebelumnya Elang menyiapkan alat perang terlebih dahulu antara lain Multitester, obeng + kecil, solder, timah, tang potong.

tool bengkel

Langkah pertama lepaskan dulu box motor dari baseplat dudukan braket, setelah dilepas periksa menggunakan Ohm meter (multitester) periksa hubungan terminal konektor yang berada di dalam box, yakni konektor bagian bawah box (dari sisi luar box) dan konektor di tengah box dekat kunci (di dalam box). Dari pemeriksaan awal ini Elang langsung ketemu biang masalahnya, ternyata benar salah satu kabel konektor di dalam box (yang dari konektor bawah ke konektor tengah) tidak nyambung alias putus. Ketika ditarik-tarik pelan ternyata benar-benar putus dan terlepas dari rumah konektornya.

Stoplamp Givi E33

Setelah tahu titik masalahnya, lanjut ke utak-atik untuk bisa mengganti kabel yang putus. Setelah kedua konektor dilepas dari body box, untuk konektor yang bawah rumah konektornya bisa dibuka sehingga keliatan mur terminal kabel, tapi untuk rumah konektor yang satunya lagi bagian atas gak bisa dibongkar, mungkin sudah pakem dari sononya cetakan mati dari pabrikan Givi.

Stoplamp Givi E33

Akhirnya cari akal bagaimana agar konektor bawah bisa terhubung ke konektor atas via kabel. Karena rumah konektornya gak bisa dibuka, langsung Elang coba akali dengan bypass menggunakan kabel tambahan langsung ke terminal konektor atas dan disolder. Ujung kabel lama yang terputus tadi Elang potong dan kelupas untuk disambungkan kabel tambahan, kebetulan ketemu kabel power supply bekas PC yang memiliki ukuran hampir sama kecilnya dengan kabel lama.

Stoplamp Givi E33
horee, akhirnya menyala kembali setelah hampir 1 tahun mati

Setelah disolder ujung kabel perpanjangan tadi ke terminal konektor atas, langsung coba pasang kembali boxnya ke braket motor. Elang coba test, wuih..berhasil..berhasil 😀 Cuma hasilnya gak maksimal karena nyala lampu LED-nya kedip-kedip. It’s OKElah malah cakep sebenarnya kalau stoplampnya berkedip ketika lampu rem menyala, jadi gampang menarik fokus pengendara di belakang.

Semoga bermanfaat utak-atiknya bagi yang punya masalah sama dengan boxnya.

Silahkan bersilaturahim dengan saya melalui channel media lainnya:
Hosting Supported by: Serverumat.Com
Web Blog : http://elangjalanan.net
Other Blog : http://elang.otojurnalisme.com
Email : staffti[at]gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/elangjalanannet/
Twitter : @yahmawan
Instagram: @endrikelang
Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/ElangJalanan

0 thoughts on “(DIY) Memperbaiki stoplamp box Givi E33 yang mati

  1. Ada baiknya di ganti bukan di bypass gtu bro krn takutnya malah konslet. Bukan tutup yg di lantai box itu,kan ada tonjolan tuh nah di dlm situ ada 2 kabel di kencengin pake kunci L kecil di buka ganti kabel sekalian 2 biji,nah yg di atas dkt tutup box jg sama pake kunci L kecil. Saya udh ganti semua kabelnya yg tebelan jd bagus

    1. Sambungan kabel udh diisolasi kok, btw saya msh belum mudeng dengan maksudnya pake kunci L? Karena konektor yg atas itu gak bisa dibuka, dibuka paksa malah takut merusak rumah. Btw boxnyà sama E33?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *